Selasa, 20 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Jumat, 02 Agu 2019, 17:00:07 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : News
Sebelum Agung Hercules, 4 Tokoh Ini Juga Wafat Karena Kanker di 2019 - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Penyakit kanker tak mengenal usia, gaya hidup, maupun status sosial. Siapa saja bisa terserang penyakit mematikan ini. Semakin dini deteksi kanker dilakukan, maka akan semakin tinggi prognosis atau peluang kesembuhan pasien. Sayangnya, pasien di Indonesia dinilai masih rendah dalam melakukan deteksi dini penyakit kanker.

Sedikitnya, ada lima nama tenar Tanah Air yang meninggal dunia dalam jeda waktu yang cukup berdekatan karena penyakit kanker di tahun ini. Diawali dari Ustad Arifin Ilham, Ani Yudhoyono, Sutopo Purwo Nugroho, Arswendo Atmowiloto, dan baru saja adalah Agung Hercules. Semuanya sudah berjuang melawan penyakit kanker dengan menjalani berbagai rangkaian pengobatan.



1. Ustad Arifin Ilham
Penceramah Ustad Arifin Ilham tutup usia pada 22 Mei 2019 di Penang, Malaysia saat tengah menjalani tahapan pengobatan atas kanker getah bening yang dideritanya. Almarhum sempat bolak balik dirawat di Penang dalam setahun terakhir sebelum maut menjemputnya.

Sang dai kondang itu berjuang melawan penyakit kanker getah bening stadium IV yang dideritanya. Almarhum selanjutnya dikebumikan di daerah Bogor, Jawa Barat. Kanker getah bening adalah jenis kanker ganas yang menyerang sistem limfatik maka sering disebut dengan limfoma. Sistem limfatik merupakan satu bagian penting dari sistem pertahanan tubuh yang memiliki tugas penting dalam membentuk barisan pertahanan guna melawan keberadaan infeksi maupun kanker.

2. Ani Yudhoyono
Istri mantan presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono ini meninggal dunia pada 1 Juni karena penyakit leukemia alias kanker darah. Almarhumah melawan penyakit ini selama 4 bulan di Singapura sejak 2 Februari 2019.

Sang flamboyan selanjutnya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta.

3. Sutopo Purwo Nugroho
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho juga termasuk sosok yang meninggal dunia akibat kanker. Sutopo berpulang ke pangkuan Sang Maha Kuasa akibat kanker paru-paru yang diidapnya.

Sutopo menghembuskan napas terakhirnya di Guangzhou, China, pada Minggu 7 Juli 2019 setelah tak mampu lagi berjuang melawan kanker paru stadium 4B yang sudah ia idap selama hampir 2 tahun. Jenazahnya disemayamkan di rumahnya di Depok, Jawa Barat dan dimakamkan di Boyolali, Jawa Tengah.

Sutopo juga merupakan salah satu contoh orang sehat yang terkena kanker paru-paru. Pasalnya, Sutopo dikenal sebagai orang yang tidak merokok.

4. Arswendo Atmowiloto
Sastrawan dan budayawan yang juga mantan wartawan Kompas ini meninggal dunia di usia 70 tahun karena kanker prostat. Arswendo meninggal dunia hari Jumat 19 Juli pukul 17.50 di rumahnya, di Kompleks Kompas Jalan Damai, Pesanggrahan, Jakarta.

Jenazah pria bernama lengkap Paulus Arswendo Atmowiloto itu dimakamkan di Sandiego Hill, Karawang, Jawa Barat.

5. Agung Hercules
Komedian Agung Hercules adalah nama terakhir yang meninggal karena kanker. Agung meninggal dunia di RS Dharmais, Kamis 1 Agustus akibat kanker otak glioblastoma stadium 4 yang dideritanya. Terbaring sakit selama setahun terakhir, Agung sempat menjalani pengobatan di RSUD Kota Tangerang.  Agung selanjutnya dikebumikan di daerah Parakan Saat, Antapani, Bandung, Jawa Barat.

Dari sisi medis, glioblastoma adalah salah satu jenis kanker yang paling ganas. Kanker ini terbentuk dari sel di otak dan dimulai di bagian otak terbesar pada orang dewasa. Kanker ini lebih cenderung menyerang laki-laki daripada perempuan.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



PDIP Baru Putuskan Ketua DPRD Surabaya pada Akhir Bulan - Gudang Berita Viral PDIP Baru Putuskan Ketua DPRD Surabaya pada Akhir Bulan
Selasa, 20 Agu 2019, 21:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Situasi Papua Mulai Kondusif, Polri Tetap Tambah Personel Pengamanan - Gudang Berita Viral Situasi Papua Mulai Kondusif, Polri Tetap Tambah Personel Pengamanan
Selasa, 20 Agu 2019, 21:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Begini Kronologi OTT Jaksa Terkait Suap Proyek Dinas PU Jogjakarta - Gudang Berita Viral Begini Kronologi OTT Jaksa Terkait Suap Proyek Dinas PU Jogjakarta
Selasa, 20 Agu 2019, 21:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print