Minggu, 22 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Sabtu, 07 Sep 2019, 14:00:06 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : News
Tangga ke Makam Paman Sunan Giri Berantakan - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Sudah lama kondisi Jalan Putri Cempo disorot. Toh, hingga kini, belum ada penanganan. Tak ayal, akses, mulai gerbang Jalan Awikoen, Gending, hingga Gunung Petukangan, rusak parah. Bahkan, area makam Syekh Sayyid Abdurrahman, paman Sunan Giri, belakangan terancam ambruk.

Berdasar pantauan Jawa Pos Kamis (5/9), sebagian lahan di pemakaman Syekh Sayyid Abdurrahman longsor cukup parah. Tanahnya turun hingga 1 meteran. Akibatnya, ada bagian makam yang menggantung. Tangga masuk makam pun rusak parah. Gerbang masuk juga telah disanggah papan kayu. Padahal, kompleks itu termasuk situs bersejarah.



Menurut Akhmad Saifudin, juru kunci makam Syekh Sayyid Abdurrahman, sejak setahun terakhir ini memang tanah makam terus longsor. Bahkan, pada musim hujan lalu, terjadi penurunan tanah 10 sentimeter setiap hari. ’’Karena itu, saya harus susun batu bata di tangga masuk makam,’’ ujarnya ketika menemui anggota DPRD Gresik Syaichu Busiri.

Letak makam Syekh Sayyid Abdurrahman dekat dengan makam Putri Cempo. Makam itu kali terakhir direnovasi pada 1991. Renovasi dilakukan karena ada bagian makam yang tertimpa tower. ’’Ada yang menyebut Sayyid Abdurrahman ini sebagai paman Sunan Giri. Beliau ini keturunan Sunan Ampel,’’ jelas Saifudin.

Syaichu berharap Pemkab Gresik turun tangan. Kompleks makam tokoh penyebaran Islam tersebut harus segera diperbaiki. ’’Perbaikan harus dilakukan sebelum musim hujan,’’ tutur anggota Fraksi PKB tersebut.

Akses jalan Putri Cempo
terus longsor, tapi belum dilakukan perbaikan. (Chusnul Cahyadi/Jawa Pos)

Menurut Kasubbaghumas dan Dokumentasi Bagian Humas dan Protokol Pemkab Gresik Su’udin, dinas pekerjaan umum dan tata ruang (DPUTR) sebetulnya sudah merencanakan perbaikan kompleks tersebut. Namun, belakangan terpaksa ada revisi desain. Desain awal mengalami banyak perubahan. ’’Se telah dilihat lagi longsornya, ternyata lebih parah. Karena itu, harus didesain ulang sesuai dengan kondisi yang ada,’’ jelasnya.

Setelah redesain selesai, lanjut dia, tentu pengerjaan akan dilakukan. ’’Mudah-mudahan tidak lama lagi,’’ katanya.

Sementara itu, dalam situs layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) Pemkab Gresik, memang ada anggaran untuk proyek revitalisasi Jalan Putri Cempo. Alokasi anggarannya mencapai Rp 3 miliar. Dalam situs tersebut, tercatat pemenang lelang adalah CV Andan Sari. Kontraktor asal Sidoarjo itu memberikan penawaran terendah, yakni Rp 2,72 miliar.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Bambang Paningron dan Asia Tri - Gudang Berita Viral Bambang Paningron dan Asia Tri
Minggu, 22 Sep 2019, 19:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
Osaka Akhirnya Berhasil Juara di Osaka - Gudang Berita Viral Osaka Akhirnya Berhasil Juara di Osaka
Minggu, 22 Sep 2019, 19:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
Senator Sulsel Sarankan Jokowi Angkat Pendiri Unhan Jadi Menhan - Gudang Berita Viral Senator Sulsel Sarankan Jokowi Angkat Pendiri Unhan Jadi Menhan
Minggu, 22 Sep 2019, 19:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print