Rabu, 18 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Sabtu, 31 Agu 2019, 18:00:07 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Sosialisasikan Elektrifikasi, Menko Luhut Jajal Sepeda Motor Listrik - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjajal sepeda motor listrik di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (31/8). Hal tersebut dilakukan dalam upaya mensosialisasikan kendaraan listrik kepada masyarakat.

Terkait kendaraan listrik, Luhut menyebut dirinya yakin kalau Indonesia akan menjadi pemain global dalam industri kendaraan bermotor listrik. “Pembangunan industri bahan baku baterai lithium juga tengah dilakukan untuk mendukung pengembangan kendaraan listrik di Indonesia,” ujar Luhut.



Lebih jauh, Luhut menyebut, karena penggunaan kendaraan listrik lebih ramah lingkungan, pemerintah akan terus mendorong pertumbuhan industri tersebut.
“Ke depannya juga akan lebih banyak lagi konten lokalnya, seperti baterai lithium yang sedang dikembangkan di Morowali. Kalau ini sudah berjalan, Indonesia akan jadi pemain global di industri kendaraan listrik,” lanjutnya.

Mengenai pengembangan baterai lithium di pabrik yang berlokasi di Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Sulawesi Tengah (Sulteng), Luhut memastikan baterai lithium untuk kendaraan listrik akan siap diproduksi dalam dua tahun ke depan. “Saya juga sudah bicara ke Presiden, ke depannya APBN kita juga bisa diarahkan ke kendaraan listrik,” ungkap Luhut.

Sebagai informasi, terkait kendaraan listrik, pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 Tentang percepatan program kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan. Perpes tersebut salah satunya mengamanatkan tentang pemberian insentif fiskal untuk Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) dan Bea Balik Nama (BBN).

Perpres ini juga mengamanatkan Penggunaan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN), yakni bagi kendaraan beroda dua dan atau tiga pada 2019-2023 TKDN minimum sebesar 40 persen, 2024-2025 TKDN minimum sebesar 60 persen, 2026 dan seterusnya TKDN minimum sebesar 80 persen.

Sementara untuk kendaraan beroda empat dan atau lebih, pada 2019-2021 TKDN minimum sebesar 35 persen, 2022-2023 TKDN minimum sebesar 40 persen, 2024-2029 TKDN minimum sebesar 60 persen, 2030 dan seterusnya TKDN minimum sebesar 80 persen.

Seperti sudah disinggung di atas, jajaran kendaraan listrik pada Sabtu (31/8) juga dipamerkan di kawasan Monas. Acara tersebut dihadiri oleh para pabrikan otomotif seperti Nissan, Mitsubishi, Honda, Hino, dan masih banyak lagi.

Tak hanya kendaraan, dalam acara tersebut turut dipamerkan juga infrastruktur pengisian kendaraan listrik, yaitu Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pameran kendaraan listrik tersebut juga menjadi sebuah inisiatif sekaligus pertemuan dengan para stakeholder.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia Isao Sekiguchi mengatakan, pihaknya berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai mobil listrik. “Melalui Nissan Leaf dan E-Power, kami siap membantu Indonesia mewujudkan udara yang bersih dan hemat energi,” katanya di acara tersebut.

Dalam acara yang terbuka untuk umum itu, Nissan juga berkesempatan menjelaskan tentang manfaat dan kelebihan mobil bertenaga listrik kepada masyarakat yang antusias ingin mengetahui lebih lanjut tentang Nissan Leaf dan E-Power.

Sekiguchi juga menjelaskan optimisme Nissan dalam menghadirkan Nissan Leaf, yang merupakan mobil listrik terlaris di dunia, kepada konsumen di Indonesia. “Nissan menghadirkan Nissan Leaf dan teknologi inovatif E-Power, karena kami percaya bahwa mobil listrik adalah solusi mobilitas yang tepat bagi masyarakat Indonesia,” tambahnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Wujudkan Program Sejuta Rumah, Kadin Kerja Sama dengan Pemerintah - Gudang Berita Viral Wujudkan Program Sejuta Rumah, Kadin Kerja Sama dengan Pemerintah
Rabu, 18 Sep 2019, 16:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Bertani, Bisnis Menjanjikan dengan Omzet 500 Juta per Bulan - Gudang Berita Viral Bertani, Bisnis Menjanjikan dengan Omzet 500 Juta per Bulan
Rabu, 18 Sep 2019, 16:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Wujudkan Kota Layak Anak, Anies Diberi Penghargaan - Gudang Berita Viral Wujudkan Kota Layak Anak, Anies Diberi Penghargaan
Rabu, 18 Sep 2019, 16:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print