Kamis, 19 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 09 Sep 2019, 23:00:11 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
SBY: Politik Kita Harus Guyub dan Teduh - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan beberapa poin soal kondisi bangsa Indonesia. Itu dituturkannya dalam acara Malam Kontemplasi di kediamannya Puri Cikeas, Jawa Barat, Senin (9/9) malam.

SBY mengatakan, salah satu yang menjadi poin penting saat ini adalah soal rasa persaudaraan. Menurutnya, tahun-tahun terakhir ini kasih sayang dan rasa persaudaraan ini antar masyarakat telah melemah, sementara kebencian, jarak dan permusuhan di antara komponen bangsa yang berbeda identias terus saja menguat.



‎”Sudah lampu kuning. Ini sebuah fenomena dan arus buruk yang membahayakan masyarakat dan bangsa kita,” ujar SBY.

Presiden Indonesia ke-6 ini menambahkan, ‎semua pihak harus mengambil tanggung jawab untuk menghentikan dan membalikkan fenomena dan arus yang salah ini. “Sehingga untuk selanjutnya kembali ke arah yang benar,” katanya.

Kemudian, lanjut SBY, soal yang berkaitan dengan kehidupan ekonomi para pendiri republik Indonesia telah menggariskan sebuah cita-cita besar untuk membangun masyarakat dan bangsa yang adil dan makmur.

“Nilai dan perilaku kehidupan penting yang mesti kita anut adalah marilah kita berikhtiar seraya bergandengan tangan, agar bisa makmur bersama-sama,” ungkapnya.

Menurutnya, ‎apabila semua makmur, sejahtera. Maka rasa keadilan akan datang dan bersemi di negeri ini. Realistiknya adalah yang miskin makin berkurang, dan ketimpangan sosial ekonomi tidak semakin menganga.

“Jadi yang kaya mesti ingat yang miskin, yang kuat mesti ingat yang lemah,” tuturnya.

‎Selanjutnya, di kehidupan politik, ada yang harus dijaga secara bersama. Esensinya, ke depan, politik Indonesia harus makin menjadi baik bagi bangsa yang majemuk ini, yang juga menganut sistem demokrasi multi partai.

“Politik kita harus guyub, makin inklusif, dan makin teduh. Demokrasi tak harus selalu diwarnai dan diselesaikan dengan one person one vote, tapi juga ada semangat yang lain,” katanya.

SBY juga menjelaskan soal kompromi dan konsensus yang adil dan membangun bukanlah jalan dan cara yang buruk. Prinsip yang menang mendapatkan semuanya, seringkali tidak cocok dengan semangat kekeluargaan dan keterwakilan bagi masyarakat dan bangsa yang majemuk.

“Jadi nilai-nilai dan perilaku kehidupan seperti itulah, yang menurut pandangan dan pendapatnya mesti dibangun dan dimekarkan di negeri ini. Jika dilakukan, maka akan benar-benar bisa menghadirkan ‎masyarakat yang baik. Ekonomi yang baik dan politik yang baik,” tuturnya.

Lebih lanjut, dalam pidatonya, SBY juga menginginkan supaya Indonesia menjadi lebih baik dari sebelumnya. Indonesia bisa menjadi lebih makmur. Maka hal itu bukanlah pekerjaan sekali jadi, apalagi instan. Diperlukan waktu yang panjang, serta ihtiar dan kerja besar yang mesti dilakukan secara terus menerus.

“Tak ada perjalanan dan pembangunan bangsa yang bebas dari rintangan, termasuk dinamika dan pasang surutnya,” katanya.

Karenanya, SBY berpesan semua pihak harus bersabar, tak putus asa dan lekas menyerah. Namun, semua pihak juga harus gigih, dan bekerja sekuat tenaga, agar Indonesia semakin maju dan berjaya di masa depan.

Selain itu, Pemilu 2019 baru selesai kita. Rakyat telah memberikan mandatnya kepada kepemimpinan yang baru Jokowi dan Ma’ruf Amin. Oleh sebab itu SBY mengajak rakyat Indonesia untuk memberikan kesempatan dan dukungan kepada pemimpin dan pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Agar bisa sukses dalam mengemban amanah rakyat,” tuturnya.

SBY juga menitipkan harapan kepada Presiden Jokowi beserta jajaran pemerintahan yang dipimpin. Semoga pidato politiknya ini bisa melengkapi agenda, kebijakan dan langkah tindakan yang diambil oleh negara dan pemerintahan mendatang.

SBY mengetahui membangun nilai dan perilaku menuju terciptanya masyarakat, bangsa dan negara  yang baik, adalah agenda berkesinambungan, dari satu pemimpin ke pemimpin berikutnya.

‎”Dari satu generasi ke generasi yang lain, namun semuanya harus dimulai dari sekarang,” pungkasnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Persib Imbang, Roberts: Hasil Tak Sesuai Harapan  - Gudang Berita Viral Persib Imbang, Roberts: Hasil Tak Sesuai Harapan
Kamis, 19 Sep 2019, 02:00:03 WIB, Dibaca : 0 Kali
 KAI: Kecelakaan di Perlintasan Kereta Meningkat  - Gudang Berita Viral KAI: Kecelakaan di Perlintasan Kereta Meningkat
Kamis, 19 Sep 2019, 02:00:02 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Program KBR dari KLHK Bikin Ekonomi Petani Naik  - Gudang Berita Viral Program KBR dari KLHK Bikin Ekonomi Petani Naik
Kamis, 19 Sep 2019, 01:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print