Minggu, 22 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Sabtu, 07 Sep 2019, 06:00:11 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Selama Agustus 673 Kali Indonesia Diguncang Gempa, Ini Sebabnya - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat selama Agustus 2019 Indonesia diguncang gempa sebanyak 673 kali. Bahkan tiga gempa di antaranya menyebabkan kerusakan parah di sejumlah wilayah.

“Selama bulan Agustus 2019 di wilayah Indonesia terjadi gempa sebanyak 673 kali, 3 gempa di antaranya merusak. Gempa bumi dengan magnitudo signifikan di atas 5,0 (M > 5,0) terjadi sebanyak 22 kali. Sedangkan gempa bumi yang guncangannya dirasakan terjadi sebanyak 56 kali,” demikian cuitan BMKG melalui akun Twitter @infoBMKG, dikutip gudangberitaviral.com, Jumat (6/9).



Pelaksana tugas (Plt) Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Agus Wibowo menyampaikan, Indonesia berada di pertemuan empat lempeng benua Indo-Australia, Eurasia, Pasifik, dan Filipina yang selalu bergerak. Hal ini menyebabkan sering terjadinya gempa bumi.

“Jadi, wajar kalau sering ada gempa, yang lebih penting kita harus sadar tinggal di daerah rawan gempa dan harus menyesuaikan serta selalu siap siaga menghadapi gempa yang sewaktu-waktu ada. Siap untuk selamat!” kata Agus kepada gudangberitaviral.com, Jumat (6/9).

Untuk mengantisipasi jatuhnya korban jiwa akibat gempa, kata Agus, masyarakat harus sadar tinggal di zona rawan gempa. Masyarakat diminta untuk paham dan mengambil langkah mitigasi misalnya membangun rumah tahan gempa, latihan evakuasi, hingga membuat jalur evakusi.

“Jadi, harus selalu siap siaga menghadapi gempa,” pungkasnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Bir Pletok - Gudang Berita Viral Bir Pletok
Minggu, 22 Sep 2019, 20:00:13 WIB, Dibaca : 0 Kali
Jangan Asal Pijat, Kenali Seberapa Perlu Baby Spa dan Tahapannya - Gudang Berita Viral Jangan Asal Pijat, Kenali Seberapa Perlu Baby Spa dan Tahapannya
Minggu, 22 Sep 2019, 20:00:13 WIB, Dibaca : 0 Kali
Cerita Heroik Petugas yang Padamkan Karhutla Kalteng - Gudang Berita Viral Cerita Heroik Petugas yang Padamkan Karhutla Kalteng
Minggu, 22 Sep 2019, 20:00:13 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print