Selasa, 24 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Kamis, 05 Sep 2019, 16:00:07 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : News
Tak Ada Celah Referendum, Eks Kepala BIN Minta Warga Papua Bersatu - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), AM Hendropriyono menentang seruan referendum terhadap Papua dan Papua Barat. Menurut dia, tidak ada celah lagi untuk hal itu dilakukan. Baginya, isu tersebut hanya akal-akalan kelompok separatis yang ingin memecah belah bangsa.

“Referendum itu, wahai kaum muda intelektual bangsa Indonesia, terutama di Papua dan daerah-daerah lainnya, referendum hanya ada bagi negara-negara yang belum berdaulat,” kata Hendropriyono dalam Forum Patriotik untuk Papua dan Papua Barat, di Jakarta, Kamis (5/9).



Hendropriyono menjelaskan referendum tidak berlaku untuk negara merdeka seperti Indonesia. Khusus untuk Papua sendiri telah dilakukan Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) pada 1969 yang diselenggarakan oleh Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB). Hasilnya Papua secara resmi menjadi bagian Indonesia.

Massa Yang tergabung dalam berbagai elemen Mahasiswa dan Pemuda Timur Indonesia melakukan unjuk rasa di depan Istana Presiden dengan mengibarkan bendera merah putih menyatakan bahwa Papua NKRI, Papua Indonesia, Papua bukan Bintang kejora, di Jakarta, Senin (2/9). Aliansi masyarakat Indonesia Timur dan Gerakan Pemuda Papua Cinta Damai menuntut tangkap dan adili aktor provokasi dalam aksi pangibaran bendera bintang kejora, dan tolak referendum baik dari Sabang sampai Merauke. Foto: Dery Ridwansah/ gudangberitaviral.com

Ketua Dewan Kehormatan PKPI itu menilai referendum hanya dimanfaatkan oleh kelompok separatis. Salah satunya dengan memproduksi hoax. Agar masyarakat Papua bisa diadu domba.

“Orang-orang yang separatis, kita bangsa yang berdaulat, tidak ada iming-iming referendum. Itu hoax. Self determination, penentuan nasib sendiri, hanya bagi negara yang belum merdeka. Bangsa Indonesia sudah merdeka, Papua sudah merdeka bersama Indonesia,” jelasnya.

Lebih lanjut, Hendropriyono meminta kepada seluruh anak bangsa khususnya warga Papua agar tidak termakan provokasi isu-isu tidak benar. Jangan sampai provokator diberi ruang untuk beraksi.

“Ada yang main ini, makanya kalau nggak bersatu, kita nggak bisa menyimpulkan permainannya. Ini, makanya opini pecah belah. Makanya jangan mau dipecundangi, kalian itu intelek,” pungkasnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Toyota Luncurkan Land Cruiser 79 Namib Berwajah Legendaris di Afrika - Gudang Berita Viral Toyota Luncurkan Land Cruiser 79 Namib Berwajah Legendaris di Afrika
Selasa, 24 Sep 2019, 02:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
Kemendikbud Gandeng Samsung Tingkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia - Gudang Berita Viral Kemendikbud Gandeng Samsung Tingkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia
Selasa, 24 Sep 2019, 02:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Bus Damri di Bandara Kertajati Tetap Dekat di Hati  - Gudang Berita Viral Bus Damri di Bandara Kertajati Tetap Dekat di Hati
Selasa, 24 Sep 2019, 02:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print