Senin, 19 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 12 Agu 2019, 16:00:08 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Serangan Tomcat di Samarinda Meluas, Incar Rumah Dekat Rawa - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Serangan serangga jenis tomcat seperti tidak terbendung. Usai merambah blok BM dan BH di perumahan elite Pondok Surya Indah, Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), kini giliran blok BL ditemukan serangga berbahaya tersebut.

Penemuan sendiri terjadi saat warga hendak mengambil dan menjemur pakaian dari mesin cuci. Serangga tersebut jatuh ke lantai dan membuat pemilik rumah kaget bukan kepalang.



Beruntung, warga paham, sehingga tidak langsung menginjak atau mematikan dengan bersentuhan secara langsung dengan kulit.

Dari pantauan, rata-rata rumah warga yang dimasuki tomcat berdiri di pinggir rawa yang mulai kering akibat kemarau. Hal ini diduga sebagai pemicu, serangga tomcat masuk ke permukiman dan bersentuhan langsung dengan penghuninya.

Mengatasi hal itu, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Samarinda langsung menerjunkan anggotanya untuk melakukan pengecekan, pada  Jumat (9/8) sekitar pukul 10.30 Wita. Salah satu rumah yang dituju adalah milik Nanik Herlina, 29, di Blok BH3.

Dari penuturan ibu dua anak ini, penampakan tomcat sudah terjadi sejak Rabu (7/8) lalu. Saat itu, ia menemukan seekor di bagian tengah dan dua ekor lagi di bagian dapur rumahnya.

Selang sehari kemudian, dirinya mendapati dua ekor lagi di dapur, saat hendak menjemur pakaian dari dalam mesin cuci.

“Tiga ekor pertama itu saya pukul dan mati. Saya buang ke bak sampah. Nah, yang dua itu saya semprot pakai pembunuh serangga. Tapi hanya satu yang mati, dan saya masukkan ke plastik klip itu,” kata Nanik, dikutip dari Samarinda Pos (Jawa Pos Group), Senin (12/8).

Saat berkonsultasi dengan suaminya, Nanik menduga, serangga yang dipastikan tomcat itu masuk dari celah papan dapur yang bolong, di mana terdapat rawa di belakangnya. Agar tomcat tidak masuk lagi, papan itu ditambal.

Alhamdulillah, Sabtu kemarin aman aja. Tidak ada ditemukan tomcat lagi. Saya curiganya ya di belakang rawa rumah saya ini,” ungkap Nanik.

Meski tidak menemukan tomcat. Nanik tetap khawatir jika sewaktu-waktu, binatang itu masuk kembali. Terlebih ia memiliki dua anak yang masih kecil.

“Bagaimana cara mengatasinya ya. Takut saya,” ucap Nanik, kepada petugas Damkar yang bertandang ke rumahnya.

Mendapat pertanyaan itu, Ichwab Wahyudin yang membidangi Evakuasi Penyelamatan Hak Sipil Damkar Samarinda menegaskan, untuk penanganan, pihaknya akan meminta petunjuk dan teknis dari Dinas Pertanian. Sebab, tomcat adalah hewan di persawahan. Ia juga akan menanyakan obat-obatan apa yang cocok untuk penanganan serangga ini.

“Kami siap saja untuk melakukan aksi, namun kami menunggu dari petunjuk Dinas Pertanian, karena kami tidak punya obat apa yang tepat untuk mengatasi serangga itu,” kata Ichwan.

Selain itu, pihaknya akan berkoordinasi pula dengan Dinas Kesehatan untuk dampak yang telah ditimbulkan dari serangga ini. Sebab, seperti diketahui, salah seorang warga Budianto, 49, warga Blok BM menjadi korban pertama, serangan tomcat di perumahan elite tersebut.

“Sambil kami tunggu langkah terbaik apa yang harus dilakukan, kami mengimbau warga untuk tidak bersentuhan langsung dengan tomcat. Cukup di sapu atau disingkirkan dengan alat yang mudah didapat. Sebab, bahaya tomcat bukan pada gigitannya. Melainkan cairan yang ada ditubuhnya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Samarinda Rustam juga menegaskan, keberadaan tomcat di perumahan tersebut benar adanya. Pihaknya pun telah mendatangi dan bertemu langsung dengan warga.

“Langkah awal kami tetap mengimbau warga untuk menjaga kebersihan lingkungan. Sebab, sebagaimana kita ketahui, tomcat ini senang dengan daerah lembab. Untuk itu, selalu waspada,” singkat Rustam.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Chelsea Imbang Lawan Leicester City  - Gudang Berita Viral Chelsea Imbang Lawan Leicester City
Senin, 19 Agu 2019, 02:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Soal Adu Mulut dengan Aguero, Ini Kata Guardiola  - Gudang Berita Viral Soal Adu Mulut dengan Aguero, Ini Kata Guardiola
Senin, 19 Agu 2019, 02:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Penyerang Aiptu Agus Terpapar Radikal di Internet  - Gudang Berita Viral Penyerang Aiptu Agus Terpapar Radikal di Internet
Senin, 19 Agu 2019, 02:00:02 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print