Minggu, 22 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Kamis, 05 Sep 2019, 14:00:07 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Veronica Koman, si Pengacara Mahasiswa Papua Jadi Tersangka - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Penasihat hukum Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) Veronica Koman Liu ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Jatim. Dia dituding menjadi provokator atas cuitannya di Twitter tentang kasus yang terjadi di Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya.

Penyidik Polda Jatim juga menganggap Veronica ikut bertanggung jawab atas insiden kericuhan di Papua pada 18 Agustus lalu. “Saat gelar perkara, ada keyakinan penyidik, beberapa cuitannya mengandung unsur provokasi,” kata Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan di Mapolda Jatim kemarin (4/9). Menurut dia, Veronica punya andil besar dalam penyebaran isu hoaks.



Sebab, perempuan kelahiran Medan itu selalu hadir saat ada isu-isu mahasiswa Papua di Surabaya.

Luki menyatakan, tersangka terbilang aktif menyebarkan berita tentang hal-hal yang tidak sesuai dengan fakta di lapangan. “Kami memiliki bukti percakapan dari cuitan di media sosialnya soal hoaks kejadian di asrama Papua pada 17 Agustus lalu,” terangnya. Padahal, saat kejadian tersebut, Veronica tidak ada di tempat. Namun, dia justru sangat cepat menyebarkan isu mengenai adanya kekerasan melalui Twitter.

Jenderal dua bintang itu menambahkan, ada empat kalimat yang dianggap provokatif. Pertama, polisi melepas 23 kali tembakan, termasuk dengan gas air mata. Kedua, anak-anak tidak tidur selama 24 jam dalam kondisi haus dan terkurung. Ketiga, mobilisasi aksi monyet turun ke jalan untuk besok di Jayapura. Terakhir, 43 mahasiswa Papua ditangkap tanpa alasan yang jelas, 5 terluka, 1 terkena tembakan gas air mata.

“Semua yang diucapkannya itu dimulai saat kejadian, 17 hingga 18 Agustus. Setelah itu, dia mengunggah banyak cuitan lain,” ungkap mantan Wakabaintelkam Mabes Polri tersebut.

Selain banyaknya cuitan itu, Veronica menggandakan pemberitaan soal kejadian di Asrama Mahasiswa Papua. Dia bahkan mengundang beberapa media asing. Luki membeberkan, saat ini Veronica berada di luar negeri. Karena itu, tim Polda Jatim menggandeng Mabes Polri, Imigrasi, dan Interpol.

Amnesty International Indonesia Bela Veronica

Jawa Pos berusaha menghubungi Vero. Namun, sampai tadi malam perempuan yang dikenal sebagai aktivis HAM itu belum merespons. Telepon, pesan elektronik melalui WhatsApp, dan pesan singkat lewat SMS tidak mendapat jawaban.

Sebagai aktivis, Vero pernah berjuang bersama LBH Jakarta. Namun, saat ini dia lebih sering beraktivitas di luar Indonesia. Kemarin Amnesty International Indonesia yang juga punya concern terhadap kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia menyatakan sikap atas penetapan tersangka itu. Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia Usman Hamid.

PROVOKATOR : Veronica Koman Liu ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Jatim.

Menurut Usman, penetapan tersangka itu menunjukkan bahwa pemerintah dan aparat negara tidak paham cara menyelesaikan akar permasalahan Papua. “Akar masalah sesungguhnya adalah tindakan rasisme oleh beberapa anggota TNI dan penggunaan kekuatan berlebihan oleh kepolisian di asrama mahasiswa di Surabaya,” ungkapnya. Dia pun mempertanyakan dugaan provokasi yang disematkan kepada Vero.

Menurut Usman, seharusnya aparat kepolisian lebih fokus terhadap orang-orang yang menghasut pengepung dan pelaku persekusi maupun tindakan rasisme terhadap mahasiswa Papua di Kota Pahlawan. “Setelah itu, penting juga kepolisian untuk memeriksa anggotanya yang menembakkan gas air mata dan mendobrak pintu asrama mahasiswa Papua di Surabaya,” kata Usman.

Usman menuturkan bahwa penetapan tersangka Vero merupakan kriminalisasi yang berpotensi membuat orang lain takut berbicara atau memakai media sosial untuk mengungkap segala bentuk pelanggaran HAM terkait Papua. “Jika ada yang tidak akurat dari informasi yang diberikan Veronica, sebaiknya polisi memberikan klarifikasi, bukan mengkriminalisasinya” papar dia. Usman juga meminta Polda Jatim segera menghentikan kasus dan mencabut status tersangka Vero.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Erick Thohir Naksir Persis Solo - Gudang Berita Viral Erick Thohir Naksir Persis Solo
Minggu, 22 Sep 2019, 15:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
Chelsea vs Liverpool: Pemain Buangan Bisa Menjadi Pembeda - Gudang Berita Viral Chelsea vs Liverpool: Pemain Buangan Bisa Menjadi Pembeda
Minggu, 22 Sep 2019, 15:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
Hamilton Terkejut Dengan Performa Ferrari yang Luar Biasa di Singapura - Gudang Berita Viral Hamilton Terkejut Dengan Performa Ferrari yang Luar Biasa di Singapura
Minggu, 22 Sep 2019, 15:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print