Kamis, 14 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Kamis, 31 Okt 2019, 10:00:09 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : News
Sidang Perdana, Jaksa Bakal Beberkan TPPU Tubagus Chaery Wardana - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal membeberkan praktik tindak pidana pencucian uang (TPPU) Rp 500 miliar tehadap Tubagus Chaery Wardhana alias Wawan. Tak hanya pencucian uang, Wawan yang merupakan suami dari Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany juga akan didakwa dalam kasus korupsi.

“Kami akan uraikan proyek-proyek yang diduga dikorupsi oleh TCW ini. Bagaimana pola serta cara-cara pencucian uangnya, karena prinsip dasarnya hasilnya digunakan untuk berbagai hal seperti membeli rumah, tanah, kendaraan, dan benda-benda lain,” kata juru bicara KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Rabu (30/10) malam.



Kendati demikian, mantan peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) ini enggan merinci proyek apa saja yang diduga dikorupsi adik eks Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah. Diduga uang tersebut di sembunyikan melalui praktik pencucian uang.

Soal kemungkinan menghadirkan saksi-saksi dari kalangan artis yang sempat diperiksa KPK diawal kasus, kata Febri, dirinya belum mengetahui hal itu. Menurutnya detail daftar saksi untuk Wawan merupakan kewenangan Jaksa.

“Tentu kawan-kawan JPU yang paling paham. Nanti saksi-saksi yang penting untuk pembuktian TPK dan TPPU akan dihadirkan. Apakah dari pihak-pihak yang mengetahui korupsi dan terlibat. Termasuk legalitas asetnya, akan dipanggil lebih lanjut,” ungkapnya.

Selain itu, Febri juga mengingatkan strategi jaksa untuk membuktikan dakwaan terhadap Wawan. Mengingat pengungkapan pencucian uang Wawan butuh waktu yang cukup lama.

“Karena ada strategi dri JPU untuk perkara yang cukup kompleks ini. Kenapa cukup kompleks karena selain ada TPK ada juga TPPU. Kami menyisir lebih dari 1000 kontrak pengadaan di Banten yang diduga saat itu oleh perusahaan TCW, atau perusahaan yang terafiliasi,” tandasnya.

Penyidikan TPPU terhadap Wawan merupakan pengembangan dari kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar yang diduga menerima suap sebesar Rp 1 miliar dari Wawan. Duit itu terkait sidang perkara gugatan Pilkada Lebak di MK pada 2013.

Pada perkara ini, KPK menelusuri aset kekayaan Wawan yang diduga berasal dari tindak pidana korupsi yaitu yang bersumber dari proyek-proyek yang dikerjakan perusahaanya, PT Bali Pacific Pragama (BPP). Suami Wali Kota Tangerang Selatan ini diduga telah mengerjakan sekitar 1.105 kontrak proyek dari pemerintah Provinsi Banten dan beberapa Kabupaten yang ada di Provinsi Banten dengan total nilai kontrak kurang lebih sebesar Rp6 triliun dalam rentang waktu 2006-2013.

Pada saat penyidikan, KPK mendapat fakta uang sebesar Rp 1 miliar yang digunakan Wawan menyuap Akil Mochtar berasal perusahaan yang sama. KPK juga menduga Wawan, melalui PT. BPP dan perusahaan lain yang terafiliasi, telah melakukan cara melawan hukum dan memanfaatkan hubungan kekerabatan dengan pejabat gubernur dan bupati/wali kota yang ada di provinsi Banten untuk mendapatkan kontrak-kontrak tersebut.

Ada tiga perkara yang akan disidangkan yaitu perkara korupsi pengadaan alat kesehatan kedokteran umum Puskesmas Kota Tangerang Selatan TA 2012, perkara korupsi pengadaan sarana dan prasanara kesehatan di Lingkungan Pemprov Banten Tahun 2011-2013, dan perkara tindak pidana pencucian uang.




Sumber: jawapos.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, Sidang Perdana, Jaksa Bakal Beberkan TPPU Tubagus Chaery Wardana

Tag: News



Wuling Tak Mau Tanggung Jawab Terkait Produk Chevrolet di Indonesia - Gudang Berita Viral Wuling Tak Mau Tanggung Jawab Terkait Produk Chevrolet di Indonesia
Kamis, 14 Nov 2019, 08:00:11 WIB, Dibaca : 0 Kali
Kesiapan Papua Menyelenggarakan PON XX/2020 (1) - Gudang Berita Viral Kesiapan Papua Menyelenggarakan PON XX/2020 (1)
Kamis, 14 Nov 2019, 08:00:11 WIB, Dibaca : 0 Kali
Jatah CPNS Jember Hangus, Enam Fraksi Sepakat Ajukan Interpelasi - Gudang Berita Viral Jatah CPNS Jember Hangus, Enam Fraksi Sepakat Ajukan Interpelasi
Kamis, 14 Nov 2019, 08:00:11 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print