Rabu, 18 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 09 Sep 2019, 19:00:07 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Wawancara Khusus Dengan Juara Dunia Dua Kali Hariyanto Arbi (2) - Gudang Berita Viral

Kepada Wartawan Jawa Pos Ainur Rohman, juara dunia dua kali Hariyanto Arbi mengungkapkan pandangannya terkait keputusan PB Djarum untuk menghentikan Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis mulai 2020. Ini adalah bagian kedua dari tiga artikel wawancara dengan legenda PB Djarum tersebut.

Sejak 2006 audisi ini berjalan. Bakat baru bermunculan. Tapi seberapa sulit untuk mencari dan menemukan talenta-talenta kelas dunia?
Kalau dilihat sejak 2006, yang mentas menjadi pemain hebat ya cuma beberapa. Ada Kevin (Sanjaya Sukamuljo), lalu Leo (Rolly Carnando). Dari rentang itu, dapatnya ya tidak banyak. Jadi memang sulit ya untuk menciptakan juara-juara kelas dunia. Rentang beberapa tahun, dapatnya cuma beberapa. Apalagi jika tidak ada audisi?



Kalau tidak ada audisi, cara PB Djarum untuk terus melakukan pembibitan atlet seperti apa?
Kembali metode ke awal. Biasanya ya lihat dari turnamen ke turnamen. Jadi, jemput bolanya lebih jauh lagi. Kalau audisi kan turun ke kota-kota yang selama ini dianggap punya bibit-bibit bagus. Kalau tidak ada audisi, maka ngambil pemain ya ke turnamen-turnamen. Jadi, kami ngambil atlet yang sudah setengah matang. Tetapi pasti banyak (bibit potensial) yang bakal kelewatan sih menurut saya.

Saya mendengar, PB Djarum telah mengeluarkan triliunan rupiah untuk pembinaan pemain?
Iya, benar. Untuk audisi ini misalnya, kelihatannya simpel. Tetapi ini sangat mahal. Memang benar kalau sampai habis triliunan.

Masih berharap adanya rekonsiliasi supaya PB Djarum mau mengadakan audisi bulu tangkis lagi?
Iya jelas masih. Tetapi begini, kalau misalnya sudah ada gantinya, Djarum ya oke-oke saja. Apalagi kalau ada yang bisa melakukan apa yang sudah Djarum lakukan. Pihak Djarum saya kira nggak apa-apa. Maksudnya dari pembiayaan, pembinaan, audisi, semuanya. Istilahnya begini, kalau Djarum tutup sektor badminton-nya, malah mereka yang untung. Kita yang rugi. Tutup saja sebetulnya nggak ada masalah. Djarum juga nggak akan keluar duit kan? Tapi sekali lagi, kita-kita ini yang rugi. Untuk perusahaan sebesar Djarum, menurut saya soal promosi dan bisnis melalui badminton itu nggak ada lah!

Tetapi dengan penghentian audisi ini, tidak akan membuat PB Djarum menutup klubnya kan ya?
Menurut saya belum. Tapi bisa juga terjadi di masa depan. Tetapi sampai sekarang sih belum ya. Jadi nggak sampai ke sana (penutupan PB Djarum). Pak Victor (Hartono, chief operating officer PT Djarum, putra sulung orang terkaya di Indonesia Robert Budi Hartono) kan masih seneng juga. Namun yang ditakutkan ya PB Djarum benar-benar nggak ngurusi badminton lagi. Ya gimana, andaikata ditutup, mereka nggak ada ruginya. Tapi mudah-mudahan enggak lah. Kalau Pak Victor kan selalu ingin agar bendera Merah Putih tetap berkibar di ajang-ajang dunia.

Bisa digambarkan seberapa besar perhatian Victor Hartono kepada pembinaan bulu tangkis nasional?
Ya luar biasa sekali. Tapi ada satu yang tidak banyak orang tahu. Dulu kan pernah beberapa kali badminton akan dicoret dari Olimpiade. Ada anggapan bulu tangkis tidak menyebar (rata ke seluruh dunia). Nah yang dilakukan Pak Victor itu sampai pemain dari Brazil dan lain-lain difasilitasi untuk latihan di PB Djarum Kudus. Jadi tujuannya untuk menyebarkan badminton ke negara lain. Waktu kejuaraan dunia junior di Jogjakarta (2017), misalnya, beberapa atlet Brasil lebih dulu latihan di Djarum. Sudah sebulan sebelumnya latihan di PB Djarum. Mereka seneng banget.

 

Jadi di luar negeri, PB Djarum ini sudah punya nama?

Betul. Sampai sekarang, pemain luar negeri banyak yang latihan di Kudus. Waktu saya di Vancouver (Kanada), beberapa atletnya latihan di Kudus. Orang luar itu tahunya PB Djarum ya bulu tangkis. Bukan rokoknya. Sampai di Vancouver, saya juga heran ada pemain yang pakai kaus PB Djarum. Dia ternyata baru pulang dari Kudus. Seneng dia latihan di sana. Fasilitas dan program latihannya bagus. Anaknya juga bisa berkembang di situ. Orang tuanya bilang, tahun depan akan balik lagi. Yang latihan di Kudus itu banyak. Dari Amerika Serikat, Kanada, New Zealand dan lain-lain. Michelle Li (pemain nomor sembilan dunia) yang dari Kanada itu, sering banget latihan di PB Djarum.

Menurut Mas Hari, apa yang menjadi keunggulan utama PB Djarum sebagai sebuah tempat yang melahirkan banyak juara?
Fasilitas dan kekeluargannya itu. Sejak saya kecil, kalau sudah masuk PB Djarum itu beban keluarga istilahnya sudah hilang satu lah. Karena kalau sudah masuk di Djarum, semuanya ditanggung. Dari tempat tinggal, makan, pertandingan ke luar negeri, kalau sakit ya diobatin. Itu gratis semua. Mau sakitnya kayak gimana, mau biayanya habis berapa, tetap ditanggung. Menang juga masih dapat bonus. Itu kelebihannya.

Berarti masuk PB Djarum itu adalah pencapaian bergengsi di kalangan pemain-pemain belia?
Oh iya. Karena dari fasilitas dan lain-lain, semua anak Indonesia tahu bahwa PB Djarum adalah yang terbaik. Itu sejak dari dulu sampai sekarang. Karena memang PB Djarum ini sangat konsisten.

Begitu juga dengan bonus juara?
Tentu saja. Pak Victor setahu saya, sampai bikin tabel-tabel juara (kelas internasional) yang berasal dari PB Djarum. Seorang atlet Djarum yang di pelatnas, seharusnya tidak ada hubungannya dengan klub dong. Nah, kalau juara, bahkan pelatih atlet itu yang masih ada di PB Djarum dapat bonus juga. Mungkin ini banyak yang nggak tahu. Jadi memang ada tabelnya siapa saja yang juara, lalu pelatihnya siapa. Ya enak juga ya. Karena pelatih-pelatih lama di PB Djarum benar-benar diperhatiin (bersambung).




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Hadapi Real Madrid, PSG Tanpa Trisula Maut  - Gudang Berita Viral Hadapi Real Madrid, PSG Tanpa Trisula Maut
Rabu, 18 Sep 2019, 02:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 PopSockets Rambah Bisnis Pegangan Minuman  - Gudang Berita Viral PopSockets Rambah Bisnis Pegangan Minuman
Rabu, 18 Sep 2019, 02:00:02 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Jokowi Serius Tanggulangi Karhutla di Riau  - Gudang Berita Viral Jokowi Serius Tanggulangi Karhutla di Riau
Rabu, 18 Sep 2019, 02:00:02 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print