Minggu, 15 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 28 Agu 2019, 01:00:06 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Topaz Aditia, Delta Blues, dan Absurdnya Sensasi Semu Media Sosial - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Media sosial adalah fenomena raksasa yang sering bikin geleng-geleng kepala. Hanya dengan modal kuota, jempol, dan sedikit kreativitas, seorang Upik Abu yang bukan siapa-siapa bisa mendadak menjelma menjadi Cinderella bersepatu kaca di jagat maya.

Sayang, kebanyakan orang akhirnya kerap tenggelam dalam kenikmatan semu tersebut. Mereka lupa bahwa ada hidup yang harus mereka hadapi di dalam realita. Hal inilah yang kemudian menjadi sorotan musisi lokal Topaz Aditia.



Sebagai seniman, Topaz memang sudah cukup lama gerah dengan kelakuan beberapa pegiat media sosial. Mulai dari mereka yang dipandang sebagai superstar dengan jumlah followers mencapai puluhan ribu, sampai orang-orang iseng yang kerap berlindung di balik akun anonim demi bisa menebar kebencian dan fitnah seenak jidat mereka.

“Ibaratnya, media sosial itu tempat di mana seorang ilmuwan nuklir jenius kalah oleh perempuan yang pamer foto dada. Apresiasinya berbanding terbalik,” ujar Topaz saat ditemui gudangberitaviral.com di kawasan SCBD, Jakarta baru-baru ini.

Kegerahan dan kejengkelan Topaz kepada tingkah laku para pegiat media sosial akhirnya justru menjadi blessing in disguise.

Dua single berjudul Cantik Saja Tidak Cukup’ dan Militansi Bacot’ lahir dari buah pikirnya dalam kurun waktu setahun terakhir. Lagu pertama sudah bisa dinikmati di beberapa platform pemutar musik, sementara lagu kedua baru rilis via YouTube.

Topaz Aditia (Banu Adikara/gudangberitaviral.com)

Dua lagu tersebut adalah curahan hati Topaz tentang geliat media sosial yang semakin menggila setiap harinya. ‘Cantik Saja Tidak Cukup’, yang rilis pada 1 November 2018 lalu menceritakan tentang pandangannya terhadap kaum hawa yang kelewat kecanduan bermedia sosial.

Lirik yang ditulis gitaris kelahiran Jakarta itu sudah menohok sejak verse pertama: “Oh dear, letakkan HP selfie-mu. Hanya orang bego yang kira duckface itu imut. Tahukah kamu di hidup ini, jadi cantik saja tidaklah cukup,”.

Verse kedua yang ditulis dalam lagu ini pun juga tidak kalah nyeleneh: “Oh dear, lupakan Instagram Story. Kamu lebih dari sekadar bahan masturbasi. Kamu sadarkah di hidup ini, wajah cantik saja tidaklah cukup,”.

Jika dibaca sekilas tanpa dicerna lebih lanjut, lirik lagu ini memang seperti merendahkan perempuan. Topaz pun mengakui bahwa ia kerap mendapat protes keras dari beberapa kenalan wanitanya. Namun, pria lulusan Musician Institute Hollywood, California itu membantah ia menghina perempuan.

“Ini bukan lagu benci perempuan lho ya. Apa yang saya tulis memang kenyataan kok. Coba saja dengarkan tanpa bawa perasaan,” ujarnya santai.

Single kedua Topaz, ‘Militansi Bacot’ menunjukkan sisi liar Topaz dalam kepiawaiannya menulis lagu. Masih berangkat dari media sosial, lagu yang baru saja rilis sepekan lalu ini adalah unek-unek Topaz soal kelakuan para keyboard warrior di media sosial yang gemar menebar hoax dan kebencian serta memperkeruh suasana demi sensasi semu belaka.

Dari hasil riset yang sudah dilakukan, Topaz menemukan bahwa kebanyakan para pejuang dunia maya itu justru adalah orang-orang yang kesepian.

“Di dunia maya, followers mereka boleh ada ribuan. Tapi di dunia nyata, mereka nyaris tidak punya teman. Mereka mencari pengakuan di media sosial. Di situlah lucunya,” ujar Topaz.

Dalam menggarap kedua lagu tersebut, Topaz bermain dengan gaya delta blues yang menggunakan gitar resonator dan slide. ‘Cantik Saja Tidak Cukup’ dan ‘Militansi Bacot’ diakuinya lahir ketika ia sedang keranjingan bermain delta blues.

Uniknya, Topaz mengakui bahwa awalnya ia sangat tidak suka bermain dengan slide. “Karena pakai slide itu sama saja mematikan fungsi satu jari. Suaranya juga mirip kucing kawin,” kelakar pria yang juga seorang guru gitar jazz tersebut.

Media sosial adalah dunia yang punya hukum sendiri. Pada derajat tertentu, kelakuan beberapa para penggunanya yang kelewat sok jago, maha tahu, dan kerap merasa menjadi pusat perhatian semesta memang sangat menjengkelkan. Lewat permainan gitar yang ciamik dan lirik yang nyeleneh, Topaz Aditia berhasil membuat para selebritas dunia maya tersebut nampak begitu menggelikan.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Dampak Karhutla, Kualitas Udara di Riau Paling Tidak Sehat - Gudang Berita Viral Dampak Karhutla, Kualitas Udara di Riau Paling Tidak Sehat
Minggu, 15 Sep 2019, 17:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
Seluruh Kloter Sudah Tinggalkan Saudi - Gudang Berita Viral Seluruh Kloter Sudah Tinggalkan Saudi
Minggu, 15 Sep 2019, 17:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
Prilly Latuconsina Ketempelan Makhluk Halus dan Sakit-sakitan - Gudang Berita Viral Prilly Latuconsina Ketempelan Makhluk Halus dan Sakit-sakitan
Minggu, 15 Sep 2019, 17:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print