Minggu, 25 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 07 Agu 2019, 23:00:03 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : News
 Struktur Kultur di Era Pendidikan Tinggi 5.0  - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com, Jakarta - Wakil Rektor I Universitas Krisnadwipayana (Unkris) Guswandi mengatakan, materi dan kurikulum perkuliahan di perguruan tinggi pada masa kini seharusnya sudah mengacu pada realitas jaman yang terus berubah. Secara mendasar ada rujukan utama nilai-nilai kebangsaan, kenergaraan, keIndonesiaan yang terintegrasi dengan masyarakat dan realitas ekonomi.

"Tentu sebaiknya ke depan urusan ini diserahkan ke kampus dan komunitas akademik. Pemerintah memberi regulasi umumnya saja dan melegalisasi," katanya dalam diskusi tahunan Unkris, di Jakarta, Rabu (7/8/2019)

Lebih jauh Guswandi menambahkan, sekolah-sekolah vokasi juga sangat diperlukan dalam pendidikan kekinian, serta sesuai dengan keperluan teknis dunia kerja. Namun lanjutnya, universitas tidak boleh terlepas dari fungsi dan tugas utamanya, yaitu, melahirkan kalangan terdidik dan peka dengan kemanusiaan.



"Dan ini sesuai dengan amanat kemerdekaan yang termaktub dalam Pembukaan UUD 1945. Dalam pergaulan dunia internasional-pun kita harus percaya diri, dengan membuka peluang mahasiswa asing masuk ke Indonesia. Untuk memeriahkan hal ini diperlukan dukungan pemerintah, mungkin berupa insentif, bukan semata kompetisi," tuturnya.

Wakil Rektor II Unkris, Suwanda, menambahkan, mewujudkan amanat kemerdekaan dan kepekaan pendidikan tinggi maka diperlukan praktik kelembagaan yang berbeda.

"Secara kelambagaan kami di UNKRIS tengah dan telah berbenah menuju kelembagaan responsive. Lebih dari itu. Dukungan teknologi untuk merespon dan adaptive dengan perubahan menjadi hal yang tak boleh dianggap remeh. Juga kepemimpinan dalam pendidikan tinggi mentalnya tertata terhadap peluang disruptif, sehingga di bidang kelembagaan akademik kami menata dan providing basic and advance soft skill hingga applied skill yang ini menjadi penentu masyarakat dan manusia (akademik) dalam berinterkasi dengan abad digital, sebab tekanan kami pada society 5.0, bukan semata berfokus pada industry 4.0," tandasnya. [adc]




Sumber: inilah.com

Tag: News



Wow, Staf Senior Pangeran Harry dan Meghan Markle Perempuan Semua - Gudang Berita Viral Wow, Staf Senior Pangeran Harry dan Meghan Markle Perempuan Semua
Minggu, 25 Agu 2019, 13:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
 BBTN Kembangkan KPR Komunitas di 15 Daerah  - Gudang Berita Viral BBTN Kembangkan KPR Komunitas di 15 Daerah
Minggu, 25 Agu 2019, 13:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Kepala BKP Dorong Kerja Sama Petani Muda di APEC  - Gudang Berita Viral Kepala BKP Dorong Kerja Sama Petani Muda di APEC
Minggu, 25 Agu 2019, 13:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print