Senin, 23 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 09 Sep 2019, 19:00:07 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Sisakan 12 Kasus Pasung di Gresik - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Belenggu pasung orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Kabupaten Gresik belum juga tuntas. Hingga Agustus, ternyata masih ada 12 kasus pasung. Padahal, pemprov pernah mematok target pada 2017 tidak ada lagi ODGJ yang dipasung di Jatim.

Namun, Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Gresik akan terus berjuang menuntaskan perkara pasung. Di sisa tahun ini, mereka menargetkan bisa melepaskan empat ODGJ yang dipasung. Minggu lalu sebetulnya satu kasus pasung di Mengare akan dilepas. Namun, pihak keluarga belum rela. Mereka masih khawatir.



Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Pemkab Gresik dr Ummi Khoiroh mengatakan, kondisi ODGJ di Mengare tersebut sebetulnya sudah sangat bagus. Kebersihannya pun terjaga. Jika dirujuk ke rumah sakit, dia yakin hanya butuh waktu sebulan untuk pengobatan lanjutan. ’’Tapi, keluarga tidak berkenan,’’ jelasnya.

Karena permintaan keluarga, lanjut Ummi, pihaknya menugaskan petugas jiwa puskesmas untuk mengontrol pengobatan secara intens. Baik oral maupun suntik. ’’Dari sana sebulan atau dua bulan lagi keluarga baru mau dirujuk,’’ kata dokter lulusan Universitas Airlangga itu.

Kasi Kesehatan Jiwa Dinkes Pemkab Gresik Moh. Nukhan menambahkan, hingga kini masih tersisa 12 kasus pasung di Gresik. Jumlah itu sudah bagus. Sebab, pada awal 2019 terdapat 17 kasus pasung. Nah, di sisa tahun ini pihaknya berencana melepas empat kasus pasung lagi. Di antaranya, pasung di Balongpanggang, Duduksampeyan, dan Sangkapura.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Surabaya Terlarang untuk Pedagang Baju Bekas Impor  - Gudang Berita Viral Surabaya Terlarang untuk Pedagang Baju Bekas Impor
Senin, 23 Sep 2019, 05:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Ini Kunci Kesuksesan Comeback Arsenal  - Gudang Berita Viral Ini Kunci Kesuksesan Comeback Arsenal
Senin, 23 Sep 2019, 05:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Benzema Bawa Real Madrid Menang atas Sevilla  - Gudang Berita Viral Benzema Bawa Real Madrid Menang atas Sevilla
Senin, 23 Sep 2019, 05:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print