Sabtu, 17 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Kamis, 01 Agu 2019, 19:00:12 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : News
Sudah Sebulan, Salinan Putusan MA Terdakwa BLBI Belum Dikirim ke KPK - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku masih belum menerima salinan putusan kasasi terdakwa kasus Surat Keterangan Lunas (SKL) Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) Syafruddin Arsyad Temenggung. Dalam kasasi itu, majelis hakim memutuskan bahwa Syafruddin harus dilepaskan.

Diketahui, putusan kasasi tersebut dibacakan pada 9 Juli 2019. Namun hampir satu bulan salinan putusan itu belum juga dikirimkan ke kantor lembaga antirasuah.



Kabiro Hukum dan Humas MA Abdullah membenarkan salinan tersebut belum dikirim ke KPK. Ia beralasan ketua majelis hakim yang menangani perkara tersebut Salman Luthan baru saja keluar dari rumah sakit.

“Itu kan hakim nya masih sakit ya. Pak Ketua Majelisnya itu masih sakit, opname. Mungkin baru kemarin keluar dari rumah sakit, jadi mungkin karena kendala itu putusan masih di tangan beliau Ketua Majelis,” kata Abdullah ditemui di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (1/8).

Abdullah juga menuturkan, MA belum bisa memastikan kapan salinan putusan akan diberikan ke KPK. Hal itu tergantung dari persetujuan ketua majelis hakim.

“Ketua Majelis hakimnya kan baru sakit. Jadi kita enggak bisa memaksa dia. Iya (harus ada persetujuan), yang memimpin persidangan, pemeriksaan, sampai pengucapan putusan itu kan Ketua Majelis,” tegas Abdullah.

Sebelumnya, Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, hingga saat ini KPK belum menerima salinan putusan dari Mahkamah Agung terkait kasasi Syafruddin. Padahal, putusan tersebut sudah dikeluarkan oleh MA sejak 9 Juli 2019 lalu.

“Kita belum menerima dan belum bisa baca secara lengkap kenapa hakim katakan mengapa kasus ini berada di ranah perdata, kenapa hakim mengatakan berada di ranah administrasi negara,” jelas Febri.

Untuk diketahui, Majelis Hakim Kasasi dalam memutus perkara ini pun berbeda pendapat ( dissenting opinion ). Ketua Majelis Salman Luthan menilai perkara ini masuk pada ranah pidana, sepakat dengan putusan dari Pt DKI yang menghukum Syafruddin 15 Tahun penjara.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Permukiman Bidara Cina Jakarta Timur Dilalap Si Jago Merah - Gudang Berita Viral Permukiman Bidara Cina Jakarta Timur Dilalap Si Jago Merah
Sabtu, 17 Agu 2019, 19:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Jose Mourinho: Manchester City B Mampu Bersaing Jadi Juara - Gudang Berita Viral Jose Mourinho: Manchester City B Mampu Bersaing Jadi Juara
Sabtu, 17 Agu 2019, 19:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Adrian Cedera Gara-Gara Fans, Kiper Ketiga Liverpool Berpeluang Debut - Gudang Berita Viral Adrian Cedera Gara-Gara Fans, Kiper Ketiga Liverpool Berpeluang Debut
Sabtu, 17 Agu 2019, 19:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print