Senin, 23 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Selasa, 10 Sep 2019, 17:00:07 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Saudi Diskon Biaya Visa Progresif Umrah-Haji - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Ada kabar gembira bagi masyarakat yang ingin kembali beribadah ke Tanah Suci. Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan kebijakan baru terkait pengurangan biaya visa progresif untuk umrah dan haji.

Hal tersebut disampaikan Konsul Haji Kantor Urusan Haji (KUH) KJRI di Jeddah Endang Djumali kemarin (9/9). Dia menuturkan, Kementerian Haji Arab Saudi telah mengajukan peninjauan ulang atas kebijakan biaya visa tersebut.



Peninjauan ulang itu terkait besaran biaya, bukan penghapusan. Endang sudah berkomunikasi dengan sejumlah pihak. Antara lain, Sekretaris Pribadi Menteri Haji Arab Saudi Majid Al Moumeni, penanggung jawab e-hajj Mr Farid Mandar, serta Humas Kementerian Haji dan Umrah Saudi. ”Penghapusan itu baru wacana dan belum menjadi suatu keputusan mutlak. Yang sudah menjadi keputusan adalah pengurangan biaya visa progresif,” ujarnya.

Dalam keputusan tersebut, pengurangan nominal visa progresif mencapai 1.700 riyal. Artinya, calon jamaah yang ingin kembali menjalankan ibadah umrah dan haji cukup membayar 300 riyal atau sekitar Rp 1,2 juta (asumsi kurs 1 riyal adalah Rp 4 ribu). Angka itu lebih rendah daripada ketentuan sebelumnya yang mencapai 2.000 riyal (Rp 8 juta). Namun, Endang belum mendapat informasi pasti terkait waktu penerapan aturan baru tersebut. ”Belum ada juknis dari Kementerian Haji Arab Saudi,” ungkapnya. Endang menyambut baik kebijakan baru tersebut. Dia meyakini, kebijakan baru itu bisa meringankan jamaah.

Dikonfirmasi terpisah, Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengatakan belum mendapat informasi resmi tentang kebijakan tersebut. Kendati demikian, dia menyambut baik jika itu memang sudah menjadi keputusan Saudi. ’’Kemarin baru wacana. Yang jelas, kami sangat menyambut baik,” kata Lukman saat ditemui di kantor Kemenko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) kemarin.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR Sodik Mudjahid mengatakan, pengurangan biaya itu bakal menjadi angin segar bagi masyarakat Indonesia yang ingin kembali menunaikan ibadah haji atau umrah. ”Sangat bermanfaat. Terutama bagi mereka yang ingin berumrah lagi,” ujarnya.

Dia menambahkan, kebijakan itu akan sangat memengaruhi biaya umrah yang harus dikeluarkan jamaah. Mereka tak harus mengeluarkan ongkos ganda untuk membayar biaya tambahan karena sudah pernah berumrah. ”Terutama mengurangi biaya pembimbing umrah yang akan berpengaruh pada pengeluaran jamaah secara umum,” katanya.

Dia mengakui, ibadah umrah dan haji dimaknai sedikit berbeda oleh masyarakat Indonesia. Dua ibadah tersebut sudah seperti budaya. Jadi, tak cukup sekali. Padahal, haji dan umrah berkali-kali bukanlah amal utama. Masih banyak amalan yang nilainya jauh lebih besar daripada umrah dan haji berulang-ulang. Misalnya, wakaf atau infak untuk pembangunan umat. ”Tugas ustad-ustad untuk memberikan tarbiah dan edukasi yang benar,” ungkap politikus Partai Gerindra tersebut.

Seperti diketahui, Arab Saudi memberlakukan visa progresif bagi jamaah umrah sejak 2016. Jamaah yang akan berumrah untuk kali kedua atau kali kesekian harus membayar biaya tambahan. Hal itu juga berlaku untuk jamaah yang sudah pernah berhaji dan ingin menunaikannya kembali. Sejak 2018, mereka wajib membayar biaya tambahan SAR 2.000. Jamaah yang dikenai visa progresif tersebut didasarkan pada data e-hajj yang dikeluarkan Arab Saudi.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 IHSG Masih Tergantung Negosiasi AS-China  - Gudang Berita Viral IHSG Masih Tergantung Negosiasi AS-China
Senin, 23 Sep 2019, 06:00:21 WIB, Dibaca : 0 Kali
 KLHK Dorong Investor Masuk Gunung Halimun-Salak  - Gudang Berita Viral KLHK Dorong Investor Masuk Gunung Halimun-Salak
Senin, 23 Sep 2019, 06:00:21 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Tira, Zebra Polkadot Langka di Kenya  - Gudang Berita Viral Tira, Zebra Polkadot Langka di Kenya
Senin, 23 Sep 2019, 06:00:19 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print