Rabu, 21 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 07 Agu 2019, 18:00:07 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : News
Serbasalah Melintasi Bundaran Unesa - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Seminggu terakhir, pengendara yang melintasi kawasan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Lidah Wetan harus menambah kesabaran. Pasalnya, kepadatan di jalan itu juga bertambah. Terutama saat sore dan jam-jam sibuk. Pemicunya, pemasangan pipa proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan, Pasuruan, di Jalan CitraRaya Unesa.

Proyek yang sedang dikerjakan PT PGN Solution itu membuat Jalan CitraRaya Unesa yang awalnya empat lajur menjadi dua lajur untuk dua arah. Ditambah volume kendaraan yang banyak, antrean panjang pun tak terelakkan.



Kendaraan tersebut mengular sampai Jalan Mayjen Yono Soewoyo, danau Unesa, dan Jalan Emerald Mansion CitraLand Adanya bundaran putar balik di depan National Hospital juga membikin kendaraan terkunci.

Pengendara serbasalah. ”Kalau sedang padat-padatnya, di sana sudah ada antrean. Apalagi adanya proyek penanaman pipa itu,” kata Kapolsek Wiyung Kompol M. Rasyad kemarin.

Penumpukan kendaraan tersebut bakal memuncak saat Jalan CitraRaya Unesa dibuka tutup lantaran adanya aktivitas bongkar muat proyek. Pengendara yang melewati jalan yang tinggal dua jalur itu harus bergantian. Jika itu terjadi, kendaraan dari Yono Soewoyo, Wiyung, dan CitraLand berhenti. Bahkan, sampai 10 menit tidak bisa bergerak. Antrean pun bertambah panjang. Itu kerap terjadi pada sore menjelang magrib. ”Karena itu, kami melakukan rekayasa lalu lintas mulai sore ini (kemarin, Red). Harapannya, antrean bisa sedikit berkurang,” sambung Rasyad.

SALING SEROBOT: Pengendara dari Jalan Wiyung dan Jalan Mayjen Yono Soewoyo
saling berebut melintas.

SPAM Umbulan, Pasuruan, dikerjakan PT PGN Solution. Proyek strategis nasional yang melintasi Jalan CitraRaya Unesa hingga Alas Malang itu ditargetkan rampung pada Oktober. Menelan investasi sampai Rp 2,05 triliun, cepat atau lambatnya pengerjaan proyek tersebut bergantung pada situasi di lapangan, baik cuaca maupun lalu lintas.

Pengerjaan proyek itu nanti melewati TL CitraLand dan mengikuti jalan hingga Patung Singa sampai ke Jalan Alas Malang.

Waspada Kecelakaan saat Putar Balik di Danau Unesa

Imbas antrean kendaraan di Jalan CitraRaya sampai Jalan Yono Soewoyo memaksa Polsek Wiyung melakukan rekayasa lalu lintas (lalin). Kepadatan akibat pengerjaan penanaman pipa proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan, Pasuruan, itu memang bikin pengendara senewen. Jalan yang sudah padat saat jam-jam sibuk meski tanpa adanya proyek tersebut kini bertambah penuh.

Untuk itu, rekayasa lalin dilakukan di bundaran U-turn akses ke Jalan CitraRaya Unesa. Titik putar balik dari arah CitraLand dan Yono Soewoyo itu ditutup. ”Mulai sore ini (kemarin, Red), bundaran itu ditutup,” ucap Kapolsek Wiyung Kompol M. Rasyad.

Menurut Rasyad, rekayasa lalin itu dilakukan setelah adanya koordinasi dengan semua pihak terkait. Sebab, saat prime time, kerap terjadi kemacetan. U-turn itu merupakan tempat bertemunya kendaraan dari tiga arah. Yakni, dari arah CitraLand, Yono Soewoyo, dan Wiyung. Pada jam-jam tertentu, kawasan tersebut kerap macet. Apalagi, saat ini di Jalan CitraRaya terjadi penyempitan jalan sekitar 5 meter. Yang awalnya empat lajur menjadi dua lajur. Akibatnya, kendaraan dari timur dan barat harus berbagi lajur. Di sana juga sering dilakukan buka tutup akibat aktivitas proyek.

Karena itu, salah satu cara yang digunakan untuk sementara adalah menutup U-turn depan Jalan CitraRaya. Dengan rekayasa tersebut, pengendara dari arah CitraLand yang hendak ke Wiyung harus putar balik di depan Graha Fairground. Sementara itu, pengguna jalan yang dari Yono Soewoyo atau Pakuwon ke CitraLand harus putar balik di depan danau Unesa.

Dengan rekayasa itu, kendaraan dari Wiyung ke Pakuwon bisa mulus melaju. Termasuk yang dari Pakuwon ke CitraLand tidak perlu menunggu giliran untuk putar balik. Sebab, tidak ada crossing kendaraan di tempat tersebut. ”Ini jadi solusi sementara,” terang polisi berpangkat satu melati di pundaknya itu.

Dia menambahkan, untuk kendaraan yang dari Lontar dan melewati traffic light CitraLand (SPBU), pihaknya mengimbau tetap lurus menuju ke selatan. Melalui Jalan Lontar ke Lidah Kulon. Hal itu akan mengurangi kepadatan kendaraan di Jalan CitraRaya Unesa.

Dampak dari upaya tersebut memang langsung terasa. Namun tak dimungkiri, sedikit rawan terjadi kecelakaan. Sebab, kendaraan yang dari Pakuwon hendak ke CitraLand dan putar balik di danau Unesa terkadang tanpa disadari langsung mengambil lajur kiri. Itu rawan menimbulkan kecelakaan jika ada kendaraan kencang dari arah Wiyung.

Dari pantauan kemarin sore, kemacetan yang sebelumnya terpusat di titik itu sudah berkurang. Memang masih ada antrean dari arah Yono Soewoyo, termasuk kendaraan yang menuju ke CitraRaya. Tetapi, antrean tersebut masih dalam batas wajar.

Seorang pengendara Jordi menuturkan, sebelum bundaran ditutup, laju kendaraannya harus terhenti selama 15 menit di pertigaan sebelum masuk Jalan CitraRaya. ”Arah masuk ke CitraLand juga macet. Soalnya, kendaraan dari traffic light Wiyung mengunci, tidak bisa bergerak,” katanya.

Panitlantas Polsek Wiyung Iptu Ishak Jusuf mengatakan, penutupan kemarin untuk sementara menggunakan mobil patroli. Pihaknya masih menunggu water barrier untuk memblokade jalan. Namun, masih ada beberapa kendaraan yang nekat menerobos. Padahal, dia berada di sana untuk mengatur lalin. ”Tapi, ini sudah lumayan,” ucapnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 The Fed Berpotensi Tak Turunkan Suku Bunga Lagi  - Gudang Berita Viral The Fed Berpotensi Tak Turunkan Suku Bunga Lagi
Rabu, 21 Agu 2019, 01:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Pemerintah Akan Bentuk Tim Lintas Kementerian  - Gudang Berita Viral Pemerintah Akan Bentuk Tim Lintas Kementerian
Rabu, 21 Agu 2019, 01:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Akhirnya Persija Menang Lagi  - Gudang Berita Viral Akhirnya Persija Menang Lagi
Rabu, 21 Agu 2019, 01:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print