Jumat, 20 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Selasa, 03 Sep 2019, 20:00:11 WIB, 5 View Tim Redaksi, Kategori : News
Wali Kota Jayapura Benhur Tomi: Tak Perlu Takut Ada Unjuk Rasa Susulan - Gudang Berita Viral

SETELAH unjuk rasa anarkistis pada Kamis (29/8), kondisi terkini Kota Jayapura berangsur pulih. Apa saja langkah yang dilakukan Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano untuk memulihkan kondisi ibu kota Provinsi Papua tersebut? Berikut wawancara wartawan Cenderawasih Pos (Jawa Pos Group) Priyadi dengan Benhur kemarin (2/9).



Bagaimana kondisi Kota Jayapura setelah aksi demo rusuh?

Kondisi Jayapura kini semakin kondusif. Sebagai kepala daerah, saya sudah tiga kali mengumpulkan tokoh adat juga paguyuban, tokoh agama, dan tokoh masyarakat. Saya meminta mereka mengingatkan warga dan umat untuk menahan diri. Supaya tidak terjadi gejolak horizontal yang mengarah ke SARA. Kami hindari itu dengan turun langsung ke masyarakat di wilayah Distrik Jayapura Selatan dan di Dok II Distrik Jayapura Utara. Saya minta mereka segera pulang. Jangan sampai terjadi konflik horizontal dan konflik lain. Karena Jayapura sebagai kota yang aman dan damai.

Saat ini masyarakat masih resah dengan isu akan adanya aksi lanjutan di Kota Jayapura. Apa yang harus dilakukan masyarakat?

Masyarakat tidak perlu takut dan panik soal adanya isu-isu demo lanjutan. Karena hal itu harus ada bukti dan informasi yang jelas. Semua harus dikroscek dulu kebenarannya. Jangan sampai itu berita bohong atau hoaks. Saya minta aparat bisa melakukan sweeping jika ada warga yang membawa senjata tajam. Termasuk patroli, harus terus ditingkatkan. Apalagi, saat ini untuk keamanan sudah ada yang mem-back up. Aparat juga sudah menjamin keamanan. Jadi, masyarakat jangan mudah terpengaruh isu.

Bagaimana penanganan terhadap korban kerusuhan?

Saya langsung memerintah ketua RT/RW serta Dinas Sosial dan Disperindagkop-UMKM Kota Jayapura turun langsung ke TKP untuk mendata apa saja yang rusak dan yang habis terbakar. Contohnya, dinas sosial mendata semua rumah, bangunan, dan pertokoan yang rusak. Data dengan baik, foto, dan ambil gambar. Disperindagkop-UMKM, jika ada kios, warung makan, dan toko yang dijarah atau dibakar, juga didata. Berapa kerugian materiil dan lainnya. Datanya nanti dilaporkan ke menteri sosial maupun menteri koperasi dan UKM.

Bagaimana dengan warga yang masih mengungsi dan surat berharga mereka yang ikut terbakar?

Penanganan pengungsi telah dilakukan sesuai prosedur. Mereka diberi makan dan minum maupun penanganan lainnya. Contohnya, pengungsi yang ada di Lapangan Lantamal X Jayapura sekitar 2.000 orang tetap diperhatikan. Termasuk di Pulau Kosong sekitar 200 orang dan di Makorem 172/PWY sebanyak 150 orang. Mereka juga diberi pelayanan kesehatan. Untuk surat atau dokumen penting yang ikut terbakar, Pemkot Jayapura melalui dinas pendidikan dan kebudayaan maupun dinas kependudukan dan pencatatan sipil akan membantu membuatnya kembali.

Berapa lama untuk mengembalikan bangunan yang rusak?

Pemkot Jayapura dan semua komponen masyarakat sudah melakukan pembersihan di tempat yang terkena dampak sehingga bisa kembali bersih dan indah. Untuk bangunan yang terbakar maupun kios, diharapkan secepat mungkin bisa dibangun kembali. Jika memang masyarakat atau pelaku usaha dan perkantoran bisa langsung membangun kembali, tentu itu sangat membantu Pemkot Jayapura.

Supaya aksi demo serupa tidak terjadi, apa yang akan dilakukan?

Saya minta aparat kepolisian menindak tegas pelaku yang sudah melakukan perusakan. Ke depan, jika ada aksi demo, secepat mungkin harus diatasi. Jangan sampai membesar sehingga penanganannya akan sulit. Diharapkan, semua paguyuban, OKP, tokoh adat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat selalu memberikan kesejukan.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Saran Produsen Rokok Ketika Pemerintah Naikkan Tarif Cukai - Gudang Berita Viral Saran Produsen Rokok Ketika Pemerintah Naikkan Tarif Cukai
Jumat, 20 Sep 2019, 08:00:10 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Lima Penjaga Nafsu Kita  - Gudang Berita Viral Lima Penjaga Nafsu Kita
Jumat, 20 Sep 2019, 08:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Pound Naik Tajam Respon Prospek Kesepakatan Brexit  - Gudang Berita Viral Pound Naik Tajam Respon Prospek Kesepakatan Brexit
Jumat, 20 Sep 2019, 08:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print