Rabu, 16 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Kamis, 26 Sep 2019, 19:00:08 WIB, 7 View Tim Redaksi, Kategori : News
Semburan Lumpur Bercampur Minyak dan Gas di Gresik Berhenti - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Semburan lumpur bercampur minyak dan gas (migas) dari sumur di Desa Sekarkurung, Kebomas, akhirnya berhenti. Kini tersisa limpahan minyak mentah di lokasi itu. Cairan tersebut ditampung di empat kolam yang dibuat tim SKK Migas. Volumenya terus bertambah.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pemkab Gresik Mokh. Najikh menyatakan, pihaknya berkonsentrasi pada aspek pengendalian, pencemaran, dan kerusakan lingkungan. ’’Yang jelas, kami ikut senang semburan lumpur dari sumur tua itu telah berhenti,’’ ujarnya kemarin.



Dia mengapresiasi kinerja sejumlah petugas yang menangani semburan lumpur bercampur migas tersebut. Misalnya, tim SKK Migas yang membuat kolam-kolam untuk menampung luberan cairan. Dengan demikian, cairan tersebut tidak meluber ke mana-mana sehingga berpotensi mencemari lingkungan.

Meski sumur tidak lagi menyemburkan lumpur, volume minyak di kolam pusat semburan terus bertambah. Sejak Selasa malam (24/9) hingga pukul pukul 09.00 kemarin, penyedotan terus dilakukan. Kabarnya, 21 kubik cairan telah disedot ke mobil tangki. Selanjutnya, cairan itu ditampung di lapangan migas Lengowangi-2. ’’Diamankan dulu di tempat penampungan. Selanjutnya, kami terus berkoordinasi untuk penanganan lebih lanjut,’’ kata seorang petugas.

Saat mendatangi lokasi semburan, Najikh didampingi Kepala Bidang Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup Baktiar Gunawan Hutabarat serta beberapa staf yang bertugas melakukan observasi. Tampak pula Koordinator Taruna Tanggap Bencana (Tagana) Gresik Abdul Muid. Tim BLH berada di lokasi selama hampir 60 menit.

Bau masih begitu menyengat. Apalagi ketika angin bertiup agak kencang. Meski demikian, Najikh dan Baktiar tidak mengenakan masker. ’’Dari pengukuran, udara di sini berkondisi aman. Tidak ada gas H2S (hidrogen sulfida alias gas beracun),’’ ungkap Najikh.

Dia menjelaskan, cairan dari kolam itu akan terus disedot, kemudian dimasukkan ke mobil tangki berukuran 5 ribu liter. Selanjutnya, cairan itu ditampung sementara di sumur migas Lengowangi-2. Jaraknya hanya sekitar 500 meter dari lokasi semburan. ’’Soal apa isi atau jenis cairannya, itu menjadi kewenangan Pemprov Jatim dan pusat,’’ katanya.

Sebagaimana diberitakan, Kamis lalu (19/9) warga Sekarkurung dikejutkan semburan lumpur yang disertai migas dari sebuah sumur tua peninggalan Belanda. Lokasinya di RT 002, RW 001, di lahan milik Hj Fatimah Azzahrah. Kabarnya, saat awal terjadi, tekanan semburan lumpur begitu kuat. Puluhan ton besi di sekitar sumur tersebut sampai terangkat. Fenomena alam itu juga pernah terjadi pada 1971 dan 1980-an.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Keji, Suami Bakar Istri di Depan Anak - Gudang Berita Viral Keji, Suami Bakar Istri di Depan Anak
Rabu, 16 Okt 2019, 11:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
Dorong Perkebunan Rakyat, PGN Bangun Koperasi Karet di Desa Pagardewa - Gudang Berita Viral Dorong Perkebunan Rakyat, PGN Bangun Koperasi Karet di Desa Pagardewa
Rabu, 16 Okt 2019, 11:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
Para Seleb Korea Buka Suara Soal Kesehatan Mental dan Komentar Jahat - Gudang Berita Viral Para Seleb Korea Buka Suara Soal Kesehatan Mental dan Komentar Jahat
Rabu, 16 Okt 2019, 11:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print