Sabtu, 24 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Minggu, 04 Agu 2019, 23:00:08 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Urban Farming Inovasi Pertanian di Perkotaan - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Perkotaan selama ini dianggap memiliki lahan yang minim untuk pertanian. Kondisi itu bukan berarti akhir dari segalanya. Pemprov DKI Jakarta mengedepankan konsep pertanian perkotaan (urban farming).

Kepala Dinas Kominfotik DKI Atika Nurahmania menyampaikan menuturkan, masyarakat perkotaan masih memiliki kesempatan bertani. Hal itu menggunakan konsep urban farming. Kini konsep itu sudah mulai dijalankan di Balai Kota DKI Jakarta dengan nama Balkot Farm.



“Balkot Farm dapat menjadi percontohan urban farming mulai dari tanaman-tanaman sederhana seperti sayuran, obat-obatan dan bunga hias,” ujar Atika Nurahmania, Minggu (4/8).

Ke depannya, gerakan urban farming ala Pemprov DKI Jakarta ini nantinya disebarluaskan di seluruh Jakarta. Polanya dengan bekerja sama dengan Karang Taruna, tim penggerak PKK, dan tim Pelopor Petani Kota.

Balkot Farm adalah konsep elaboratif urban farming dan pemanfaatan loT (Internet of Things). Lebih tepatnya lagi pertanian di era digital. Program itu dirancang terkait desain besar Pertanian Perkotaan 2018-2030 dan realisasi Instruksi Gubernur DKI No 14 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Pertanian Perkotaan.

Program itu melibatkan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statisti (Diskominfotik), Dinas Kelautan, Perikanan dan Ketahanan Pangan (KPKP) serta Biro Umum Setda Provinsi DKI.
Konsep urban farming 4.0 yang dikembangkan Balkot Farm ini bertujuan untuk memudahkan para petani kota mengembangkan dan memaksimalkan hasil pertanian mereka dengan memanfaatkan IoT sebagai sarana penujang pertanian.

Selain penggunaan IoT, lokasi Balkot Farm bisa dijadikan objek kumpulnya para pegiat urban farming di Kota Jakarta, dalam bentuk FGD dan kemitraan.

Konsep ini pun mendapat dukungan dari Bank DKI. Bank daerah tersebut pun memberi apresiasi kepada enam pelaku urban farming. ”Kami sangat mengapresiasi langkah Pemprov DKI Jakarta dalam mengembangkan hasil pertanian yang terintegrasi dengan IoT,” ujar Sekretaris Perusahaan Bank DKI Herry Djufraini.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Bandara Hongkong Tetap Steril dari Demonstran - Gudang Berita Viral Bandara Hongkong Tetap Steril dari Demonstran
Sabtu, 24 Agu 2019, 16:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
Pemda Kesulitan Awasi Bajakah, Butuh Keterlibatan Masyarakat - Gudang Berita Viral Pemda Kesulitan Awasi Bajakah, Butuh Keterlibatan Masyarakat
Sabtu, 24 Agu 2019, 16:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
Tips Bagi Milenial Lebih Kreatif dalam Industri Kecantikan dan Fashion - Gudang Berita Viral Tips Bagi Milenial Lebih Kreatif dalam Industri Kecantikan dan Fashion
Sabtu, 24 Agu 2019, 16:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print