Selasa, 24 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Kamis, 05 Sep 2019, 17:00:11 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Serahkan 19 Ribu Hektare Tanah, Jokowi Pesan ‘Jangan Dianggurkan’ - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan tanah kepada masyarakat Kalimantan seluas 19.499,75 hektare (Ha) untuk 760 penerima dan 3.223 Kepala Keluarga (KK). Acara serah terima sertifikat tanah berlangsung di Taman Hutan Digulis, Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar).

“Ini adalah proses kita untuk mendistribusi lahan dan memberikan kepastian hukum. Ini bukan hanya untuk yang memiliki lahan gede-gede. Tapi, untuk rakyat yang memiliki lahan kecil-kecil juga kita berikan. Nanti lahannya juga harus produktif, jangan dianggurkan,” ujar Presiden Jokowi, Kamis (5/9).



Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution melaporkan, pasca penyerahan SK TORA dari Presiden Jokowi, pemerintah akan segera menerbitkan sertifikat hak milik tanah. Paling lambat akan dilakukan dalam waktu tiga bulan oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Khusus untuk lahan garapan, sawah, dan tambak, pemberian sertifikat akan diikuti dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis klaster. Darmin meminta pemerintah daerah setempat ikut mendukung sistem klaster ini.

“Dengan sistem klaster, lahan dikelola secara berkelompok dengan satu jenis komoditas unggulan tertentu, diberi bantuan pendampingan, jaminan off-taker, bantuan modal usaha, dan infrastruktur yang dibutuhkan. Kita berharap usaha tani tersebut akan lebih menguntungkan,” terangnya.

Darmin menuturkan, pemerintah terus berupaya menata ketimpangan struktur pemilikan tanah dan penguasaan tanah yang berkeadilan, serta menyelesaikan konflik agraria untuk kesejahteraan masyarakat. Upaya tersebut dilakukan dengan adanya Reforma Agraria melalui PPTKH dan pencadangan Hutan Produksi Konversi (HPK) Tidak Produktif sebagai sumber TORA dari kawasan hutan.

Ia pun menjelaskan, sampai saat ini Pemerintah telah menyelesaikan penyediaan TORA dari kawasan hutan seluas lebih kurang 2,6 juta Ha. Angka tersebut adalah 63 persen dari target yang yang telah dicanangkan seluas 4,1 juta Ha.

Guna memberikan kepastian hukum dan proses penerbitan sertifikat tanah, TORA dari kawasan hutan tersebut saat ini dalam proses pengukuran tata-batas oleh Kementerian LHK. Selanjutnya akan diberikan sertifikat oleh Kementerian ATR/BPN. Hasil tata batas akan dituangkan dalam bentuk SK Menteri LHK tentang Pelepasan Kawasan Hutan Melalui Perubahan Batas Untuk Sumber TORA.

Rincian Hasil Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA) yang bersumber dari Kawasan Hutan dan Hutan Adat untuk Wilayah Kalimantan tersebut, sebagai berikut:
a. 1 Surat Keputusan (SK) TORA Penyelesaian Penguasaan Tanah dalam Kawasan Hutan (PPTKH) di satu kabupaten, Kalimantan Barat seluas 410,61 Ha, 510 penerima. Penerima tersebut tidak hanya perorangan, tetapi juga Pemerintah Desa, khususnya untuk lahan permukiman fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos).
b. 6 SK TORA PPTKH di enam kabupaten, Kalimantan Selatan seluas 2.034,16 Ha, 200 penerima.
c. 2 SK TORA PPTKH di dua kabupaten, Kalimantan Tengah seluas 14.940,51 Ha, 50 penerima.
d. 1 SK TORA di satu kabupaten, Kalimantan Timur, dari Addendum PT Acacia Andalan Utama seluas 469,47 Ha, 176 KK.
e. 5 SK Hutan Adat di dua kabupaten, Kalimantan Barat, seluas 1.645 Ha, 3.047 KK.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Tara Basro dan Chicco Jerikho Didapuk Jadi Duta FFI 2019 - Gudang Berita Viral Tara Basro dan Chicco Jerikho Didapuk Jadi Duta FFI 2019
Selasa, 24 Sep 2019, 01:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
Demi Penegakan Martabat, Mayoritas Senator Sepakati Tatib Baru DPD - Gudang Berita Viral Demi Penegakan Martabat, Mayoritas Senator Sepakati Tatib Baru DPD
Selasa, 24 Sep 2019, 01:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
Jalin Kerjasama dengan GMF, Citilink Buka Anak Usaha Baru - Gudang Berita Viral Jalin Kerjasama dengan GMF, Citilink Buka Anak Usaha Baru
Selasa, 24 Sep 2019, 01:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print