Selasa, 17 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Sabtu, 07 Sep 2019, 10:00:06 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Uji Coba Perluasan Gage Selesai, Macet dan Polusi Diklaim Berkurang - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Uji coba perluasan ganjil genap (gage) di ruas jalan DKI Jakarta berakir Jumat (6/9). Setelah satu bulan lamanya disosialiasikan, kebijakan ini diklaim membuahkan hasil positif bagi pergerakan kendaraan di ruas jalan ibu kota. Polusi udara juga dikatakan ikut berkurang.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, di ruas jalan perluasan gage, rata-rata kecepatan kendaraan naik menjadi 28,03 km/jam dari sebelumnya 25,56 km/jam atau meningkat 9,25 persen. Waktu tempuh kendaraan pun terpangkas, dari 16,52 detik menjadi 14,91 detik.



“Artinya bahwa kecepatan rata-rata yang terjadi peningkatan signifikan, dengan dibandingkan waktu tempuh yang terjadi pada ruas jalan ganjil genap,” ujar Syafrin di Dukuh Atas, Jakarta, Jumat (6/9).

Volume kendaraan sendiri turun drastis mencapai 25 persen di area gage. Namun angka itu masih di bawah target Pemprov DKI untuk penurunan kendaraan 40 persen. Kondisi itu, secara tidak langsung berpengaruh pada aktivitas Transjakarta. Sebab di koridor gage terjadi peningkatan jumlah penumpang sebanyak 5 persen.

Berkurangnya kendaraan pribadi ini juga diklaim berbanding lurus dengan kualitas udara di area gage. Dari dua Pos pemantau Partikulate Meter (PM) 2,5 di Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan Kelapa Gading, masing-masing turun sekitar 9 persen.

“Artinya bahwa dengan adanya perluasan ganjil genap pada dua pos pemantauan kualitas udara tersebut untuk PM 2,5 terjadi peningkatan ataupun penurunan volumenya dan masuk dalam ambang batas kualitas udara Jakarta dalam posisi baik. Karena semuanya sudah berada di bawah 65 mikrogram,” tambah Syafrin.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf menyambut baik hasil uji coba gage ini. Dia menyampaikan, pada Senin (9/9) mendatang, perluasan gage sudah mulai dilakukan penindakan bagi yang melanggar.

“Rencana perluasan ganjil genap itu sudah kita laksanakan sosialisasi dengan beberapa stakeholder termasuk sampai dengan hari ini. Dan untuk proses penindakan terhadap atau pengawasan secara tepat kita laksanakan mulai tanggal 9 besok,” jelasnya.

Untuk perluasan gage ini, Ditlantas akan menambah personelnya di jalan raya. Apabila sebelum ada perluasan hanya 400 personel, sekarang menjadi 750 personel. Atau menambah 350 personel. Dengan demikian diharapkan penindakan kepada pelanggar gage bisa semakin efektif.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta bersama Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya (Ditlantas) memutuskan melakukan perluasan ganjil genap (gage) terhadap 16 ruas jalan di Ibu Kota yang dibagi dalam 4 koridor. Total ruas jalan yang kenakan gage adalah 25, mengingat sebelumnya sudah ada 9 ruas jalan yang diterapkan. Hal ini seiring degan diterbitkannya Intruksi Gubernur (Ingub) Nomor 66 Tahun 2019 tentang pengendalian kualitas udara di Jakarta.

Perluasan gage ini meliputi, Jalan Pintu Besar Selatan, Jalan Gajah Mada, Jalan Hayam Wuruk, Jalan Majapahit, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Panglima Polim, Jalan Fatmawati (mulai simpang Jalan Ketimun 1 sampai dengan simpang Jalan TB Simatupang).

Selanjutnya, Jalan Suryopranoto, Jalan Balikpapan, Jalan Kiai Caringin, Jalan Tomang Raya, Jalan Pramuka, Jalan Salemba Raya, Jalan Kramat Raya, Jalan Senen Raya, dan Jalan Gunung Sahari (sampai simpang Jalan RE Martadinata).

Sementara itu, untuk waktu pelaksanaan tetap diberlakukan dua waktu. Yakni pagi pukul 06.00-10.00. Sedangkan untuk yang sore ditambah durasinya dari pukul 16.00-21.00. Lebih lama 1 jam dari sebelumnya.

Pemprov juga menghapus kebijakan pengecualian terhadap on off ramp tol. Jika sebelumnya kendaraan dari luar area gage yang hendak masuk jalan tol atau dari jalan tol yang keluar ke jalan arteri gage mendapat pengecualian, kali ini aturan itu tidak berlaku.

Kebijakan perluasan gage ini akan disosialisasikan kepada warga mulai hari ini sampai 8 September mendatang. Sedangkan untuk uji coba pelaksanaannya mulai 12 Agustus hingga 6 September. Memasuki 9 September sudah diberlakukan penindakan bagi yang melanggar.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Bergeser ke Usia Lebih Muda, Kenali 10 Gejala Umum Alzheimer - Gudang Berita Viral Bergeser ke Usia Lebih Muda, Kenali 10 Gejala Umum Alzheimer
Selasa, 17 Sep 2019, 13:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Polda Kalbar Tetapkan 61 Tersangka Karhutla, 9 Korporasi Disegel - Gudang Berita Viral Polda Kalbar Tetapkan 61 Tersangka Karhutla, 9 Korporasi Disegel
Selasa, 17 Sep 2019, 13:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
1.461 Mobil Mewah Belum Bayar Pajak, Total Tunggakan Rp 48,6 Miliar - Gudang Berita Viral 1.461 Mobil Mewah Belum Bayar Pajak, Total Tunggakan Rp 48,6 Miliar
Selasa, 17 Sep 2019, 13:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print