Kamis, 22 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 07 Agu 2019, 15:00:07 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Sepeda Motor dan Kendaraan Listrik Tak Terkena Perluasan Ganjil Genap - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo memastikan perluasan ganjil genap (gage) tidak akan diberlakukan untuk sepeda motor dan kendaraan listrik. Keberadaan sepeda motor disebut tidak terlalu signifikan terhadap terciptanya kepadatan lalu lintas.

Meski begitu, Syafrin tidak memungkiri angka kenaikan jumlah sepeda motor di jalanan ibu kota cukup tinggi. Bahkan, di area gage sepeda motor yang melintas terbilang banyak.



“Tapi, setelah kami analisis mendalam bahwa pola kendaraan bermotor pada koridor ganjil genap, tidak berpengaruh besar terhadap peningkatan kinerja lalu lintas,” kata Syafrin di Balai Kota Jakarta, Rabu (7/8).

Syafrin menjelaskan, banyaknya sepeda motor di Jakarta bukan masalah utama penyumbang kemacetan. Namun, etika berkendara pengemudi roda dua yang kurang tertib, kerap menimbulkan kepadatan di titik tertentu.

“Memang pada saat tertentu terjadi perlambatan pergerakan kendaraan. Itu karena sepeda motor tadi kurang tertib menggunakan lajur,” jelasnya.

Untuk itu, Dishub berencana menganalisasi posisi sepeda motor di jalan raya. Dengan demikian, ketertiban berkendara bisa semakin baik. Selain itu aspek keamanan pengendara roda dua juga bisa ditingkatkan.

“Sepeda motor akan kami arahkan menggunakan lajur sebelah kiri. Sehingga aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan pengguna sepeda motor itu bisa kami jamin. Ini kami bersama kepolisian akan mendorong hal ini,” pungkas Syafrin.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta bersama Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya (Ditlantas) memutuskan melakukan perluasan ganjil genap (gage) terhadap 16 ruas jalan di ibu kota yang dibagi dalam 4 koridor. Total ruas jalan yang dikenakan aturan gage adalah 25, sebelumnya sudah ada 9 ruas jalan yang diterapkan. Hal ini seiring dengan diterbitkannya Intruksi Gubernur (Ingub) Nomor 66 Tahun 2019 tentang pengendalian kualitas udara di Jakarta.

Perluasan gage ini meliputi Jalan Pintu Besar Selatan, Jalan Gajah Mada, Jalan Hayam Wuruk, Jalan Majapahit, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Panglima Polim, Jalan Fatmawati (mulai simpang Jalan Ketimun 1 sampai dengan simpang Jalan TB Simatupang).

Selanjutnya Jalan Suryopranoto, Jalan Balikpapan, Jalan Kiai Caringin, Jalan Tomang Raya, Jalan Pramuka, Jalan Salemba Raya, Jalan Kramat Raya, Jalan Senen Raya, dan Jalan Gunung Sahari (sampai simpang Jalan RE Martadinata).

Sementara itu, untuk waktu pelaksanaan tetap diberlakukan 2 waktu. Yakni pagi pukul 06.00 WIB-10.00 WIB. Sedangkan untuk yang sore ditambah durasinya dari pukul 16.00 WIB-21.00 WIB. Lebih lama 1 jam dari sebelumnya.

Pemprov juga menghapus kebijakan pengecualian terhadap on off ramp tol. Jika sebelumnya kendaraan dari luar area gage yang hendak masuk jalan tol atau dari jalan tol yang keluar ke jalan arteri gage mendapat pengecualian, kali ini aturan itu tidak berlaku.

Kebijakan perluasan gage ini akan disosialisasikan kepada warga mulai hari ini, Rabu (7/8) sampai 8 September mendatang. Sedangkan untuk uji coba pelaksanaannya mulai 12 Agustus hingga 6 September. Memasuki 9 September sudah diberlakukan penindakan bagi yang melanggar.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Soal Perluasan Wilayah, DPR Usul Bogor Dimerkarkan Jadi Dua - Gudang Berita Viral Soal Perluasan Wilayah, DPR Usul Bogor Dimerkarkan Jadi Dua
Kamis, 22 Agu 2019, 14:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
PUPR Gelontorkan Rp 1,1 Triliun untuk Empat Kawasan Wisata Prioritas - Gudang Berita Viral PUPR Gelontorkan Rp 1,1 Triliun untuk Empat Kawasan Wisata Prioritas
Kamis, 22 Agu 2019, 14:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
LPSK Tegaskan Tak Kibarkan Bendera Putih Hanya Karena Minim Anggaran - Gudang Berita Viral LPSK Tegaskan Tak Kibarkan Bendera Putih Hanya Karena Minim Anggaran
Kamis, 22 Agu 2019, 14:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print