Jumat, 18 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 30 Sep 2019, 23:00:09 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : News
Tak Ingin Ganggu Pelantikan Presiden, Mayoritas Senator Pro Tatib Baru - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Polemik Tata Tertib (Tatib) pemilihan pimpinan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) telah berakhir. Mayoritas para senator mendukung Tatib baru lantaran tak menginginkan adanya kendala dalam pergantian kepemimpinan nasional.

Anggota Badan Kehormatan (BK) DPD Haripinto Tanuwidjaja menilai, jika tidak segera disudahi, polemik mengenai Tatib DPD memang dapat mengganggu jalannya pemilihan Pimpinan MPR. Sebab, pemilihan Pimpinan MPR baru bisa dilakukan jika polemik itu selesai.



“Otomatis, polemik itu juga bisa mengganggu pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober mendatang,” ujar Haripinto kepada wartawan, Senin (30/9).

Menurut Haripinto, mayoritas Senator periode 2014-2019 menyetujui Tatib baru DPD yang disahkan dalam Rapat Paripurna, Rabu (18/9).

Mayoritas anggota DPD periode 2019-2024 juga telah memahami semangat dan marwah Tatib baru DPD, serta adanya agenda politik yang lebih besar di balik
polemik tatib tersebut.

“Meski 60 persen anggota DPD terpilih merupakan ‘pendatang baru’, saya yakin mereka memahami adanya muatan dibalik gerakan penolakan Tatib baru DPD,” ujarnya.

Karena itu, mayoritas Senator muda dan anggota DPD yang terpilih kembali menyatakan dukungannya terhadap Tatib baru DPD.

Senator dari Kepulauan Riau (Kepri) ini menuturkan, polemik Tatib didasari perebutan kursi pimpinan DPD periode mendatang. Sejumlah aturan dalam Tatib tersebut dianggap mengebiri peluang sejumlah bakal calon untuk maju sebagai pimpinan DPD periode 2019-2024.

“Persoalan ini sudah dipahami para Senator terpilih. Karenanya, mereka tak mau diperalat agenda politik kelompok tertentu,” jelas dia.

Lebih lanjut, Haripinto mengatakan, para Senator terpilih juga telah memahami mekanisme pembentukan hingga pengesahan Tatib. Mereka juga khawatir, polemik Tatib DPD mengganggu agenda politik nasional, pemilihan pimpinan MPR, serta pelantikan Presiden dan Wakil Presiden.

“Jika Tatib yang sudah ada diubah, siapa yang dapat menjamin pembahasannya berlangsung singkat? Makanya, mayoritas anggota DPD terpilih sepakat untuk mengedepankan agenda kepentingan nasional,” tegas dia.

Sementara itu, Anggota Panitia Kerja (Panja) Tatib DPD RI, Dedi Iskandar Batubara, melontarkan pernyataan senada. Menurutnya, polemik Tatib baru DPD telah berakhir lantaran mayoritas anggota DPD terpilih telah memahami adanya muatan politik dari kelompok tertentu di DPD.

“Perlu dicatat, para Senator terpilih adalah orang-orang cerdas dari tiap provinsi di Indonesia. Mereka terbiasa berpikir secara sistematis dan kritis dalam mendalami persoalan dan mencari kebenaran,” ujar Dedi.

Dedi juga menuturkan, tidak ada satu pun klausul dalam Tatib yang melemahkan kinerja dan peran DPD. Terlebih, klausul soal pemilihan pimpinan DPD periode 2019-2024. Bahkan, Tatib baru itu memastikan calon pimpinan DPD harus memiliki integritas dan kapabilitas.

“Pertanyannya kenapa harus ditolak, ada apa ini?” tanya Dedi.

Senator terpilih dari Dapil Sumatra Utara (Sumut) ini menambahkan, mayoritas Senator yang ia temui juga menginginkan kepemimpinan DPD yang kuat dan mampu memberikan tauladan kepada para senator. Makanya, lanjut dia, mayoritas Senator mendukung adanya aturan, calon pimpinan tidak dalam status tersangka dan tidak pernah disanksi BK atau bebas dari sanksi etik.

“Kami membahas Tatib dalam waktu lama, sesuai mekanisme, serta aturan perundang-undangan yang berlaku,” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua BK DPD Mervin S Komber menerangkan, gejolak atau wacana sejumlah anggota DPD untuk merombak Tatib berpotensi mengganjal pergantian kepemimpinan nasional. Menurutnya, proses pelantikan Presiden bisa terganggu jika anggota DPD ‘ngotot’ mengubah Tatib baru DPD.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Jual Kembali Sabu Hasil Tangkapan, 2 Pegawai BNN Ditangkap - Gudang Berita Viral Jual Kembali Sabu Hasil Tangkapan, 2 Pegawai BNN Ditangkap
Jumat, 18 Okt 2019, 14:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
Kementan Pamerkan Teknologi Pengolahan Kakao & Pompa Air Berbasis 4.0 - Gudang Berita Viral Kementan Pamerkan Teknologi Pengolahan Kakao & Pompa Air Berbasis 4.0
Jumat, 18 Okt 2019, 14:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
Tokoh Aceh Ingin Jokowi Tunjuk Kepala BIN dari Kalangan Sipil - Gudang Berita Viral Tokoh Aceh Ingin Jokowi Tunjuk Kepala BIN dari Kalangan Sipil
Jumat, 18 Okt 2019, 14:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print