Minggu, 18 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 07 Agu 2019, 19:00:07 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Tak Tahu Jadi Korban Agen Bodong, Ditolak Masuk Asrama Haji - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Impian Unis Chadori naik haji bersama sang istri, Yulianti, tahun ini kandas. Pasangan suami istri yang tinggal di Sawah Pulo, Semampir, tersebut tertipu agen haji gadungan. Uang ratusan juta rupiah miliknya pun raib dibawa kabur pelaku. Kasus itu kemarin dilaporkan dan sedang ditangani Polda Jatim.

Unis sebenarnya sudah mendaftar haji tahun lalu di Kemenag untuk mendapatkan nomor porsi. Sayang, berdasar jadwal, dia baru bisa berangkat 2042. Tiba-tiba saja sang paman memberikan tawaran. Dia mengaku mengenal orang yang bisa membuat Unis berangkat haji tahun ini.



Meski demikian, sang paman menjelaskan, ada persyaratan yang harus dipenuhi Unis. Dia harus membayar biaya tambahan Rp 85 juta. Karena tidak mempunyai uang, dia pun menolak tawaran tersebut.

Namun, sang paman tetap memaksa. Dia menawarkan uang pinjaman sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan. Bahkan, bukan hanya Unis. Istri dan adik berserta suaminya pun berangkat untuk menunaikan rukun Islam kelima itu. ’’Dia bilang, ’Sudah saya pinjami dulu. Tetapi, kalau sudah berangkat, gantiin yo uangnya’,’’ katanya kemarin (6/8) Terpaksa tawaran sang paman pun diterimanya. Uang Rp 340 juta diberikan kepada agen gadungan tersebut melalui transfer. Pelaku yang akrab disapa Korib bertugas sebagai koordinator rombongan.

Tak berselang lama, Korib pun menghubunginya. Korib menyatakan bahwa Unis bersama keluarga bisa berangkat haji tahun ini. Unis pun lantas menanyakan berkas-berkas yang harus dilengkapi.

Salah satunya, paspor. Paspor yang dimilikinya dalam kondisi mati dan harus segera diperpanjang. Namun, pelaku menyatakan semua berkas yang dibutuhkan akan diurus olehnya. Jadi, korban tak perlu lagi mengkhawatirkan persoalan tersebut.

Meskipun begitu, lanjut Unis, lagi-lagi dirinya merasa cemas. Sebab, dia bersama keluarga tidak melakukan prosedur yang seharusnya diikuti calon jamaah haji yang lain. Misalnya, manasik haji. Ditambah lagi, atribut seperti koper, seragam haji, dan tas tidak didapatkannya.

Dia pun lantas menanyakannya. Namun, pelaku menuturkan bahwa semua logistik itu akan diberikan di asrama haji. ’’Lalu, suntik vaksin pun tidak ada. Hanya diberi kain untuk dijahit sendiri oleh para jamaah,’’ ujarnya.

Kemarin Unis bersama keluarga berangkat menuju Asmara Haji Sukolilo. Dia bersama rombongan dijemput pukul 07.00 di Jemursari menuju asrama haji. Namun, sebelum sampai tujuan, tiba-tiba bus rombongannya tersebut berhenti. Sang koordinator keluar dengan alasan mengurusi administrasi semua calon haji.

Tetapi, setelah berjam-jam ditunggu, pelaku tak kunjung datang. Unis bersama 58 rombongan calon haji itu berinisiatif bertanya kepada pihak Asrama Haji Sukolilo. Setelah dicek, ternyata rombongannya tersebut tak terdata. Petugas asrama haji menyatakan tidak ada keberangkatan calon jamaah haji pada malam itu.

’’Kondisi di sana pun menjadi ramai. Nah, keramaian tersebut diketahui oleh petugas Polsek Sukolilo. Kami pun dibawa langsung ke Polda Jatim,’’ paparnya.

Kabidhumas Polda Jawa Timur Kombespol Frans Barung Mangera membenarkan adanya laporan itu. Sebanyak 59 calon jamaah haji melaporkan telah menjadi korban penipuan. Sampai saat ini, seorang saksi yang merupakan koordinator agen haji tersebut tengah diperiksa.

’’Belum ada tersangka yang ditetapkan. Baru pemeriksaan saksi saja. Tersangka akan kami tangkap secepatnya. Jika dijumlahkan, kerugian yang dialami lebih dari Rp 900 juta,’’ singkatnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Hari Ini Hongkongers Duduki Victoria Park - Gudang Berita Viral Hari Ini Hongkongers Duduki Victoria Park
Minggu, 18 Agu 2019, 11:00:23 WIB, Dibaca : 0 Kali
Respons KPK Atas Pesan Jokowi Terkait Pemberantasan Korupsi - Gudang Berita Viral Respons KPK Atas Pesan Jokowi Terkait Pemberantasan Korupsi
Minggu, 18 Agu 2019, 11:00:23 WIB, Dibaca : 0 Kali
Heboh Akar Bajakah, Kenali Ragam Pengobatan Alternatif untuk Kanker - Gudang Berita Viral Heboh Akar Bajakah, Kenali Ragam Pengobatan Alternatif untuk Kanker
Minggu, 18 Agu 2019, 11:00:23 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print