Jumat, 15 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Kamis, 07 Nov 2019, 15:00:12 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : News
Tidak Jalan Ditempat, Ini Pencapaian Pertamina 5 Tahun Terakhir - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Masyarakat beranggapan bahwa PT Pertamina (Persero) tidak memiliki progres apapun dalam lima tahun terakhir. Padahal dari rentang waktu 2014 hingga 2019 ini, mereka telah selesai membangun dua buah kilang minyak di kawasan Cilacap.

“Masih ada saja yang bilang Pertamina jalan di tempat. Dalam kurun 5 tahun ini, Pertamina tidak diam ya, Pertamina ini ada 2 project ekspansi yang kita bangun dan kita selesaikan, keduanya di Cilacap, pertama Residual Fuel Catalytic Cracking (RFCC) yg selesai tahun 2015, lalu 2016 kita bangun satu lagi yang bernama Project Langit Biru Cilacap (PLBC) dan selesai di tahun 2019, jadi sekitar 4 tahunan,” terang Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Pertamina, Ignatius Tallulembang di Gedung Pusat Pertamina, Jakarta, Rabu (6/11).



Ia berkata bahwa bisnis minyak ini bukanlah hal yang mudah dan memiliki risiko yang tinggi serta pendanaan biaya yang tidak sedikit. Selain itu, pembuatan kilang juga membutuhkan teknologi terkini yang nantinya dapat membantu pengoperasian kilang agar lebih maksimal.

“Kemudian pembangunan itu membutuhkan waktu yang panjang, itu butuh waktu sampai 8 tahun, mulai tahapan awal, konseptual, konstruksi dan beroperasi itu 8 tahun, jadi ga bisa cepet,” tutur dia.

Pembangunan satu buah kilang saja dapat memakan biaya hingga diatas USD 1 miliar. Seperti kilang RFCC Cilacap yang memerlukan dana sekitar USD 1,1 miliar.

Lain halnya dengan PLBC Cilacap, dana yang dikeluarkan sebesar US$ 400 juta karena lahan yang digunakan berskala kecil. Meskipun kecil, kilang tersebut sangat strategis karena menghasilkan produk yang ramah lingkungan, yakni standar emisi euro IV dengan tingkat gas karbon dioksida, nitrogen oksida, karbon monoksida, volatile hydro carbon yang lebih sedikit.

“Itu bagian dari komitmen Pertamina untuk memperbaiki kualitas produk-produk BBM yang dihasilkan dan itu kita realisasikan di PLBC dengan menghasilkan produk euro IV yang setara dengan pertamax,” tambahnya.

Melalui kilang tersebut, tingkat impor minyak di 2019 menurun sebesar 600 ribu barel per bulan. Hal ini pun telah mensupport defisit neraca dagang pada kuartal tiga dilihat dari PDB (produk domestik bruto) yang membaik sebesar 0,12 persen.

Saat ini, demi membangun ketahanan dan kemandirian energi di Indonesia, PT Pertamina melakukan suatu percepatan untuk mencapai hal tersebut. Kegiatan yang dilakukan adalah dengan melakukan upgrading, modernisasi, peningkatan kualitas serta daya saing.

Akan ada 4 kilang yang akan menjadi prioritas pembangunan. Empat proyek perluasan kilang antara lain, (Refinery Development Master Plan) (RDMP) Refinery Unit (RU) II Dumai, RDMP RU IV Cilacap, RDMP RU V Balikpapan, RDMP RU VI Balongan.




Sumber: jawapos.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, Tidak Jalan Ditempat, Ini Pencapaian Pertamina 5 Tahun Terakhir

Tag: News



 Jangan Salah Pilih Suplemen  - Gudang Berita Viral Jangan Salah Pilih Suplemen
Jumat, 15 Nov 2019, 02:00:05 WIB, Dibaca : 1 Kali
 Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Sulut dan Maluku Utara  - Gudang Berita Viral Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Sulut dan Maluku Utara
Jumat, 15 Nov 2019, 02:00:03 WIB, Dibaca : 1 Kali
 Wawan: Saya Pengusaha Sebelum Atut jadi Gubernur  - Gudang Berita Viral Wawan: Saya Pengusaha Sebelum Atut jadi Gubernur
Jumat, 15 Nov 2019, 02:00:03 WIB, Dibaca : 1 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print