Kamis, 21 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Sabtu, 02 Nov 2019, 22:00:09 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Terkait Pemilihan Dewan Pengawas KPK, PDIP: Jokowi Akan Hati-Hati - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Setelah Undang-undang KPK hasil revisi resmi diberlakukan, selanjutnya komisi antirasuah akan memiliki Dewan Pengawas. Dalam Undang-undang tersebut Presiden disebutkan memiliki kewenangan dalam penunjukan orang-orang yang akan menjadi Dewan Pengawas.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menilai Dewan Pengawas KPK memiliki tugas penting. Dewan Pengawas nantinya bekerja aktif demi menghindarkan terjadinya penyalahgunaan kewenangan lembaga antirasuah.



“Menjadi Dewan Pengawas itu tidak pasif. Penuh dengan direction, sangat proaktif. Dia betul-betul mengawasi untuk tidak terjadinya kewenangan (berlebihan), tetapi di saat yang sama mengawasi misi pemberantasan korupsi itu dapat berjalan dengan semakin tinggi lagi,” kata Hasto di kawasan Menteng Jakarta, Sabtu (2/11).

Atas dasar itu, Hasto menyakini Jokowi akan selektif dalam memilih Dewan Pengawas. Hal itu dimaksudkan supaya proses pengawasan berjalan baik dan tidak disalahgunakan.

“Justru dengan melihat tugasnya yang begitu penting, kami meyakini akan hati-hati dan dengan seksama memilih sosok yang kredibilitas tinggi untuk bertindak sebagai Dewan Pengawas,” imbuhnya.

Selain itu, lanjut Hasto, Jokowi memiliki orientasi yang jelas ketika menunjuk pejabat tinggi negara. Syarat mutlak yang harus dimiliki calon tersebut yakni kredibilitas, integritas, hingga rekam jejaknya jelas.

“Terlebih yang akan ditugaskan di Dewan Pengawas. Itu sebuah syarat-syarat terhadap rekam jejak, integritasnya, kompetensinya di bidang untuk melakukan pengawasan dan sekaligus mendorong agar pemberantasan korupsi itu berjalan masif melalui proses pencegahan,” tambahnya.

Sebagai informasi, pembentukan Dewan Pengawas tertuang di dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK. Mengacu Pasal 69A Ayat (1), ketua dan anggota Dewan Pengawas KPK untuk pertama kali ditunjuk dan diangkat oleh Presiden Republik Indonesia.




Sumber: jawapos.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, Terkait Pemilihan Dewan Pengawas KPK, PDIP: Jokowi Akan Hati-Hati

Tag: News



Jawaban Nunung Soal Rumor Jual Rumah untuk Membiaya Perkara Narkoba - Gudang Berita Viral Jawaban Nunung Soal Rumor Jual Rumah untuk Membiaya Perkara Narkoba
Kamis, 21 Nov 2019, 03:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Persebaya Sudah Kantongi Kekuatan Persipura  - Gudang Berita Viral Persebaya Sudah Kantongi Kekuatan Persipura
Kamis, 21 Nov 2019, 03:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Suzuki Peroleh 4 Penghargaan GridOto Award 2019  - Gudang Berita Viral Suzuki Peroleh 4 Penghargaan GridOto Award 2019
Kamis, 21 Nov 2019, 03:00:03 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print