Kamis, 21 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 06 Nov 2019, 20:00:12 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Viral, Video Tas Berasap di Kabin Pesawat - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Masih ada netizen yang asal sebar informasi di media sosial tanpa lebih dulu mengecek kebenarannya. Contohnya, yang dilakukan pemilik akun Ali Davala (perma.cc/AD4N-2FL5). Dia membagikan video kepulan asap kecil di kabin pesawat, lalu menyebutnya sebagai insiden ledakan ponsel.

’’Saat naik pesawat, HP sebaiknya dimatikan (atau mode pesawat). HP yg aktif akan terus mencari sinyal sehingga baterai HP menjadi panas & rentan meledak. Sayangnya, ini tak pernah dijelaskan awak pesawat. Adanya cuma melarang saja,’’ tulis Ali Davala pada 31 Oktober 2019.



Video berdurasi 45 detik itu menunjukkan suasana di dalam kabin pesawat yang sedikit berasap. Tampak seseorang sedang membuka sebuah tas. Kemudian, ada pramugari yang menyemprotkan APAR ke dalam tas tersebut. Beberapa penumpang terlihat menutup hidung dan mengabadikan insiden tersebut dengan ponsel.

Sayangnya, video yang diunggah Ali Davala tidak menyertakan informasi yang jelas. Terutama tentang keterangan waktu dan nama pesawat yang mengalami insiden tersebut.

Saat ditelusuri, video dengan situasi serupa dan orang-orang yang sama pernah diunggah kanal YouTube The Star Online pada 4 Januari 2019. Judulnya, Powerbank catches fire on Royal Brunei flight from Hong Kong. Keterangan video itu menyebutkan bahwa insiden tersebut terjadi di penerbangan Royal Brunei, Kamis, 3 Januari 2019. Anda dapat melihat video tersebut di bawah ini.

Royal Brunei (RB) Airlines juga membuat klarifikasi resmi. Disebutkan bahwa insiden powerbank terjadi saat RB berada di pertengahan penerbangan dari Hongkong ke Bandar Seri Begawan pada 3 Januari 2019. ’’Kami ingin mengonfirmasikan bahwa semua tamu dan kru tidak terluka. Penerbangan kami mendarat di Bandar Seri Begawan dengan aman dan sesuai jadwal.’’ Begitu keterangannya. Anda dapat membacanya di bit.ly/KlarifikasiRB.

Portal berita straitstimes.com juga melaporkan, kejadian tersebut disebabkan ledakan powerbank. Namun, tidak diketahui penyebab pengisi daya itu bisa meledak di dalam tas penumpang pesawat. Termasuk meledak saat digunakan untuk mengisi daya atau tidak.

Di Indonesia, ketentuan membawa powerbank atau baterai litium cadangan bagi penumpang pesawat udara diatur dalam Surat Edaran (SE) Dirjen Perhubungan Udara Nomor 15 Tahun 2018. Menurut Humas PT Angkasa Pura I Yuristo Ardhi Anggoro, ketentuan itu juga selalu diberitahukan kepada penumpang. Termasuk imbauan untuk menonaktifkan ponsel selama penerbangan. ’’Ada pembatasan kapasitas daya. Bisa jadi, ketentuan di tiap negara keberangkatan berbeda,’’ jelasnya.

Dalam surat edaran itu disebutkan, powerbank harus ditempatkan di kabin. Kapasitasnya tidak lebih dari 100 Wh (20 ribu mAh) atau sama dengan 160 Wh. Barang itu boleh dibawa setelah mendapat persetujuan dari maskapai penerbangan.

FAKTA

Video yang diuggah akun Ali Davala menunjukkan situasi kabin pesawat Royal Brunei saat terjadi insiden powerbank meledak pada 3 Januari 2019.




Sumber: jawapos.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, Viral, Video Tas Berasap di Kabin Pesawat

Tag: News



Media Korsel Sebut AS Bakal Tarik Pasukannya dari Semenanjung Korea - Gudang Berita Viral Media Korsel Sebut AS Bakal Tarik Pasukannya dari Semenanjung Korea
Kamis, 21 Nov 2019, 23:00:08 WIB, Dibaca : 1 Kali
Kim Jong Un Tolak Undangan Korsel Hadiri KTT ASEAN - Gudang Berita Viral Kim Jong Un Tolak Undangan Korsel Hadiri KTT ASEAN
Kamis, 21 Nov 2019, 23:00:08 WIB, Dibaca : 1 Kali
Taufik Optimis Kemendagri Terima Penyerahan APBD Pertengahan Desember - Gudang Berita Viral Taufik Optimis Kemendagri Terima Penyerahan APBD Pertengahan Desember
Kamis, 21 Nov 2019, 23:00:08 WIB, Dibaca : 1 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print