Selasa, 12 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Selasa, 05 Nov 2019, 21:00:09 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Satgas Antirokok RW 6 Wonokusumo: Anak Tak Boleh Disuruh Beli Rokok - Gudang Berita Viral

Julukan kampung bebas asap rokok tersemat di RT 7, RW 6, Kelurahan Wonokusumo, sejak 10 tahun silam. Agar lingkungan kampung benar-benar bersih dari asap nikotin, kampung yang berada di wilayah Kecamatan Semampir itu membentuk satuan tugas antirokok.

ARIF ADI WIJAYA, Surabaya



ASBAK berdiameter hampir 1 meter teronggok di ujung jalan RT 7, RW 6, Kelurahan Wonokusumo. Penampung abu dan puntung rokok itu memang sengaja diletakkan di luar gang kampung. Tujuannya, orang yang mau merokok dipersilakan ke luar kampung.

Kampung tersebut memang sudah terkenal antirokok. Benar-benar anti. Larangan merokok tidak hanya ada di balai RW atau RT. Atau, di dalam maupun luar rumah. Di sepanjang jalan pun tidak boleh. Benar-benar harus bebas asap rokok.

Untuk menjaga udara kampung terbebas dari bau nikotin, pengurus RW, RT, dan kelurahan membentuk satgas antirokok. Ada 10 orang yang tergabung di dalamnya. Mereka terdiri atas pengurus RT, RW, dan karang taruna. Dengan begitu, ada perwakilan anak muda yang ikut dalam satgas tersebut.

Tugas anggota satgas cukup banyak. Tidak hanya menegur para perokok yang melanggar aturan. Anggota satgas juga aktif melakukan pengawasan ”Sudah ada kesepakatan tertulis. Itu ada sejak 10 tahun lalu,” ujar Ketua RW 6 Zaenal Ishom di kantor dinas kebersihan dan ruang terbuka hijau (DKRTH) kemarin (4/11).

Dalam kesepakatan itu diatur tempat mana saja yang tidak boleh dipakai merokok. Di antaranya, ruang tamu, teras, halaman, sampai jalan kampung. Yang boleh hanya di warung. Lokasinya pun di luar kampung. Tidak di dalam gang. ”Walaupun rumahnya sendiri, tetap tidak boleh. Opo maneh nang balai desa, iso digepuki uwong,” kelakar Ishom.

Yang kedapatan melanggar bakal kena tegur. Namanya dicatat. Kalau sudah tiga kali, pelanggar terancam didenda. ”Tapi, belum pernah ada. Yang melanggar itu warga luar kampung,” kata pria 60 tahun tersebut.

Rohaniyati, aktivis lingkungan Kelurahan Wonokusumo, mengatakan, satgas juga berkewajiban memberikan edukasi. Warung-warung yang berada di sekitar wilayah kelurahan ditempeli stiker. Isinya imbauan. Pemilik warung diwanti-wanti agar tidak menjual rokok kepada anak di bawah umur. Batas minimalnya 18 tahun.

Larangan itu juga berlaku bagi bapak-bapak yang suka menyuruh anak ke warung untuk membeli rokok. Itu dilarang. Bapak-bapak yang perokok harus berangkat sendiri ke warung agar tidak kena sanksi. ”Karena itu sama saja mengajari (anak-anak merokok, Red). Jadi, tidak boleh anak-anak membeli rokok di warung walaupun berdalih disuruh bapaknya,” paparnya.

Perempuan yang juga mantan jurnalis itu menilai anak yang merokok secara sembunyi-sembunyi bisa berdalih ”disuruh bapak” untuk membeli rokok di warung. Karena itu, pemilik warung benar-benar diminta untuk ikut menegur. Itu dilakukan demi edukasi. Demi anak-anak agar tidak menjadi perokok ketika dewasa.

Pemilik nama akrab Hani itu mengatakan, pihaknya sudah bekerja sama dengan puskesmas untuk menyosialisasikan peraturan daerah (perda) soal kawasan tanpa rokok (KTR). Nah, perda yang baru disahkan pada April 2019 tersebut menjadi payung hukum untuk menerapkan sanksi. ”Dulu tidak ada. Kesepakatan bersama saja,” terangnya.

Di situlah pentingnya peran satgas. Selain mengawasi wilayah terlarang bagi para perokok, anggota satgas ikut menyosialisasikan Perda KTR. ”Ada beberapa titik yang tidak termasuk dalam Perda KTR sebagai tempat terlarang, tapi kami sepakati dilarang,” kata perempuan 35 tahun itu.

Lurah Wonokusumo Andre Kurniawan mengatakan berkeinginan mengembangkan kampung bebas asap rokok. Tidak hanya di RT 7, RW 6. Dia berharap kampung-kampung lain di Wonokusumo bisa mencontohnya.

Saat ini anggota dan kader lingkungan Wonokusumo menggalakkan sosialisasi. Sebab, menurut Andre, tidak merokok sembarangan merupakan kesadaran setiap orang. Sosialisasi dilakukan untuk meningkatkan kesadaran tersebut. ”Kami ingin nanti Wonokusumo menjadi kampung antirokok,” tandasnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, Satgas Antirokok RW 6 Wonokusumo: Anak Tak Boleh Disuruh Beli Rokok

Tag: News



Jokowi Pernah Lapor Kasus Korupsi Besar, KPK Bilang Begini - Gudang Berita Viral Jokowi Pernah Lapor Kasus Korupsi Besar, KPK Bilang Begini
Selasa, 12 Nov 2019, 16:00:14 WIB, Dibaca : 0 Kali
Praperadilan Ditolak, Penahanan Politikus PDIP Nyoman Dhamantra Sah - Gudang Berita Viral Praperadilan Ditolak, Penahanan Politikus PDIP Nyoman Dhamantra Sah
Selasa, 12 Nov 2019, 16:00:14 WIB, Dibaca : 0 Kali
Risma Mutasi Jabatan Strategis: Supomo Kadispendik, Anang Kadinsos - Gudang Berita Viral Risma Mutasi Jabatan Strategis: Supomo Kadispendik, Anang Kadinsos
Selasa, 12 Nov 2019, 16:00:14 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print