Selasa, 17 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 09 Sep 2019, 21:00:08 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Tujuh Tahun Teater JKT48 dan Tantangan untuk Tim J, KIII, dan T - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Teater JKT48 di mal FX Sudirman, Minggu (8/9) resmi berusia 7 tahun sejak kali pertama diresmikan pada 2012. Selama itu pula, Teater JKT48 menjadi saksi dibangunnya hubungan antara para member dengan penggemar. Dari generasi pertama yang lahir pada akhir 2011, hingga generasi ke-8 yang dipersiapkan menjadi penerus.

Dari dulu hingga sekarang, antrean yang menyemut setiap malam masih menjadi pemandangan khas di lantai 4 FX Sudirman. Setiap tahun, manajemen JKT48 terus berusaha untuk membuat tempat penggemar menuntaskan kerinduan terhadap idolanya makin nyaman. Supaya tetap ramai. Supaya Fans tidak bosan.



Usai perayaan ulang tahun bersama penggemar, GM Teater JKT48 Melody Nurramdhani Laksani dan Kapten JKT48 Beby Chaesara Anadila berbincang soal tantangan ke depan.

Melody mengatakan, tantangan terbesar adalah melanjutkan perjuangan setelah tujuh tahun Teater JKT48 berdiri. Muaranya jelas, supaya teater tetap ramai. Orang tetap asyik saat mengunjungi dan keluar dengan senyum kepuasan. Lantas, fans itu berulang untuk datang.

’’Termasuk, bisa mengembalikan fansfans yang lama nggak datang dan menambah fans baru,’’ ujar Melody.

Namun, itu diakui bukan perkara mudah. Manajemen harus memikirkan banyak hal supaya keinginan terwujud. Hal itu terlihat saat Tim T membuka pertunjukan hari pertama setlist Tunas di Balik Seragam (Seifuku no Me). Saat itu, penonton membludak. Teater sampai full house. Setelah itu naik turun.

’’PR (pekerjaan rumah) untuk Tim T supaya setlist baru mereka ini bisa ramai terus dalam kurun waktu yang lama,’’ kata Melody.

Sedangkan Tim KIII, dinilai sudah oke karena memiliki penonton yang relatif stabil. Bagaimana dengan Tim J? Sebagai mantan member Tim J, Melody mengatakan banyaknya member yang graduate ikut memberikan dampak. Dia menyebut Tim J benar-benar kelihangan frontliner termasuk center.

Kapten JKT48 Beby Chaesara Anadila membcakan surat untuk teater JKT48. Dia berharap teater tetap memberikan kebahagiaan terhadap fans JKT48. (Dhimas Ginanjar/Jawa Pos)

’’Sekarang dicoba untuk center baru, tapi butuh proses. Sekarang Tim J sedang fighting banget. JKT48 akustik juga sangat membantu Tim J,’’ urainya.

Beby menambahkan, tantangan selalu ada. Untuk Tim T misalnya, mereka punya kartu As berupa setlist baru. Namun, perlu dipikirkan juga supaya tidak hanya menarik dan ramai di awal. ’’Mungkin saat sonichi (hari pertama) itu full house. Tapi show berikutnya kok menurun yah,’’ imbuh Beby.

Beda tim, beda tantangan. Untuk KIII yang menjadi tim bernaungnya Beby, punya tantangan terhadap setlist yang sudah lama dibawakan. Seperti diketahui, Tim KIII saat ini membawakan setlist Saka Agari yang sudah berjalan hampir dua tahun. Ada kekhawatiran, fans akan bosan dan berdampak pada jumlah penonton.

’’Kami coba improve untuk setiap show-nya. Nggak hanya performance dance-nya. Tapi juga MC-nya supaya bisa menarik dan lucu,’’ tandasnya. Sedangkan untuk Tim J, setlist-nya belum terlalu lama. Namun, kehilangan member kunci. ’’Kehadiran JKT48 akustik bisa membuat Tim J kembali menarik,’’ tambah Beby.

Fasilitas Teater

JKT48 punya banyak mimpi untuk menjadikan teater makin nyaman. Mereka pernah ingin punya kafe layaknya AKB48 di Jepang. Keinginan itu baru diwujudkan dengan membuat sebuah event kafe dengan Official Fans Club (OFC) di teater. Upaya membuat pertunjukan makin keren dilakukan pada tahun lalu. Manajemen menambahkan tiga layar LED, kursi baru, dan AC yang lebih dingin.

Bagian foyer juga diubah. Memindahkan kabesha atau pigura yang berisi foto member JKT48 dari lorong ke depan. Bagaimana dengan tahun ini? Melody mengatakan, ingin memaksimalkan potensi yang terlebih dahulu. Namun, bukan berarti perbaikan internal tidak dilakukan.

’’Sudah dilakukan banyak renovasi. Sebab, setiap hari dipakai, jadi cepat rusak. Untuk maintenance di dalam, kami tetap dilakuin ya. Termasuk untuk kebersihan dan kerapihan,’’ terang Melody.

Member Tim T Celine (kanan) dan Kapten Tim T Ayana Shahab saat membawakan lagu Bel Teakhir Berbunyi, Minggu (8/9). Penampilan JKT48 saat ini makin asyik dilihat karena memiliki latar belakang LED dengan berbagai video, gambar, atau animasi. (Dhimas Ginanjar/Jawa Pos)

Lebih lanjut dia menjelaskan, manajemen sedang mengembangkan cara bagaimana untuk bisa menggaet fans baru. Selain menjaga fans yang ada, JKT48 juga ingin menarik kembali fans lama yang sudah break atau pensiun. Dia yakin, selalu ada fans seperti itu yang punya keinginan untuk menonton lagi.

’’Mungkin magic-nya JKT48 itu di situ. Misalnya udah lama nggak nonton, tiba-tiba kangen saja. Semacam habit masa remaja, nggak afdol kalau nggak datang ke teater,’’ terangnya.

Program-program yang sukses menghadirkan fans juga akan dipertahankan dan dijalankan lagi. Misalnya, new friend campaign yang pasti tetap ada. Lalu, ada rencana untuk membuat pertunjukan teater khusus fans perempuan atau anak kecil. Penonton yang baru kali pertama nonton teater juga ingin diberikan kemudahan.

Jalannya Pertunjukan

Pertunjukan teater edisi ulang tahun diawali dengan pemasangan plakat di depan lorong oleh Beby Chaesara Anadila dan wakil kapten tim. Yakni, Gaby (Tim J), Yona (Tim KIII), dan Ayana (Tim T). Sekitar pukul 14.20 pertunjukan dimulai. Diawali dengan penampilan Tim J yang membawakan lagu shonichi (Hari Pertama).

Setelah itu, Tim J membawakan lagu Bel Sekolah adalah Love Song yang biasa dibawakan Tim T. Selesai menyanyikan dua lagu, giliran Tim T yang naik ke panggung. Kali ini, mereka membawakan dua lagu milik Tim KIII. Yakni Bel Terakhir Berbunyi dan Run Run Run.

Terakhir, giliran Tim KIII yang membawakan lagu milik Tim J. Yakni, Dewi Teater dan Sekarang Sedang Jatuh Cinta. Enam lagu awal seperti menjadi jantung dari pertunjukan spesial sore itu. Masing-masing tim, membawakan lagu tim lain dan tentu saja, harus sama baiknya dengan versi orisinalnya.

Member Tim KIII Shani Indira Natio dan Ratu Vienny Fitrilya (belakang) saat membawakan lagu milik Tim J di ulang tahun teater ke-7, Minggu (8/9). (Dhimas Ginanjar/Jawa Pos)

’’Tiap tim ditantang bawain lagu dengan gaya berbeda,’’ kata Beby. Memang asyik melihat tiap tim membawakan lagu yang bukan miliknya. Seperti melihat Tim J yang anggun harus tampil lincah dan centil. Lalu, kerennya Tim T yang tidak kedodoran membawakan koreografi bertenaga milik Tim KIII. Begitu juga ketika menonton Tim KIII yang biasanya garang menurunkan power-nya.

Show selama dua jam juga menampilkan unit song dan lagu lama lain yang membuat fans bernostalgia. Selain itu, JKT48 juga mengumumkan dan menampilkan lagu-lagu baru yang akan ditampilkan dalam album ke-4 yang berjudul Joy, Kick!, Tears (JKT). Pertunjukan berakhir dengan meniup kue ulang tahun dan ditutup dengan lagu Pesawat Kertas 365 Hari.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Tim Unesa Berlaga di Kompetisi Robot Penjelajah Udara di Turki - Gudang Berita Viral Tim Unesa Berlaga di Kompetisi Robot Penjelajah Udara di Turki
Selasa, 17 Sep 2019, 09:00:12 WIB, Dibaca : 0 Kali
Asap Karhutla Picu Hipoksia, Bahaya Bagi Jantung dan Pembuluh Darah - Gudang Berita Viral Asap Karhutla Picu Hipoksia, Bahaya Bagi Jantung dan Pembuluh Darah
Selasa, 17 Sep 2019, 09:00:12 WIB, Dibaca : 0 Kali
Ayok ke Bali! Fenomena Tanpa Bayangan Bakal Terjadi Oktober Depan - Gudang Berita Viral Ayok ke Bali! Fenomena Tanpa Bayangan Bakal Terjadi Oktober Depan
Selasa, 17 Sep 2019, 09:00:12 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print