Selasa, 15 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Minggu, 29 Sep 2019, 21:00:07 WIB, 9 View Tim Redaksi, Kategori : News
Tim Bayucaraka Juara Dunia dalam Kompetisi Robot Terbang di Turki - Gudang Berita Viral

Tim Bayucaraka Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia yang meraih juara dunia di ajang Tubitak Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Competition 2019 di Turki. Robot terbang karya mereka pun mendapat perhatian dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

SEPTINDA AYU PRAMITASARI, Surabaya



TIM Bayucaraka Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali ke kampus dengan wajah berbinar pada Kamis (26/9). Ditemui di Gedung Robotika, empat anggota Tim Bayucaraka yang mengikuti lomba di ajang Tubitak Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Competition 2019 di Istanbul, Turki, bangga membawa piala kemenangan. Mereka adalah Putu Wisnu Bhaskara Putrawan, Ahmad Iqbal Pratama, Reza Baihaqi Nur, dan Muhammad Kadarisman.

’’Robot terbang kami dibawa pulang juga, tapi belum sempat dirakit. Masih jetlag,’’ kata General Manager Tim Bayucaraka ITS Putu Wisnu Bhaskara Putrawan.

Tim Bayucaraka patut berbangga. Sebab, mereka mengukir sejarah menjadi tim dari Indonesia yang meraih juara dunia Tim Bayucaraka berhasil memenangkan juara I kategori fixed wing dan mendapatkan penghargaan khusus dari CEO Turkish Aerospace Industries. ’’Tahun lalu kami masih di peringkat kelima,’’ katanya.

Wisnu mengatakan, dalam perlombaan tersebut, robot terbang ciptaannya harus menyelesaikan dua misi utama. Pertama, membuat manuver angka delapan. Kedua, menjatuhkan bola sedekat-dekatnya dengan target. ’’Misi pertama waktu kami 53 detik dan full auto. Misi kedua, bisa menjatuhkan bola dengan jarak 2,5 meter dari target,’’ katanya.

Meski baru kali kedua mengikuti ajang kompetisi Tubitak UAV di Turki, Tim Bayucaraka berhasil menunjukkan kemampuannya. Pesawat yang dibawa dalam lomba memiliki keunggulan. Yakni, manuvernya lebih lincah dan praktis. ’’Kami menggunakan pesawat dengan basis aerobatic. Sayapnya berada di bawah. Tujuannya, manuver lebih lincah,’’ paparnya.

Selain itu, robot tersebut menggunakan tiga bilah baling-baling untuk mendapatkan torsi dan kecepatan yang optimal. Bahan pesawat yang digunakan adalah kayu balsa dan styrofoam sehingga beratnya hanya 1,4 kilogram. Lebih ringan. ’’Kalau dulu, pesawatnya lebih besar dan berat. Sekarang lebih kecil dan enteng,’’ jelasnya.

Wisnu menyatakan, tidak ada kendala dalam produksi robot terbang tersebut. Hanya, robot itu ketika lomba sempat tidak lolos technical check karena peraturannya terlalu ketat. Karena itu, dilakukan perbaikan lebih dulu hingga lolos. ’’Kami berhasil mengalahkan 108 peserta lainnya dari berbagai negara,’’ paparnya.

Tidak sekadar menang, Tim Bayucaraka juga mendapatkan pengalaman yang luar biasa. Piala diserahkan langsung oleh Presiden Erdogan. Pengalaman yang tidak terduga sebelumnya. ’’Saat di atas panggung, kami tidak menyadari yang memberikan hadiah langsung adalah presiden Turki. Kami baru menyadarinya setelah kembali di hotel. Kami semua tertawa kegirangan,’’ ungkapnya.

Berkat kemenangan tersebut, stan pameran ITS pun mendapat perhatian besar dari para pengunjung. Tidak terkecuali CEO Markas Turkish Aerospace Industries. Tim Bayucaraka mendapatkan undangan langsung untuk berkunjung ke markas Turkish Aerospace Industries. ’’CEO Turkish Aerospace langsung datang ke stan kami. Dia tertarik dengan nilai dari laporan serta poin pada misi I dan II yang seimbang,’’ paparnya.

Seluruh anggota Tim Bayucaraka pun diberi uang penghargaan langsung oleh CEO Turkish Aerospace sebesar 10.000 lyra. Akomodasi untuk berkunjung ke markas Turkish Aerospace pun mereka tanggung.

Bukan hanya itu. Seluruh anggota Tim Aerospace juga mendapatkan tawaran untuk magang di Turkish Aerospace.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Mau Beli Xiaomi? Ini 5 Rekomendasi HP di Bawah Rp 2,5 Juta - Gudang Berita Viral Mau Beli Xiaomi? Ini 5 Rekomendasi HP di Bawah Rp 2,5 Juta
Selasa, 15 Okt 2019, 16:00:06 WIB, Dibaca : 2 Kali
Ismail Fahmi: Tiap Isu Diterbitkan Jadi Buku - Gudang Berita Viral Ismail Fahmi: Tiap Isu Diterbitkan Jadi Buku
Selasa, 15 Okt 2019, 16:00:06 WIB, Dibaca : 1 Kali
Kamera Pengawas Prioritaskan Kawasan Rawan Surabaya - Gudang Berita Viral Kamera Pengawas Prioritaskan Kawasan Rawan Surabaya
Selasa, 15 Okt 2019, 16:00:06 WIB, Dibaca : 1 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print