Kamis, 17 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Sabtu, 28 Sep 2019, 19:00:06 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : News
Tunggu 2-5 Tahun Jika Ingin Tambah Momongan, Simak 3 Alasannya - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Banyak anak banyak rezeki. Slogan itu selalu digaungkan setiap keluarga di masa lalu. Namun di tengah kemajuan zaman dan semakin sulitnya tuntutan ekonomi, setiap keluarga disarankan mengatur jumlah anak dan jarak kelahirannya.

Lantas, berapa jarak ideal untuk menambah momongan? Psikolog Anak dan Keluarga Anna Surti Ariani menilai tuntutan sosial di Indonesia menuntut pasangan yang baru menikah untuk segera memiliki anak, bahkan segera menambah jumlah anak. Padahal, jarak kehamilan ideal secara psikologis rentangnya 2-5 tahun.



“Seorang ibu berdaya untuk memilih apakah dan kapan ingin hamil dan memiliki anak. Dengan memilih, maka jadi lebih bertanggung jawab dalam menjalankan konsekuensinya. Dengan jarak 2-5 tahun anak dan kakaknya atau adiknya tak akan terlalu jauh jaraknya dalam berkomunikasi dan bermain,” kata Nina, sapaannya, dalam diskusi Hari Kontrasepsi Sedunia.

Sebaliknya, kehamilan tidak direncanakan dapat memberikan berbagai risiko buat ibu dan anak. Cukup sering terjadi penolakan kehamilan atau ketidaksadaran bahwa dirinya hamil. Rasa stres ibu juga menjadi lebih tinggi selama kehamilan. Kondisi kehamilan seperti demikian membuat tumbuh kembang janin terhambat.

Demikian pula setelah lahir, kasih sayang antara ibu dan bayi kurang berkembang optimal, sehingga tumbuh kembang psikologis anak jadi bermasalah. Sebaliknya dengan jarak kehamilan yang direncanakan, ibu juga dapat mengembangkan dirinya, mengurus keluarga secara lebih optimal dan menjadi lebih bahagia.

“Setiap anak yang dilahirkan juga dapat menjadi lebih diperhatikan sehingga perkembangannya lebih optimal,” katanya.

Beberapa alasan lainnya mengapa harus mengatur jarak ideal 2-5 tahun untuk menambah momongan di antaranya,

1. Manfaat Bagi Ibu
Ibu masih bisa mengembangkan diri. Memiliki me time bersama teman-temannya atau bisa melanjutkan pendidikan dan karirnya. Ibu juga dapat mengurus keluarga lebih optimal dan akhirnya menjadi lebih bahagia.

2. Manfaat Bagi Anak
Anak akan lebih mendapatkan perhatian. Tumbuh kembang anak juga akan lebih optimal.

3. Manfaat Bagi Keluarga
Keluarga akan lebih harmonis. Dalam urusan finansial dan perencanaan pendidikan lebuh tertata. Dan bisa mencegah terjadinya Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) atau bahkan perceraian.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Hotspot Turun, Jambi dan Sumsel Sudah Diguyur Hujan - Gudang Berita Viral Hotspot Turun, Jambi dan Sumsel Sudah Diguyur Hujan
Kamis, 17 Okt 2019, 02:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
Morgan Oey ‘Lahir’ dari Telur, Begini Sinopsis Film Eggnoid - Gudang Berita Viral Morgan Oey ‘Lahir’ dari Telur, Begini Sinopsis Film Eggnoid
Kamis, 17 Okt 2019, 02:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
KPK Ungkap Sejumlah Perkara Menyimpang di Lapas Sukamiskin - Gudang Berita Viral KPK Ungkap Sejumlah Perkara Menyimpang di Lapas Sukamiskin
Kamis, 17 Okt 2019, 02:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print