Sabtu, 21 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 11 Sep 2019, 20:00:07 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : News
Suporter Indonesia dan Thailand Damai karena Saling Menghargai - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com-Saravuth Sadsananud sempat ingin membatalkan niat away ke Jakarta. Suporter Thailand itu membaca di media bahwa Kamis lalu (5/9) suporter Malaysia menjadi korban aksi kekerasan pendukung timnas Indonesia.

Saravuth cemas kalau pendukung Thailand yang away ke SUGBK akan mendapat perlakuan yang sama.



Namun, bayang-bayang kecemasan tersebut sirna. Sejak tiba di Jakarta kemarin, dia merasa aman-aman saja. ”Saya juga yakin suporter Indonesia cinta damai. Tidak seperti yang terlihat saat melawan Malaysia. Saya juga datang ke sini dengan damai, menghormati,” ucap pria asli Bangkok itu.

Yang dikatakan pria 49 tahun tersebut benar. Tidak ada perlakuan negatif dari suporter Indonesia kepada suporter Thailand. Malah, kedua kubu suporter terlihat bernyanyi dan mengobrol akrab sebelum pertandingan digelar.

Lihat saja bagaimana tiga Garuda Fans, yakni Mario Sonata, Rio Aribowo, dan Rudi Kusuma. Ketiganya sempat diajak berfoto oleh suporter Thailand. Bahkan, yel-yel ”Indonesia, Indonesia, Indonesia” terdengar dinyanyikan suporter Thailand setiap kali melihat pendukung Merah Putih.

Saling tukar syal dan pernak-pernik pun terlihat. Tak jarang mereka duduk bersama dan bercengkerama.

Rudi Kusuma mengatakan, animo suporter Indonesia ketika melawan Thailand memang turun drastis. Kekalahan saat melawan Malaysia jadi penyebabnya. ”Tapi, apa pun yang terjadi, kami tetap mendukung timnas. Kami harus selalu ada untuk Indonesia,” tuturnya.

Ditanya soal keakraban dengan suporter Thailand, Rudi tidak menampik. Menurut dia, sejak dulu suporter Thailand sangat baik. Sopan dan menghargai tuan rumah. Tidak melakukan provokasi, baik lewat media sosial ataupun media lainnya, sebelum maupun sesudah pertandingan.

”Mereka menghargai kami. Kami juga menghargai mereka. Indonesia dan Thailand kan bersaudara,” tuturnya.

Sunma Longsatiah, suporter Thailand lainnya, juga senang dengan sambutan suporter tuan rumah. Perempuan yang mendapat beasiswa di Indonesia tersebut tidak percaya bahwa suporter Indonesia itu suka rusuh seperti ketika melawan Malaysia.

”Saya sudah tinggal di sini selama tiga tahun. Saya kenal banyak orang Indonesia yang suka bola. Mereka baik, saling menghargai,” papar Sunma. ”Jadi, saya tidak takut dan menikmati ketika Thailand main di sini,” imbuh perempuan yang sudah fasih berbahasa Indonesia itu.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Sudah Oke, Stadler Bikin Pabrik KA di Banyuwangi  - Gudang Berita Viral Sudah Oke, Stadler Bikin Pabrik KA di Banyuwangi
Sabtu, 21 Sep 2019, 05:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Rivaldo Kritik Penampilan Madrid dan Hazard  - Gudang Berita Viral Rivaldo Kritik Penampilan Madrid dan Hazard
Sabtu, 21 Sep 2019, 05:00:04 WIB, Dibaca : 1 Kali
 MMKSI Resmikan Diler Baru di Blitar  - Gudang Berita Viral MMKSI Resmikan Diler Baru di Blitar
Sabtu, 21 Sep 2019, 05:00:02 WIB, Dibaca : 1 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print