Sabtu, 19 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Minggu, 29 Sep 2019, 23:00:11 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : News
Selundupkan 10 Ton CT, Sopir: Saya Hanya Antar Barang Pindahan, Pak - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Jajaran Satuan Reskrim Polres Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) terus mengembangkan kasus penyelundupan minuman keras (miras) tradisional Cap Tikus (CT) yang berhasil diungkap pada Kamis (26/9) lalu. Di mana saat itu polisi mengamankan 10 ton CT dari sebuah truk bernomor polisi DB 8795 EG asal Manado. Dari hasil penyelidikan sementara, pelaku bernama Teo, 41, mengaku dia merupakan pemain baru dalam bisnis minuman haram ini.

“Pelaku ini pemain baru. Jadi, sementara baru satu pelaku. Tapi, kami masih kembangkan apakah ada pelaku lain atau tidak,” terang Kasat Reskrim Polres Balikpapan, AKP Costa Siahaan dikutip dari Balikpapan Pos (Jawa Pos Group), Minggu (29/9).



Miras CT ini diamankan saat baru diturunkan dari Pelabuhan Feri Kariangau, Balikpapan. “Sementara saat diamankan hanya ada sopirnya saja, jadi perlu pendalaman,” tegasnya.

Diketahui, ada sekitar 225 karung miras CT dengan total 10 ton di atas truk tersebut. Saat ini, barang-barang haram tersebut masih diamankan di Mapolres Balikpapan sebagai barang bukti. Seorang pelakunya turut diamankan.

Pengungkapan miras CT ini sendiri setelah adanya laporan dari masyarakat. Miras asal Manado ini diangkut menggunakan truk warna hijau bernomor polisi DB 8795 EG, dengan menggunakan jalur laut dan darat.

Miras tersebut diangkut dari Manado, kemudian menyeberang melewati Pelabuhan Feri Palu dengan tujuan Pelabuhan Feri Kariangau, Balikpapan. Truk ekspedisi yang dikemudikan Teo warga Manado ini, langsung dihentikan petugas ketika akan keluar dari kapal.

Teo sempat kaget saat kendaraannya dihentikan dan berusaha mengelak terkait barang haram yang diangkutnya. “Saya hanya bertugas sopir saja, pak. Ini antar barang pindahan,” kilah Teo saat diinterogasi petugas.

Setelah truk dikeluarkan dari dalam kapal feri dan dilakukan pemeriksaan, petugas mendapati ratusan karung miras CT yang ditata di bagian dasar bak truk, di atasnya ditumpuk perabotan rumah tangga. Guna mengelabui petugas, pelaku sengaja menumpuk barang-barang perabotan rumah tangga di atas miras.

Jadi, seolah-olah truk ini disewa untuk mengangkut barang pindah rumah. Akibat perbuatannya polisi menjerat pelaku dengan Pasal 204 Ayat (1) KUHP dan Pasal 135 junto Pasal 71 Ayat (2) Undang-undang RI Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Menlu Retno Marsudi: Kita Bisa Berdiri Tegak dan Bermartabat - Gudang Berita Viral Menlu Retno Marsudi: Kita Bisa Berdiri Tegak dan Bermartabat
Sabtu, 19 Okt 2019, 17:00:10 WIB, Dibaca : 0 Kali
Pakai MediaTek, Xiaomi Pede Redmi Note 8 Pro Tetap Diminati - Gudang Berita Viral Pakai MediaTek, Xiaomi Pede Redmi Note 8 Pro Tetap Diminati
Sabtu, 19 Okt 2019, 17:00:10 WIB, Dibaca : 0 Kali
Pasar Berharap Tim Ekonomi Jokowi Diisi Orang-orang Usia 41-50 Tahun - Gudang Berita Viral Pasar Berharap Tim Ekonomi Jokowi Diisi Orang-orang Usia 41-50 Tahun
Sabtu, 19 Okt 2019, 17:00:10 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print