Sabtu, 24 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Sabtu, 10 Agu 2019, 13:00:06 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
 Satu Kambing, Pahala untuk Semua Anggota Keluarga  - Gudang Berita Viral

ADAPUN pernyataan bahwa untuk satu keluarga sudah cukup bila hanya menyembelih satu ekor kambing saja, tentu tidak salah. Sebab di dalam mazhab Asy-Syafi'i memang disebutkan bahwa bila satu orang di dalam satu keluarga sudah menyembelih kambing, maka anggota keluarga itu sudah tidak lagi dibebankan untuk menyembelih.

Istilah yang digunakan dalam hal ini bahwa menyembelih qurban adalah 'sunnah kifayah' bagi satu keluarga. Perbandingannya kira-kira seperti hukum fardhu kifayah, misalnya kalau sudah ada satu orang yang melakukan salat jenazah, maka gugurlah kewajiban orang lain untuk melakukannya. Sehingga nilainya menjadi sunah dan bukan wajib.



Maka dalam masalah hukum qurban yang sunah kifayah, bila sudah ada satu anggota keluarga menyembelih kambing, sudah cukup bagi yang lain tidak perlu lagi menyembelih. Dasarnya adalah hadis berikut ini:

Kami wuquf bersama Rasulullah shallallahhu 'alaihi wasallam, Aku mendengar beliau bersabda, "Wahai manusia, atas tiap-tiap keluarga menyembelih udhiyah tiap tahun. (HR. Ahmad, Ibnu Majah dan At-Tirmizy)

An-Nawawi (w. 676 H) salah satu ulama besar di dalam mazhab Asy-Syafi'iyah menyebutkan di dalam kitabnya, Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzdzab sebagai berikut:

Satu ekor kambing untuk satu orang dan tidak boleh dibagi lebih dari satu orang. Namun bila seseorang menyembelih satu kambing, maka syiarnya merata untuk satu keluarga itu sehingga hukum qurban bagi keluarga itu menjadi sunah kifayah.

Jelas dan tegas, kambing tidak boleh disembelih secara patungan atas beberapa orang. Tetapi begitu salah seorang anggota keluarga menyembelih kambing, maka semua anggota keluarganya akan mendapatkan pahalanya, meski tidak ikut menyembelihnya.

[baca lanjutan].




Sumber: inilah.com

Tag: News



Beri 2 Dus Miras ke Mahasiswa Papua, Kompol Sarce Dinonaktifkan - Gudang Berita Viral Beri 2 Dus Miras ke Mahasiswa Papua, Kompol Sarce Dinonaktifkan
Sabtu, 24 Agu 2019, 00:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
Dibebankan Dana Korban Terorisme, LPSK Butuh Tambahan Anggaran - Gudang Berita Viral Dibebankan Dana Korban Terorisme, LPSK Butuh Tambahan Anggaran
Sabtu, 24 Agu 2019, 00:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
Akses Internet di Papua Masih Diblokir Demi Percepatan Pemulihan - Gudang Berita Viral Akses Internet di Papua Masih Diblokir Demi Percepatan Pemulihan
Sabtu, 24 Agu 2019, 00:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print