Kamis, 17 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Jumat, 04 Okt 2019, 19:00:08 WIB, 6 View Tim Redaksi, Kategori : News
Tol Laut Belum Efektif Tekan Harga - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Tol laut dinilai belum maksimal dalam menekan disparitas harga meski sudah berjalan lima tahun. Harga komoditas di daerah, terutama di wilayah timur Indonesia, masih mahal. Karena itu, dibutuhkan pembenahan secara menyeluruh, baik dari pengangkutan, pelabuhan, transportasi laut, maupun pengiriman komoditas ke pasar setelah sampai di daratan.

Ketua DPP Indonesian National Shipowner’s Association (INSA) Carmelita Hartoto mengatakan, biaya logistik dari industri pelayaran hanya menyumbang sekitar 19 persen. Sisanya disumbang biaya gudang, penumpukan barang di pelabuhan, dan ekspedisi.



Biaya yang dihabiskan untuk pelayaran sudah sangat murah. Namun, masyarakat masih kurang mendapat keuntungan dengan adanya tol laut.

“Yang diuntungkan dari tol laut adalah ekspedisi. Misalnya, yang biasanya bayar Rp 20 juta, mereka bayar hanya Rp 8 juta. Seharusnya kan masyarakat yang diuntungkan, tapi ekspedisinya yang makin kaya. Ini perlu dievaluasi,” katanya di Surabaya, Kamis (3/10).

Dia juga meminta dalam penentuan rute tol laut, perusahaan pelayaran swasta lebih diberikan kesempatan. Selama ini terjadi tumpang-tindih antara kapal yang digunakan untuk tol laut dan kapal nasional.

“Kami minta rute (pelayaran) yang dibuka ditawarkan dulu kepada kami, setelah itu baru tawarkan pada Pelni dan BUMN lainnya,” tegasnya.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Hubla Kementerian Perhubungan Wisnu Handoko mengungkapkan, pihaknya akan lebih memerinci agar tidak ada yang tumpang-tindih. “Bagaimana program tol laut ini tidak boleh mematikan perusahaan swasta. Ini nanti kami atur,” katanya.

Tahun depan pemerintah membuka 22 rute tol laut dan 113 rute kapal perintis. Sementara itu, laju urbanisasi di Indonesia ternyata masih berada dalam level yang rendah. World Bank menyebutkan, Indonesia belum mendapatkan banyak manfaat dari urbanisasi.

Sebab, setiap perpindahan 1 persen, penduduk Indonesia dari desa ke kota besar hanya menaikkan 1,4 persen PDB per kapita. Jumlah itu terbilang kecil jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Tiongkok, misalnya, mampu mendorong 3 persen PDB per kapita dari persentase pertumbuhan urbanisasi 1 persen.

Global Director, Urban, Resilience & Land World Bank Sameh Wahba mengatakan, potensi urbanisasi yang terjadi ke depan harus dikelola dengan baik.

Pengoperasian Tol Laut 2019

18 trayek, terdiri atas 4 hub dan 14 feeder

11 penugasan, 7 trayek hasil lelang

Sumber: Kemenhub




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Keluarga Kardashian Ingin Kylie Jenner dan Travis Scott Balikan - Gudang Berita Viral Keluarga Kardashian Ingin Kylie Jenner dan Travis Scott Balikan
Kamis, 17 Okt 2019, 12:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
Jokowi Bolehkan Demo saat Pelantikan, Kapolri Tito Tak Mau Kecolongan - Gudang Berita Viral Jokowi Bolehkan Demo saat Pelantikan, Kapolri Tito Tak Mau Kecolongan
Kamis, 17 Okt 2019, 12:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
Datangi Muhammadiyah, Zulhas Minta Umat Islam Bersatu Dukung Jokowi II - Gudang Berita Viral Datangi Muhammadiyah, Zulhas Minta Umat Islam Bersatu Dukung Jokowi II
Kamis, 17 Okt 2019, 12:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print