Senin, 23 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 02 Sep 2019, 16:00:07 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Tidak Manusiawi, Indekos Kotak Kecil 2×1 Meter Bakal Ditutup - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi melakukan sidak langsung ke kosan kotak di wilayah Johar Baru, Jakarta Pusat. Dalam sidaknya itu dia kaget dan akan menyegel bangunan yang tidak memiliki izin itu. Apalagi, indekos berukuran 2×1 meter itu dianggap tidak manusiawi.

Pantauan gudangberitaviral.com, tampak raut muka kaget dari dia saat melihat langsung mininya kamar kos yang disewakan. Irwandi terlihat sempat berbincang dengan salah satu penjaga kosan kotak tersebut. dia sempat menanyakan cara penghuni masuk ke kamar kos dengan kondisi yang begitu sempit.



“Kamar segini nih. Kalau orang masuk begini gimana? Jongkok?,” tanya Irwandi. “Jongkok,” jawab penjaga itu.

Dari keterangan penjaga tersebut, di kosan kotak itu ada 64 kamar. Alasannya dibuat seperti itu supaya warga yang menyewa tidak terbebani dengan harga mahal. Selain itu, kebanyakan yang menyewa hanya sebatas untuk tidur.

“Supaya banyak (kamarnya) pak. Biar hemat jadi kan. Dia tidur doang. Ini kan awalnya dibuat untuk orang yang istirahat,” ucap penjaga kos tersebut.

Setelah melakukan sidak, Irwandi menyebut pemkot akan menyegel bangunan kosan kontak tersebut. Paslanya tidak ada izin sebagai rumah kos maupun tempat usaha. “Kita sedang evaluasi. Bangunan kos tidak ada izin, bangunannya akan kita segel mati atau ditutup permanen,” kata Irwandi kepada gudangberitaviral.com, Senin (2/9).

Selain itu, pemkot merekomendasikan agar kosan tersebut ditutup. Dengan pertimbangan, kondisi tempat tinggal yang tidak layak, karena terlalu sempit. “Kita usahakan kos-kosannya ditutup rekomendasinya ke (Dinas) Cipta Karya. Karena nggak layak dan nggak manusiawi lah,” tegas Irwandi.

Suasana di salah satu kosan mini sekitar 2×1 meter di Jakarta. (Sabik Aji Taufan/Jawapos.com)

Sebelumnya, Hidup di kota besar seperti Jakarta tak selalu indah. Butuh perjuangan ekstra keras untuk mendapatkan kehidupan yang layak. Tingginya daya saing membuat seseorang mesti berfikir cerdik demi mendapat peluang kerja. Terlebih biaya hidup di ibu kota bukan sesuatu yang murah.

Harga sebuah kamar kos saja, di Jakarta rata-rata paling murah Rp 700 ribu. Itu pun cukup sulit mencarinya. Namun, saat ini masalah itu mulai terpecahkan. Di wilayah Johar Baru, Jakarta Pusat, bisa ditemui kosan dengan tarif murah. Harganya Rp 300-400 ribu per bulan. Bahkan bisa bayar harian sebesar Rp 50 ribu.

Uniknya, kosan ini berbentuk kotak layaknya sebuah box besar. Ukurannya cukup mini sekitar 2×1 meter. Dengan tinggi 1 meter. Untuk duduk saja mungkin kepala akan mentok ke atap. Terkesan sempit, namun menjadi primadona bagi kaum urban.

Kamar kos ini dibuat di dalam sebuah bangunan 3 lantai. Pagar hitam yang menjulang tinggi menutupi ruang-ruang kecil di baliknya. Di lantai pertama diperuntukan untuk tempat parkir sepeda motor. Di samping kiri, tersedia rak sepatu. Adapula 3 buah toilet yang bisa digunakan para penghuni. Namun, keadaan di lantai 1 ini sedikit berantakan karena banyak barang-barang bekas yang belum dibuang.

Tampilan kamar kosan berukuran 2×1 meter. (Sabik Aji Taufan/gudangberitaviral.com)

Untuk menuju lantai dua, pengunjung harus menyusuri tanggal hitam kecil melingkar. Di situ nampak pintu-pintu kecil berbahan besi berwarna putih berjajar saling berhadapan. Mirip jendela tapi itulah pintu masuk ke kosan kotak tersebut. gudangberitaviral.com tak menghitung secara pasti, namun diperkirakan sekitar 10 pintu. Di balik pintu itulah terdapat kasur yang bisa ditempati oleh 1 orang. Setiap kamar kos dilengkapi dengan lampu, dan 1 colokan listrik. Udara dingin dari pendingin ruangan menyambar badan. 1 buah AC digunakan untuk ruangan di lantai itu.

Ada dua jenis kamar kotak di sini. Baris bawah cenderung berukuran sedikit lebih besar. Sekitar 2×1,25 meter, harga sewanya per bulan Rp 400 ribu. Sedangkan untuk baris di atasnya berukuran sekitar 2×1 meter, dengan harga sewa perbulan Rp 300 ribu.

Kosan kotak ini bisa ditempati untuk perempuan maupun laki-laki. Design kosan seperti ini memang terlihat tidak lazim. Karena jarang ditemui. Biasanya kosan setidaknya berukuran 3×4 meter. Dengan tinggi lebih dari 2 meter. Namun, di tempat ini, untuk berjalan di lorong kontrakan, harus sedikit menundukan kepala agar tidak tersentuh ke atap. Dengan tinggi kurang dari dua meter itu, masih dibuat untuk dua kamar yang saling bertumpumpukan. Sehingga untuk duduk di atas kasur pun kepala bisa mentok ke atap.

“Zaman sekarang kan emang begini. Kan di akal-akalin biar bisa ini kan. Kan (penghuni) butuh buat jajan, (jadi dengan harga sewa murah) bisa buat yang lain lagi,” kata penjaga kosan tersebut.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



500 Mahasiswa Exodus Geruduk Kampus Uncen, Wakapolda Turun Langsung - Gudang Berita Viral 500 Mahasiswa Exodus Geruduk Kampus Uncen, Wakapolda Turun Langsung
Senin, 23 Sep 2019, 11:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
Densus Tangkap 3 Teroris JAD Bekasi, Disita Materi Bom High Explosive - Gudang Berita Viral Densus Tangkap 3 Teroris JAD Bekasi, Disita Materi Bom High Explosive
Senin, 23 Sep 2019, 11:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
MK Diprediksi Bakal Kebanjiran Uji Materi UU Bermasalah - Gudang Berita Viral MK Diprediksi Bakal Kebanjiran Uji Materi UU Bermasalah
Senin, 23 Sep 2019, 11:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print