Sabtu, 19 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 07 Okt 2019, 13:00:07 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : News
Terkenang Luka Lama saat DPR Terbagi 2 Kubu, Puan Hati-hati Susun AKD - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Pimpinan DPR terus melakukan rapat guna pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD). Nantinya AKD tersebut akan mengisi tiap-tiap komisi di DPR.

Ketua DPR, Puan Maharani mengatakan nantinya setiap fraksi di parlemen ini akan mendapatkan jatah AKD‎. Saat ini pun pimpinan DPR masih terus rapat guna mematangkan pembahasan tersebut.



“Kemudian setiap fraksi akan mendapatkan berapa pimpinan atau anggota yang akan masuk ke dalam setiap komisi,” ujar Puan di Gedung DPR, Jakarta, Senin (7/10).

‎Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mengatakan, penetapan AKD dilakukan secara proposional dengan mengedepankan musyawarah dan mufakat.‎ Sehingga nantinya semua fraksi yang ada di DPR bisa menerimanya.

“Saya berharap bahwa semua proses ini tetap aja akan kita lakukan secara musyawarah mufakat,” katanya.

Puan menegaskan, posisi AKD tidak hanya menjadi jatah partai dengan perolehan terbanyak di parlemen. Melainkan semuanya akan kebagian jatah masing-masing, karena pembagiannya berdasarkan musyarawah dan mufakat.

“Pimpinan itu kan terdiri dari ketua dan wakil ketua sesuai dengan proporsionalitas yang ada, sesuai dengan undang-undangnya, semuanya tentu saja akan mendapatkan porsinya masing-masing sesuai perolehan suaranya,” imbuhnya.

Lebih lanjut Puan memastikan kejadian lima tahun silam tidak akan terulang lagi di parlemen. Kala itu parlemen dikuasai oleh Koalisi Merah Putih (KMP) yang terdiri dari partai pendukung Prabowo Subianto.

“Karena apapun itu menjadi luka sejarah, bahwa proses demokrasi yang sudah kita lakukan melalui proses pemilu kemudian menjadi berantakan, karena kita tidak saling menghargai dan menghormati. Karenanya ke depan ini kita harus saling menghormati dan menghargai,” katanya.

Sekadar informasi, ‎Alat Kelengakapan Dewan (AKD) DPR terdiri atas para pimpinan komisi dan pimpinan badan. Pimpinan AKD meliputi sebelas pimpinan komisi yang terdiri atas satu ketua dan tiga wakil ketua.

Selain itu ada pula Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN), Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP), Badan Anggaran (Banggar), Badan Urusan Rumah Tangga (BURT), Badan Legislasi (Baleg), dan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD).




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Lindungi Buruh Migran, Menlu Retno: Saya Berdiri Paling Depan - Gudang Berita Viral Lindungi Buruh Migran, Menlu Retno: Saya Berdiri Paling Depan
Sabtu, 19 Okt 2019, 12:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
Tampil Cetar Pakai Bulu Mata Palsu Saat Pernikahan, Simak 5 Langkahnya - Gudang Berita Viral Tampil Cetar Pakai Bulu Mata Palsu Saat Pernikahan, Simak 5 Langkahnya
Sabtu, 19 Okt 2019, 12:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
Pesan Wapres Jelang Purnatugas: Negara Aman, Investasi Masuk - Gudang Berita Viral Pesan Wapres Jelang Purnatugas: Negara Aman, Investasi Masuk
Sabtu, 19 Okt 2019, 12:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print