Senin, 23 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Selasa, 03 Sep 2019, 20:00:11 WIB, 5 View Tim Redaksi, Kategori : News
Wiranto: Internet di Papua dan Papua Barat Dibuka 5 September - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Akses internet di Papua dan Papua Barat sampai saat ini masih dilakukan pembatasan. Hal tersebut menyusul terjadinya demo rusuh di sejumlah lokasi di dua provinsi tersebut beberapa waktu lalu. Guna mencegah terjadinya penyebaran hoax maupun hasutan, akses internet sementara waktu dikurangi.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto berencana memulihkan kembali akses internet di Papua dan Papua Barat dalam waktu dekat. Ketika sudah kondusif, Wiranto mengatakan dua hari ke depan akses internet akan kembali seperti semula.



“Kondisi daerah stabil. Tapi, dari informasi yang kita dapat, dan analisis keamanan kita mohon waktu sebentar. Tanggal 5 kalau sudah kondusif kita buka lagi internet,” ujar Wiranto dalam konferensi pers di Kantor Kemenko Polhukam Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (3/9).

Wiranto meminta agar warga Papua dan Papua Barat bisa memahami terhadap kebijakan pelambatan internet di sejumlah lokasi. Sebab, di tengah rusuh yang terjadi, banyak konten dunia maya yang membahayakan stabilitas keamanan nasional.

“Banyak hoax, hasutan, tone negatif dikembangkan menambah keadaan kacau, sulit bagi kami menstabilkan daerah itu. Salah satunya memang karena kebebasan media, maka dengan undang-undang yang ada sebagian daerah kita lemotkan dahulu,” imbuhnya.

Pada Selasa (3/9), setelah berkoordinasi dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian yang berada di Papua, Wiranto mendapat kabar baik. Konten hoax dan bernada hasutan sudah berkurang signifikan. Sehingga apabila kondisi ini berlangsung konsisten, pencabutan pembatasan internet bisa dilakukan.

“Hoax berkurang, hasutan hampir nggak ada, tone-nya positif. Negatif 10 persen, positif 90 persen. Kita senang,” pungkas Wiranto.

Sebelumnya, intimidasi yang dialami mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya, Jawa Timur berbuntut panjang. Senin (19/8) pagi kerusuhan pecah di Manokwari, Papua Barat, dan beberapa titik lain. Sejumlah elemen masyarakat menggelar demonstrasi di sejumlah titik. Kontak senjata pun terjadi antara petugas keamanan dengan kelompok perusuh dari Paniai di depan kantor Bupati Deiyai, Rabu (28/8). Akibatnya 1 anggota TNI tewas dan 5 aparat lainnya terluka.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Borong 3 Penghargaan Emmy Awards 2019, Chernobyl Banjir Pujian - Gudang Berita Viral Borong 3 Penghargaan Emmy Awards 2019, Chernobyl Banjir Pujian
Senin, 23 Sep 2019, 20:00:16 WIB, Dibaca : 0 Kali
Warga Surabaya Tak Tahu Anggota Dewan Sudah Dilantik - Gudang Berita Viral Warga Surabaya Tak Tahu Anggota Dewan Sudah Dilantik
Senin, 23 Sep 2019, 20:00:16 WIB, Dibaca : 0 Kali
Demontrasi Penolakan UU KPK dan RKUHP Bergema di Sejumlah Daerah - Gudang Berita Viral Demontrasi Penolakan UU KPK dan RKUHP Bergema di Sejumlah Daerah
Senin, 23 Sep 2019, 20:00:16 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print