Minggu, 18 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Kamis, 08 Agu 2019, 22:00:08 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Senin Geladi Resik Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam Akila-Azila - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Operasi pemisahan kembar siam dari Kota Kendari, Akila Dewi Syabila dan Azila Dewi Sabrina, yang berusia 17 bulan di RSUD dr Soetomo semakin dekat. Rencananya, operasi itu dilakukan Rabu (14/8). Dua bayi tersebut mengalami dempet dada hingga perut bagian bawah. Berbagai pemeriksaan sudah dilakukan yang meliputi darah, jantung, dan CT scan. Persiapan sudah 90 persen.

Yang kurang adalah persiapan alat. Tenaga medis yang dipersiapkan 70 orang. Yakni, dokter anak, bedah toraks, bedah jantung, bedah plastik, anestesi, radiologi, dan fisioterapi ’’Tim akan dibagi dua. Ada yang menangani Akila, ada yang Azila,’’ kata Ketua Tim Kembar Siam RSUD dr Soetomo dr Agus Harianto SpA(K).



Menurut dia, orang tua bayi, Selvina Dewi dan Jayasrin, sudah mengetahui hal tersebut. ’’Mereka bahagia akhirnya tanggal operasi sudah diputuskan,’’ paparnya. Selanjutnya, pada Senin (12/8) dilakukan geladi resik operasi.

Agus menyatakan, dalam geladi bersih itu akan dilakukan simulasi pembedahan. Masing-masing dokter spesialis menjelaskan kepada orang tua bayi apa yang akan dilakukan. ’’Sehingga diharapkan orang tua bisa menyerahkan dan memercayakan seluruh proses operasi kepada tim,’’ katanya.

Dia menjelaskan, hingga kemarin kondisi kembar siam cukup baik. Tidak mengalami diare maupun sakit paru-paru. Namun, berdasar pemeriksaan, pada Akila ditemukan sekat bilik jantung yang tidak menutup sempurna. Bayi tersebut mengalami ventricular septal defect (VSD). Kebocoran pada jantung itu 3 milimeter. Meskipun kecil, kondisinya sangat berbahaya jika tidak ditangani dengan baik. Namun, hal tersebut tidak menghambat pemisahan.

Berdasar pengalaman Agus, setiap kasus kembar siam memiliki kesulitan tersendiri. Untuk bayi Akila dan Azila, menurut dia, kesulitan ada dalam penutupan bekas bedah. Sebab, bagian yang dempet cukup luas. Mulai dada atas hingga perut bagian bawah. Atau, dalam bahasa medis, dua bayi itu mengalami thoracoabdominophagus. Dua bayi tersebut hanya memiliki satu organ hati. Sementara itu, untuk jantung dan organ lain, masing-masing bayi memilikinya. ’’Kami memperkirakan perlu menambahkan kulit lain. Diambilkan dari mana nanti terserah dokter bedah plastik,’’ kata Agus. Berbagai risiko kemungkinan bisa terjadi. Mulai pendarahan hingga kematian mendadak.

Karena kesulitan yang akan dihadapi tim dokter, persiapan perlu dilakukan. Agus ingin hasil operasi tersebut benar-benar baik. ’’Memang risiko terburuk bisa terjadi. Bisa salah satu tidak selamat, bahkan dua-duanya bisa tidak selamat. Namun, kami akan berusaha sebaik mungkin agar kedua bayi bisa selamat,’’ paparnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Keseruan Running Man saat Hadir Lengkap di Jakarta - Gudang Berita Viral Keseruan Running Man saat Hadir Lengkap di Jakarta
Minggu, 18 Agu 2019, 20:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Ada Jogja dalam Srimenanti - Gudang Berita Viral Ada Jogja dalam Srimenanti
Minggu, 18 Agu 2019, 20:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Juara Akita Masters 2019, Firman Mengatakan Itu Hadiah Bagi Indonesia - Gudang Berita Viral Juara Akita Masters 2019, Firman Mengatakan Itu Hadiah Bagi Indonesia
Minggu, 18 Agu 2019, 20:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print