Rabu, 16 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Jumat, 27 Sep 2019, 14:00:07 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : News
Surya Paloh Minta Tewasnya Mahasiswa di Kendari Diusut Tuntas - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh menyatakan rasa prihatin dan duka cita atas jatuhnya korban jiwa dalam aksi mahasiswa di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Kamis (26/9). Dia meminta agar peristiwa ini diusut tuntas aparat kepolisian dan bisa diketahui pelaku dibaliknya.

“Partai NasDem berharap agar pihak yang berwenang mampu mengusut hingga tuntas penyebab tewasnya Immawan Randy, mahasiswa Universitas Halu Oleo, Kendari, dalam aksi tersebut, demi terpenuhinya rasa keadilan,” ujar Surya kepada wartawan, Jumat (27/9).



Selain itu, Surya menghimbau agar kepolisian menggunakan cara-cara non represif dalam menghadapi dan mengamankan jalannya aksi mahasiswa. Meski begitu tetap tegas terhadap pelanggar ketertiban.

Di sisi lain, dia menilai aksi mahasiswa tidak boleh dihalang-halangi karena cerminan kehidupan demokrasi yang baik. Suara massa juga harus didengar karena bentuk kepedulian dan kritis terhadap negara. “Saya menyerukan semua pihak untuk menahan diri, karena pada dasarnya apa-apa yang menjadi tuntutan yang selama empat hari ini disuarakan oleh mahasiswa telah didengar dan diapresiasi,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Surya menyampaikan, tuntutan mahasiswa sudah direspon oleh pemerintah dan DPR dengan menunda pengesahan sejumlah RUU. Dia juga mengakui poin-poin yang dipersoalkan oleh mahasiswa tergolong bahan perdebatan di ruang formal maupun publik. Sehingga butuh pengkajian lebih jauh sebelum disahkan menjadi Undang-undang.

“Oleh karena itu Partai NasDem mengimbau kepada semua pihak untuk mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan kelompok apalagi perorangan. Hindari perpecahan dan tindakan yang akan merugikan kepentingan umum,” pungkas Surya.

Sebelumnya, kerusuhan bermula sekitar pukul 11.00 WITA ketika elemen mahasiswa di Kendari yang berjumlah 2.000 orang menggelar unjuk rasa. Demonstrasi ini awalnya berjalan damai. Bahkan orasi mereka sempat ditanggapi oleh Ketua DPRD.

“Setelah ada tanggapan dari ketua DPRD, tiba-tiba terjadi pelemparan batu kearah petugas dan anggota dewan,” ujar Kabid Humas Polda Sulawesi Tenggara Harry Golden Hart kepada gudangberitaviral.com, Sabtu (26/9).

Akibatnya, pasukan pengamanan langsung melakukan aksi pembubaran dan mendorong masa menjauh dari gedung DPRD guna mencegah kerusuhan meluas. Sekitar pukul 16.00, aparat mendapat informasi ada korban dari pihak pendemo sebanyak lima orang.

Rincian lima korban tersebut adalah Randi, mahasiswa fakultas teknik Universitas Halu Oleo yang tewas dengan luka tembak, Yusuf, 19, kritis dengan luka parah di kepala diduga karena hantaman benda tumpul, dan 3 orang yang mengalami luka ringan dan sesak napas.

Kerugian juga timbul dari aspek materil. Diantaranya rusaknya gedung DPRD karena lemparan batu, pos lantas terbakar, dan sejumlah kendaraan dibakar.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Maizura Nyanyikan Single OST Film Bebas ‘Aku Tanpamu’ - Gudang Berita Viral Maizura Nyanyikan Single OST Film Bebas ‘Aku Tanpamu’
Rabu, 16 Okt 2019, 02:00:10 WIB, Dibaca : 0 Kali
KPK Menduga Ada Transaksi Rp 1,5 Miliar Terkait OTT di Kaltim - Gudang Berita Viral KPK Menduga Ada Transaksi Rp 1,5 Miliar Terkait OTT di Kaltim
Rabu, 16 Okt 2019, 02:00:10 WIB, Dibaca : 0 Kali
 PUBG Mobile Campus Championship Resmi Digelar  - Gudang Berita Viral PUBG Mobile Campus Championship Resmi Digelar
Rabu, 16 Okt 2019, 02:00:02 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print