Senin, 16 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 09 Sep 2019, 17:00:06 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Setelah Samsung dan Qualcomm, Kini Huawei Ungkap Chipset 5G Terbarunya - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Chipset yang mendukung 5G kian banyak bermunculan. Jika sebelumnya Samsung mengenalkan chipset 5G perdananya kemudian disusul pengumuman Qualcomm dengan Snapdragon seri 600 dan 700 yang akan mendukung 5G terintegrasi, kini Huawei juga demikian. Huawei melalui bisnis chipset-nya, HiSilicon Kirin, mengumumkan chip Kirin 990 yang juga membawa modem 5G terintegrasi.

Dikutip gudangberitaviral.com dari GSMArena, Senin (9/9), chip HiSilicon Kirin 990 resmi diluncurkan. Chip tersebut dirancang pada proses fabrikasi 7nm dan fitur modem 5G terintegrasi di dalamnya. Pengumuman chip HiSilicon Kirin 990 ini tentu menambah euforia dunia teknologi menyambut 5G ke dalam genggaman konsumen yang lebih luas.



Meski masih didesain pada proses 7 nm, namun Huawei mengklaim HiSilicon Kirin 990 memiliki performa andal untuk efisiensi yang lebih baik. Chipset ini menggunakan simpul FinFET Plus EUV 7 nm baru oleh pabrik Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) yang dibuat menggunakan proses yang sama dengan chip A13 Bionic milik Apple.

Spesifikasi chip Huawei HiSilicon Kirin 990. (GSMArena)

Huawei membanggakan banyak hal. Pertama dalam System on Chip (SoC) mobile andalannya ini, perusahaan menjanjikan bahwa Kirin 990-nya merupakan sistem yang paling kuat dan paling ringkas pada sebuah chip saat ini. Kirin 990 diklaim 26 persen lebih kecil dari Qualcomm Snapdragon 855 dan 36 persen lebih kecil dari Samsung Exynos 9820.

Pada saat yang sama, prosesor di dalamnya menggunakan 8 core, 2x big Cortex-A76 pada 2.86 GHz, 2x middle Cortex-A76 pada 2.36 GHz, serta 4x Cortex-A55 pada 1,95 GHz kecil yang seharusnya mengungguli Snapdragon 855 sebesar 10 persen dalam pengujian single core dan 9 persen dalam skenario multi core.

Selain itu, proses 7nm plus EUV juga diklaim memungkinkan Huawei untuk mengoptimalkan efisiensi daya lebih jauh dibandingkan dengan solusi Qualcomm. Kirin 990 menawarkan efisiensi Big-Core 12 persen lebih baik sementara core tengah dan kecil masing-masing mencapai 35 persen dan 15 persen.

Untuk tugas-tugas intensif grafis, GPU Mali-G76 pada Kirin 980 sebelumnya masih hadir pada Kirin 990. Tetapi untuk Kirin 990, GPU ditambah dengan 6 core sehingga memiliki total 16 core. Ini menawarkan cache cerdas untuk game. Dengan cara ini bandwidth GPU ke DDR ditingkatkan sebesar 15 persen sementara konsumsi daya DDR berkurang sebesar 12 persen. Hasil akhirnya adalah kinerja grafis dikatakan 6 persen lebih baik daripada Adreno 640.

Pindah ke bagian AI, Huawei juga mengklaim memiliki beberapa keuntungan besar di sana. Quad-core NPU on board dibangun di atas Da Vinci Architecture yang baru, juga mampu meningkatkan kinerja dan efisiensi pada saat yang bersamaan. Ini menggunakan logika yang sama dengan CPU standar di SoC saat ini. Big-core untuk tugas-tugas yang menuntut AI sedangkan tiny-core untuk tugas yang tak membutuhkan AI intensif.

Huawei mengatakan bahwa NPU sangat kuat sehingga user dapat membuat video real-time berdasarkan Segmentasi multi-instance real-time yang baru. Menariknya, varian 5G akan dilengkapi dengan konfigurasi big core plus tiny core ganda untuk NPU, sementara SoC non-5G akan puas dengan pengaturan big core plus tiny core tunggal.

Selain platform HiAI sendiri, NPU juga dapat bekerja dengan platform Tensorflow Facebook dan Google Android NN. NPU juga telah bekerja dengan ISP untuk kualitas gambar yang lebih baik dan fitur tambahan. Salah satunya adalah video dual-domain dan pengurangan noise foto. Berbicara tentang video, chipset ini diklaim mampu merekam video 8R HDR pada 30 fps.

Untuk membantu pemrosesan dan konsumsi daya, Huawei juga memperkenalkan co-prosesor Kirin A1 baru untuk menangani konektivitas bluetooth, aplikasi berdaya rendah ultra, dan pengodean audio. Ini adalah unit manajemen daya independen.

Diharapkan, chipset HiSilicon Kirin 990 akan memasuki pasar sekitar Oktober dengan generasi baru dari pasangan Huawei Mate 30 dan Mate 30 Pro. Smartphone merek Huawei dan Honor lainnya juga akan mengikuti dalam waktu dekat.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



2.338 Dosen Tolak Revisi UU KPK - Gudang Berita Viral 2.338 Dosen Tolak Revisi UU KPK
Senin, 16 Sep 2019, 11:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
DPR Bacakan Capim KPK Terpilih dan Pansus Pemindahan Ibu Kota - Gudang Berita Viral DPR Bacakan Capim KPK Terpilih dan Pansus Pemindahan Ibu Kota
Senin, 16 Sep 2019, 11:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
KPK Lantik Sekjen dan Direktur Penuntutan Baru - Gudang Berita Viral KPK Lantik Sekjen dan Direktur Penuntutan Baru
Senin, 16 Sep 2019, 11:00:07 WIB, Dibaca : 1 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print