Rabu, 16 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Selasa, 01 Okt 2019, 19:00:07 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : News
Tri Rismaharini Terima Gelar Doktor Kehormatan dari Tongmyong Busan - Gudang Berita Viral

Peran Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam membangun kota mendapat apresiasi dari Tongmyong University, Busan, Korea Selatan. Penghargaan doktor kehormatan bidang arsitektur disematkan kepadanya. Berikut laporan Juneka Subaihul Mufid dari Busan, Korea Selatan.



HAMPIR sepanjang waktu Tri Rismaharini duduk di kursi roda selama berkunjung ke Seoul dan Busan, Korea Selatan (Korsel). Kaki kanannya beberapa kali dipegang karena nyeri yang diderita. Saat di kursi roda, Risma juga menghindari jalur yang tidak rata. Sedikit saja kena geronjalan, dia merasakan nyeri.

Begitu pula saat mengunjungi Tongmyong University di Busan kemarin pagi (30/9). Risma mendapatkan gelar doktor kehormatan bidang arsitektur dari kampus yang terkenal di bidang keilmuan teknologi dan informasi itu.

Dengan menggunakan kursi roda, Risma diantar berkeliling di kampus tersebut sebelum menerima penghargaan bergengsi itu. Mulai ruang untuk simulator kapal laut, ruang digital twin untuk pameran teknologi superkomputer dan kamera pengawas 360 derajat, hingga gedung memorabilia pendiri kampus Tongmyong Dekan Kantor Urusan Internasional Tongmyong University Kweon Joong Rak menceritakan bahwa kampus tersebut merupakan universitas pertama bidang teknologi di Korsel yang berdiri pada 1977. Pendirinya adalah Sir Tongmyong Kang Seok-Jin, seorang pengusaha yang pernah jadi orang terkaya di Korsel. Dia mendedikasikan salah satu bagian hidupnya di bidang teknologi, industri, sekaligus edukasi.

Sebelum menuju upacara anugerah doktor kehormatan, Risma berbincang lebih dulu dengan Presiden Tongmyong University Jeong Hong Sub dan Dekan Sekolah Pascasarjana Universitas Tongmyong Lim Nam Kee, serta Sekjen Tourism Promotion Organization for Asia Pacific Cities Kim Soo-il. Diskusi ringan itu membahas kondisi terkini Surabaya. Setelah berbincang di ruang pertemuan, Risma mengenakan toga hitam dengan aksen garis keemasan di bahu kiri dan kanan. Namun, dia belum mengenakan gordon dan topi toga. Baju itu menutupi kebaya pink yang dikenakan.

Saat masuk ke ruang acara pukul 10.45, Risma masih menggunakan kursi roda. Dia digandeng saat menuju ke atas panggung kehormatan. Namun, Risma bisa berdiri ketika menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mendengarkan lagu kebangsaan Korea Selatan.

Prosesi penganugerahan gelar kehormatan itu dimulai dengan pembacaan riwayat singkat Risma. Setelah itu, Risma diberi gordon dan topi yang melengkapi baju toganya. Semacam ijazah. Lantas, Risma resmi mendapatkan gelar doktor kehormatan bidang arsitektur tersebut. Dia bisa berdiri agak lama saat menerima penghargaan itu. Termasuk ketika sesi foto. Kemudian, dia duduk kembali. Dua anak Risma, Fuad Benardi dan Tantri Gunarni Saptoadji, tidak lepas memandang kondisi ibundanya.

Presiden Tongmyong University Jeong Hong Sub menjelaskan, konsep Risma berbeda dengan birokrat pada umumnya. Dia juga mengutamakan mutu hidup dan kesejahteraan masyarakat. ’’Konsep itu terefleksi dalam beliau mengembangkan urban planning. Bukan hanya fisik, melainkan ada falsafahnya,’’ ujar Joeng sebagaimana diterjemahkan dalam bahasa Indonesia oleh Kim Soo-il.

Risma mengungkapkan bahwa penghargaan tersebut sebenarnya ditujukan untuk seluruh warga Surabaya. ’’Ini untuk warga Surabaya sebetulnya. Hanya kan tidak mungkin semua diberi. Nah, simbolnya kan aku. Jadi, akulah yang diberi,’’ ungkapnya.

Di pengujung acara penobatan itu, ada kejutan kecil yang dibuat Risma. Dia bersama pejabat di Pemkot Surabaya naik kembali ke atas panggung setelah menyaksikan tari joget Suroboyo. Masih dengan mengenakan toga lengkap, Risma memegang angklung bersama anak buah dan para penari. Tiga buah lagu dibawakan dalam iringan angklung itu. Yakni, Surabaya oh Surabaya, Rek Ayo Rek, dan Arirang (lagu Korea tentang cinta kasih). Tepuk tangan pun bergema.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Pameran di Swiss, Kopi Indonesia Banjir Peminat  - Gudang Berita Viral Pameran di Swiss, Kopi Indonesia Banjir Peminat
Rabu, 16 Okt 2019, 05:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Kalah dari Vietnam, Indonesia Harus Introspeksi  - Gudang Berita Viral Kalah dari Vietnam, Indonesia Harus Introspeksi
Rabu, 16 Okt 2019, 05:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 JK Akan Liburan 1 Bulan Usai Tak Jadi RI 2  - Gudang Berita Viral JK Akan Liburan 1 Bulan Usai Tak Jadi RI 2
Rabu, 16 Okt 2019, 05:00:02 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print