Rabu, 18 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Minggu, 01 Sep 2019, 09:00:06 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Tarian Yospan dari Warga Ibu Kota untuk Papua Damai - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Kisruh di Papua memantik rasa empati masyarakat di daerah lain. Publik berharap kondisi di Bumi Cenderawasih kembali damai seperti sedia kala. Bentuk rasa peduli itu, ratuan warga di Jakarta menggelar aksi damai di Car Free Day, Minggu pagi (1/9). Tepatnya di Bundaran HI.

Aksi damai itu dengan cara menggelar Tari Yospan. Kata Yospan akronim dari Yosim Pancar. Tari ini adalah tarian pergaulan yang biasanya dibawakan muda-mudi sebagai bentuk persahabatan.



“Tidak ada Yospan Papua satu, Yospan itu bisa 10 orang, bisa lebih dari sepuluh orang sehingga di situ menunjukkan adanya kesatuan, persatuan, kekompakan, rasa memiliki,” kata Ketua Panitia Frans Ansanay di kawasan Bundaran HI. Tarian itu dilakoni oleh masyarakat Papua dan warga lainnya yang hidup di Jakarta. Mereka hadir di arena Car free day berbaur dengan masyarakat lainnya.

Frans mengatakan, kegiatan itu merupakan bentuk dari perkenalan budaya Papua kepada masyarakat luas terutama yang ada di Jakarta. “Mereka akan tahu bahwa inilah budaya kami. Tarian kami. Dan, mereka akan merasa bangga atas jadi diri orang asli Papua,” ucap Frans.

Lewat kegiatan tersebut, Frans ingin menunjukkan bahwa selama ini orang-orang Papua yang ada di Jakarta dapat hidup harmonis berdampingan. “Kegiatan ini juga dilakukan untuk membuktikan kepada masyarakat Luas,” terangnya.

Terlebih sudah banyak orang-orang Papua yang telah punya anak dan cucu di Jakarta. Kegiatan ini sekaligus sebagai ajang untuk generasi Papua yang ada di perantauan agar tidak mengalami krisis identitas sebagai orang Papua.

“Kita akan mengalami krisis identitas, kalau kita tidak melakukan kegiatan-kegiatan untuk mengajari generasi kami di Jakarta,” pungkasnya.

Dia berharap situasi di Papua kembali damai sedia kala. Sebagaimana kedamaian yang dirasakan di Ibu Kota. Masyarakat Papua yang tinggal di Jakarta dapat hidup berdampingan.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Tiga Wasiat Rasulullah untuk Kita  - Gudang Berita Viral Tiga Wasiat Rasulullah untuk Kita
Rabu, 18 Sep 2019, 07:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Jakarta Cerah Berawan Sepanjang Hari Ini  - Gudang Berita Viral Jakarta Cerah Berawan Sepanjang Hari Ini
Rabu, 18 Sep 2019, 07:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Harga Emas Naik Harapkan Kabar Baik dari Fed  - Gudang Berita Viral Harga Emas Naik Harapkan Kabar Baik dari Fed
Rabu, 18 Sep 2019, 07:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print