Selasa, 17 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 28 Agu 2019, 17:00:06 WIB, 6 View Tim Redaksi, Kategori : News
Terkait Pemadaman Kebakaran Hutan Amazon, Brasil Tolak Bantuan dari G7 - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Usaha Emmanuel Macron terancam sia-sia. Presiden Prancis itu mendorong negara-negara anggota G7 untuk mengeluarkan uang guna membantu pemadaman kebakaran hutan Amazon. Uang USD 20 juta (Rp 285,07 miliar) berhasil dikumpulkan. Sayang, negara yang akan dibantu, yaitu Brasil, justru menolaknya. Mereka mau menerima dengan satu syarat: Macron minta maaf.

“Sebelum berbicara atau menerima apa pun dari Prancis, meski bantuan itu berasal dari niatan paling baik, dia (Macron) harus menarik ucapannya. Baru kita bisa bicara,” ujar Presiden Brasil Jair Bolsonaro sebagaimana dikutip Washington Post.



Bolsonaro sejatinya melunak. Sebelumnya, Brasil sempat menolak mentah-mentah bantuan itu. Kepala Staf Kepresidenan Brasil Onyx Lorenzoni bahkan menyatakan uang tersebut lebih cocok untuk reboisasi di Eropa.

Lorenzoni mengungkapkan bahwa Prancis telah gagal mencegah kebakaran di Katedral Notre Dame yang merupakan warisan dunia. Katedral yang terletak di Paris itu terbakar hebat selama kurang lebih 15 jam pada 15 April lalu. Karena itu, Macron tak layak mengajari Brasil tentang penanggulangan kebakaran.

Sikap Brasil itu bertentangan dengan komentar Bolsonaro sebelumnya. Yaitu, bahwa negaranya tak memiliki cukup sumber daya untuk memadamkan api yang telah membakar 950 hektare hutan itu. Dilansir Agence France-Presse, Menteri Lingkungan Hidup Brasil Ricardo Salles sebelumnya juga menyambut baik bantuan G7. Termasuk di antaranya rencana Prancis mengirimkan pasukan militernya ke Brasil.

Sekitar 60 persen hutan Amazon terletak di Brasil. Sedangkan sisanya tersebar di delapan negara lainnya. Sejak awal tahun, dilaporkan ada 80.626 titik api di hutan Brasil, lebih dari separonya di Amazon.

Senin (26/8) data dari National Institute for Space Research milik Brasil menunjukkan, sepanjang pekan lalu ada lebih dari 10 ribu titik api baru. Sebanyak 1.113 di antaranya terjadi pada Sabtu (24/8) dan Minggu (25/8).

Di hari yang sama dengan perilisan data tersebut, bandara di Kota Porto Velho terpaksa ditutup selama hampir dua jam karena asap pekat akibat kebakaran. Penduduk berbondong-bondong pergi ke rumah sakit karena mengalami masalah pernapasan.

Sementara itu, Presiden Bolivia Evo Morales akan menerima bantuan internasional untuk memerangi kebakaran hutan.

Aktivis Greenpeace Richard George menegaskan bahwa negara-negara G7 telah gagal memahami penyebab pembakaran hutan. Pembakaran hutan di Amazon berhubungan langsung dengan konsumsi daging dan susu secara berlebihan di negara-negara anggota G7. Eropa mengimpor daging dari Brasil dan negara-negara sekitarnya.

Para pengamat selama ini juga memaparkan bahwa pembakaran hutan Amazon dilakukan karena peternak ingin membuka lahan baru. Awalnya mereka memang menggunduli sebagian hutan. Tapi, cara itu dirasa terlalu lama.

“Cara termudah adalah membakarnya,” tegas Jarelen Gomes, peneliti yang mengampanyekan pertanian berkelanjutan.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Serangan ke Arab Saudi Naikkan Risiko Premium  - Gudang Berita Viral Serangan ke Arab Saudi Naikkan Risiko Premium
Selasa, 17 Sep 2019, 03:00:09 WIB, Dibaca : 1 Kali
 73 Calon Pegawai PLN Jalani Pembinaan Karakter  - Gudang Berita Viral 73 Calon Pegawai PLN Jalani Pembinaan Karakter
Selasa, 17 Sep 2019, 03:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Mane dan Salah Sudah Baikan  - Gudang Berita Viral Mane dan Salah Sudah Baikan
Selasa, 17 Sep 2019, 03:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print