Selasa, 19 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 04 Nov 2019, 21:00:10 WIB, 13 View Tim Redaksi, Kategori : News
Tunggu Evaluasi, Mendikbud Nadiem Berpotensi Punya Wamen - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Jumlah Wakil Menteri (Wamen) di tubuh kabinet Indonesia Maju berpotensi bertambah. Penambahan itu berpeluang terjadi untuk posisi Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud).

Hal itu merujuk terbitnya Peraturan Presiden nomor 72 tahun 2019 tentang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam pasal 2 disebutkan, menteri dibantu oleh wamen dalam menjalankan fungsinya.



Kemudian, perpres itu juga menjelaskan tugas wamendikbud, yakni membantu Menteri dalam perumusan dan/atau pelaksanaan kebijakan Kementerian dan membantu Menteri dalam mengoordinasikan pencapaian kebijakan strategis lintas unit organisasi Jabatan Pimpinan Tinggi Madya atau eselon I atau di lingkungan Kementerian.

Saat dikonfirmasi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, secara struktural posisi wamendikbud memang ada. Hanya saja, jabatan tersebut belum terisi. Soal ada atau tidaknya wamen bergantung pada kondisi ke depannya.

“Kalau dibutuhkan, tentu saja akan diisi,” ujarnya ditemui di Gedung Krida Bakti, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, kemarin (4/10).

Presiden Jokowi, lanjut Pratikno, belum memutuskan apakah pos wamendikbud akan diisi atau tidak. Saat ini, pemerintah masih memantau dan mengevaluasi perkembangan.

“Nanti pasti akan bicara dengan Mendikbud (Nadiem Makarim),” imbuhnya.

Lantas, kapan evaluasi tersebut dilakukan? Mantan Rektor Universitas Gajah Mada (UGM) itu menambahkan, evaluasi tidak dilakukan pada periode tertentu. Namun bisa setiap saat sesuai perkembangan yang ada. Pratikno juga belum bisa menjawab soal Pos wamendikbud akan disediakan untuk kalangan partai, ormas, atau profesional.

“Sampai saat ini yahng jelasn belum ada,” tuturnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi sendiri tidak menutup peluang untuk memberikan posisi wamen di Kemendikbud. Diakuinya, mengurus pendidikan di Indonesia memiliki skala yang sangat luas. Sehingga jika diperlukan untuk mendorong percepatan, wamen bisa diberikan.

Pengamat pendidikan Prof Satryo Soemantri Brodjonegoro sepakat jika Kemendikbud butuh sosok wakil menteri untuk mendampingi Nadiem. Mengingat, kementerian tersebut sangat krusial dan cakupannya luas. Menangani dan mengurus pendidikan anak bangsa mulai PAUD hingga pendidikan tinggi. Tentu dengan masalah yang kompleks di dalamnya.

“Perlu lah. Kementerian yang kecil-kecil pakai wamen, masa (kementerian) sebesar ini enggak pakai wamen. Kasihan nanti beliaunya (Mendikbud Nadiem Makarim, Red),” kata Satryo.

Saat ditanya mengenai sosok seperti yang ideal menjabat Wamendikbud, guru besar Institut Teknologi Bandung itu mengatakan, tidak ada kategori khusus. Yang penting orang yang cocok dengan menterinya.

“Soal itu yang penting bisa kerja saling mengisi dengan menterinya,” ucap Satryo.




Sumber: jawapos.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, Tunggu Evaluasi, Mendikbud Nadiem Berpotensi Punya Wamen

Tag: News



Korban Tewas Aksi Unjuk Rasa Bertambah, Evo Morales Kecam Jeanine Anez - Gudang Berita Viral Korban Tewas Aksi Unjuk Rasa Bertambah, Evo Morales Kecam Jeanine Anez
Selasa, 19 Nov 2019, 00:00:11 WIB, Dibaca : 0 Kali
Mantan Bupati Talaud Sri Wahyumi Dituntut 7 Tahun Penjara - Gudang Berita Viral Mantan Bupati Talaud Sri Wahyumi Dituntut 7 Tahun Penjara
Selasa, 19 Nov 2019, 00:00:11 WIB, Dibaca : 1 Kali
GRAB Akan Beri Santunan ke Keluarga Korban Skuter Listrik - Gudang Berita Viral GRAB Akan Beri Santunan ke Keluarga Korban Skuter Listrik
Selasa, 19 Nov 2019, 00:00:11 WIB, Dibaca : 1 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print