Jumat, 23 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Sabtu, 03 Agu 2019, 19:00:07 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Soal Ingub DKI Jakarta Tentang Pengendalian Udara, Ini Usul Djarot - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mendukung terbitnya Instruksi Gubernur soal pengendalian udara. Ia lalu memberikan beberapa masukan tambahan yang bisa diaplikasikan untuk menunjang berjalannya instruksi tersebut.

“Untuk mengurangi polusi, kita dorong penggunaan transportasi publik Transjakarta, MRT dan LRT, kemudian membuka ruang terbuka hijau. Ditanam pohon yang banyak. Karena salah satu penyebab polusi adalah kekurangan ruang terbuka hijau,” ujar Djarot di DPP PDIP, Jakarta, Sabtu (3/8).



Djarot menambahkan, beberapa aturan ketat seperti orang yang memiliki mobil harus mempunyai garasi dan sepeda motor tidak boleh melewati jalan Sudirman dan MH Thamrin juga bisa diterapkan. Mengenai adanya kebijakan ganjil genap, Djarot mengatakan bahwa sistem ini bisa diganti dengan electronic road pricing (ERP).

Adapun ERP adalah, jalan berbayar. Sehingga nantinya apabila mobil ingin melewati jalan harus membayar. “Kita dorong ERP. Kalau sudah ada ERP maka ganjil genap tidak usah,” katanya.

Menurut Djarot, kebijakan ganjil genap untuk sepeda motor saat ini sudah tidak efektif. Sebab, apabila ada aturan tersebut, maka masyarakat kemungkinan akan membeli motor lagi agar memiliki plat ganjil dan genap.

“Orang akan makin banyak beli motor. Misalnya, aku sudah punya yang ganjil. Tinggal aku beli yang genap,” pungkasnya.

Peremajaan angkutan umum disebut Djarot juga perlu diperhatikan untuk memperbaiki kualitas udara di Jakarta. Djarot berpendapat, bila perlu, angkutan umum diperbanyak supaya masyarakat bisa beralih dan tidak menggunakan kendaraan pribadi.

Untuk diketahui, ‎Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan Irgub Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara. Ingub itu ditandatangani Anies pada 1 Agustus kemarin.

Irgub tersebut berisi sejumlah instruksi kepada kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) untuk mengatasi polusi udara Jakarta yang kian memburuk. Salah satu instruksi adalah meminta Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk menyiapkan peraturan gubernur tentang perluasan sistem pembatasan kendaraan bernomor polisi ganjil dan genap.

Instruksi lain adalah menaikkan tarif parkir pada tahun 2019 dan menyiapkan rancangan peraturan daerah tentang biaya kemacetan (congestion pricing, Red) pada tahun 2020.

Anies juga menginstruksikan agar kendaraan umum yang berusia di atas 10 tahun dan tidak lulus uji emisi tidak boleh lagi beroperasi di Jakarta pada 2020. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu juga meminta agar Kepala Dinas Perhubungan mempercepat peremajaan 10.047 armada bus kecil, sedang, besar melalui integrasi Jak Lingko pada 2020.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Ronaldo: Saya Hampir ke Arsenal, tapi Dibajak MU  - Gudang Berita Viral Ronaldo: Saya Hampir ke Arsenal, tapi Dibajak MU
Jumat, 23 Agu 2019, 04:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Madrid Berusaha Telikung Barca Dapatkan Neymar  - Gudang Berita Viral Madrid Berusaha Telikung Barca Dapatkan Neymar
Jumat, 23 Agu 2019, 04:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Crolander, Produk Keyboard PC dari Kayu  - Gudang Berita Viral Crolander, Produk Keyboard PC dari Kayu
Jumat, 23 Agu 2019, 04:00:03 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print