Sabtu, 24 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 05 Agu 2019, 22:00:07 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Temuan Awal, Polri Sebut Pohon Terlalu Tinggi Biang Kerok Blackout PLN - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Polri masih melakukan pendalaman terkait insiden pemadaman listrik (blackout) yang melanda Jabotabek hingga Jawa Barat. Tim Polda Jawa Tengah telah melakukan pemeriksaan di tower transmisi, Desa Malom, Gunung Pati, Semarang.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, dari temuan awal, diduga insiden ini diakibatkan oleh pohon yang tingginya melebihi Right of Way (ROW).



ROW ini merupakan ruang bebas di sekitar pembangkit listrik tegangan tinggi. Ruang ini harus steril dari benda-benda asing yang tidak masuk dalam komponen pembangkitan.

“Kerusakan, diduga sementara adanya pohon yang ketinggiannya melebihi batas ROW. Sehingga mengakibatkan flash atau lompatan listrik,” ujar Dedi di Mabes Polri Jakarta Selatan, Senin (5/8).

Dengan demikian, Dedi menyebut, dugaan awal kebakaran ini karena faktor alam. Belum ditemukan faktor human error atau unsur sabotase seperti yang dikhawatirkan banyak pihak.

“Tapi, hasilnya menunggu investigasi tim pusat (gabungan Bareskrim dan PLN) melakukan pengecekan di lapangan,” tambah Dedi.

Selain itu, lanjut Dedi, petugas Polda Jawa Tengah juga telah memintai keterangan beberapa petugas PLN di lokasi kejadian. Namun, hasil wawancara ini tidak untuk konsumsi publik.

“Sudah melalukan wawancara terhadap empat petugas PLN di lapangan yang mengawasi dan mengendalikan jaringan tersebut,” pungkasnya.

Diketahui, gangguan listrik yang terjadi sejak kemarin siang berangsur pulih mulai tadi malam. Seharian kemarin, PLN berupaya mengembalikan aliran listrik seperti sediakala.

Pelaksana Tugas (Plt) Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani memimpin langsung proses perbaikan sistem pembangkit listrik. Recovery dilakukan dari pusat pengendalian beban sistem Jawa-Bali sampai ke unit-unitnya.

Inten menjelaskan, area yang paling terdampak adalah Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta. “Fokus kami mengirimkan pasokan agar sistem aliran listrik ke DKI Jakarta segera pulih,” terang Inten di Pusat Pengatur Beban (P2B) PLN, Depok, Minggu (4/8) sore.

Normalisasi aliran listrik per pukul 17.30 telah mencapai GITET Balaraja di Tangerang dan GITET Gandul di Depok. Listrik dialirkan secara bertahap ke sejumlah pembangkit listrik, di antaranya PLTU Suralaya, PLTGU Muara Karang, dan PLTGU Priok. PLN juga mengoperasikan PLTA Saguling dan PLTA Cirata untuk menstabilkan daya tegangan di PLTU Suralaya.

Blackout kemarin terjadi karena gangguan pada SUTET 500 kv Ungaran-Pemalang. Pengi­riman energi listrik dari timur ke barat gagal atau terputus. Aliran energi listrik yang terputus memicu trip atau lepasnya jaringan di PLTU yang ada di Jawa Barat dan Banten. Trip hanya terjadi di pembangkit listrik di wilayah barat sehingga pasokan listrik di timur Jawa tetap aman.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Tiga Pantai Tulungagung Jadi Tempat Bertelur Penyu Lengkang dan Hijau - Gudang Berita Viral Tiga Pantai Tulungagung Jadi Tempat Bertelur Penyu Lengkang dan Hijau
Sabtu, 24 Agu 2019, 14:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
Russell Crowe Anggap Laga Team USA vs Australia Adalah Lelucon - Gudang Berita Viral Russell Crowe Anggap Laga Team USA vs Australia Adalah Lelucon
Sabtu, 24 Agu 2019, 14:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
Anggaran Pin Emas Bagi Anggota DPR Rp 5,5 Miliar - Gudang Berita Viral Anggaran Pin Emas Bagi Anggota DPR Rp 5,5 Miliar
Sabtu, 24 Agu 2019, 14:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print