Kamis, 14 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Kamis, 24 Okt 2019, 22:00:09 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : News
Tren Busana Preloved yang Dimodifikasi Ramaikan JFW - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Harus diakui di balik megahnya dunia mode yang selalu mengeluarkan tren terbaru, ada satu permasalah menjadi pekerjaan rumah bersama. Yakni meminimalisasi besarnya limbah fashion di dunia.

Dikatakan Aliya Amitra selaku CEO dan Co-Founder dari Tinkerlust, sampah atau linbah fashion merupakan terbesar kedua setelah minyak dan gas. Untuk itu, diperlukan langkah nyata dan kreatif guna menanggulangi dan meminimalisasi sampah fashion. Salah satu caranya adalah dengan meng-upcyling busana bekas atau preloved yang masih sangat layak digunakan.



Konsep inilah yang diwujudkan Tinkerlust dengan menggandeng 3 label lokal di panggung Jakarta Fashion Week (JFW) 2020. “Kami ajak para desainer untuk membuat busana baru dengan item yang terjjual di Tinkerlust. Setidaknya ini bisa menjadi perhatian terhadap limbah fashion,” ujar Aliya Amitra dalam konferensi pers.

Dengan mengedepankan tema ‘A Story Second Chances’, ketiga label yakni Alexalexa, Jenahara by Jenahara Nasution, serta Sebe11as, menunjukkan bagaimana busana bekas bisa berubah menjadi fashion item kekinian. Tentunya dengan desain yang mengedepankan ciri khas masing-masing desainer. Sehingga busana tak terpakai tidak menjadi tumpukan sampah, namun dapat menjadi warna baru dalam koleksi wardrobe.

Jenahara sendiri mengakui, memodifikasi busana preloved merupakan karyanya yang paling beda dibandingkan koleksi sebelumnya. Jika biasanya ia menggunakan material mentah untuk dijadikan busana. Kini Jenahara harus membuat busana preloved menjadi potongan yang segar dan kekinian.

Baginya, menciptakan koleksi dari bahan sisa produksi atau preloved items penting untuk dilakukan sekarang, melihat pasar fashion Indonesia yang berkembang pesat. Diakuinya, tingginya minat konsumen mendorong desainer dan brand fashion untuk terus mengeluarkan koleksi baru. Namun sayangnya, banyak orang yang lupa akan sampah yang dihasilkan dari produksi fashion pieces tersebut

“Koleksi kali ini memang pesannya kuat banget ya. Mengajak masyarakat membuka lagi lemarinyadan yang Sudah tidak terpakai bisa di-upcycle lagi,” ujar Jenahara.




Sumber: jawapos.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, Tren Busana Preloved yang Dimodifikasi Ramaikan JFW

Tag: News



Mengenang Arief Santosa, Jurnalis Senior Jawa Pos yang Berpulang - Gudang Berita Viral Mengenang Arief Santosa, Jurnalis Senior Jawa Pos yang Berpulang
Kamis, 14 Nov 2019, 13:00:11 WIB, Dibaca : 0 Kali
Wajah Pelaku Bom Bunuh Diri Viral, Tetangga: Betul Wajahnya Dedek - Gudang Berita Viral Wajah Pelaku Bom Bunuh Diri Viral, Tetangga: Betul Wajahnya Dedek
Kamis, 14 Nov 2019, 13:00:11 WIB, Dibaca : 0 Kali
Bentrok dengan Polisi, Mahasiswa Gunakan Panah - Gudang Berita Viral Bentrok dengan Polisi, Mahasiswa Gunakan Panah
Kamis, 14 Nov 2019, 13:00:11 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print