Jumat, 23 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Jumat, 09 Agu 2019, 11:00:07 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Satgas Antimafia Bola Bertugas Kembali, Awasi Liga 1 - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Masih adakah yang bertindak “nakal” di Liga 1? “Main-main” dengan berbagai cara untuk mengatur hasil pertandingan? Kalau iya, siapa pun pelakunya, siap-siap saja berhadapan dengan Satgas Antimafia Bola.

Sebab, satgas yang masa tugas pertamanya berakhir 21 Juni lalu itu kembali “dihidupkan”. Masa kerja jilid II berlangsung mulai 6 Agustus sampai 6 November mendatang. Dengan tetap dikomando Brigjen Hendro Pandowo.



“Targetnya, agar mafia bola bisa hilang dari ekosistem sepak bola Indonesia,” ujar Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada Jawa Pos di Mabes Polri, Jakarta, kemarin (8/8).

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Dedi Prasetyo. (Mifthulhayat/Jawa Pos)

Satgas jilid II, papar Dedi, akan berusaha menyelesaikan kasus yang belum rampung. Yaitu, kasus dengan tersangka Vigit Waluyo dan Hidayat.

Dari hasil kerja satgas jilid I, tujuh orang akhirnya divonis. Termasuk, mantan Plt Ketua Umum PSSI Joko Driyono (Jokdri).

Namun, Vigit dan Hidayat belum diadili. Vigit sekarang memang dibui, tapi itu untuk kasus lain. Saat dikonfirmasi (Jawa Pos, 25/7), M. Sholeh, kuasa hukum Vigit, mengatakan, tidak ada perkembangan sama sekali dari kasus yang ditanganinya tersebut.

“Sampai saat ini belum ada penyidikan lanjutan. Status masih tersangka, belum P-21. Infonya, memang ada pemeriksaan tambahan dalam waktu dekat, tapi tidak tahu kapan,” ucapnya ketika itu.

Dedi memastikan, satgas pasti masuk lagi untuk melakukan penyidikan. Harapannya, berkas dua kasus itu bisa segera disempurnakan sehingga dinyatakan lengkap atau P-21. “Perlu penambahan lagi agar tuntas,” terangnya.

Setelah Jokdri ditahan 25 Maret lalu, gerak satgas memang terkesan melambat. Padahal, masih ada kasus yang belum ditangani.

Menurut Dedi, satgas kembali bertugas bukan semata-mata karena masih meninggalkan pekerjaan rumah (PR). Apresiasi masyarakat yang cukup tinggi jadi faktor pemicu lain.

Selain itu, lanjut Dedi, banyak pencinta sepak bola nasional yang berharap Liga 1 musim ini juga diawasi. Sebab, ada indikasi pengaturan skor di kompetisi sepak bola strata teratas tanah air tersebut.

“Banyak yang ingin Liga 1 terselenggara dengan bersih, bermartabat, dan berprestasi. Maka, Satgas Antimafia Bola akan bekerja memenuhi harapan tersebut,” paparnya.

Untuk mengawasi Liga 1 yang merupakan strata teratas kompetisi di tanah air, Satgas Antimafia Bola punya cara tersendiri. Tidak seperti sebelumnya yang hanya fokus di tingkat pusat. Tapi juga bakal masuk ke daerah-daerah tempat klub-klub Liga 1 bermarkas.

Caranya, membentuk 13 subsatgas di polda-polda yang di wilayahnya terdapat klub Liga 1. “Sebanyak 13 wilayah atau provinsi itu dengan dipimpin direktur kriminal umum (Dirkrimum) tiap polda,” tegasnya.

Dengan 13 subsatgas itu, Dedi berharap pengawasan terhadap pertandingan bisa lebih efektif. Juga, bisa mempersempit gerak mafia bola.

Kembalinya Satgas Antimafia Bola disambut positif oleh Manajer Madura FC Januar Herwanto. “Saya berharap satgas itu terus mengawal sepak bola Indonesia, ada terus,” harap peletup pertama kasus pertandingan PSS Sleman melawan Madura FC yang berbuntut Hidayat jadi tersangka itu.

Senada dengan Januar, Manajer Persibara Lasmi Indaryani juga mengapresiasi komitmen Polri untuk memberantas mafia bola. “Harapannya, semoga satgas jilid II bisa menjaring mafia bola yang lebih kakap kelasnya,” ucap whistle-blower kasus pengaturan skor di Liga 3 tersebut.

Sementara itu, PSSI melalui Direktur Media Gatot Widakdo juga menyambut positif kembalinya Satgas Antimafia Bola. Alasannya, satgas sudah banyak membantu PSSI dalam urusan bersih-bersih sepak bola Indonesia. “Urusan yang tidak bisa kami jangkau. Masalah pidananya,” katanya. Dia juga berharap ada sinergi antara satgas dan PSSI melalui Komite Ad Hoc Integrity.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Jonatan Christie: Engkel Saya Ada Problem, Sempat Bunyi - Gudang Berita Viral Jonatan Christie: Engkel Saya Ada Problem, Sempat Bunyi
Jumat, 23 Agu 2019, 23:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Imigrasi DKI Jakarta Amankan 25 WNA Bermasalah di Apartemen Laguna - Gudang Berita Viral Imigrasi DKI Jakarta Amankan 25 WNA Bermasalah di Apartemen Laguna
Jumat, 23 Agu 2019, 23:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Perjuangan Luar Biasa Bawa Greysia/Apriyani Dipastikan Meraih Medali - Gudang Berita Viral Perjuangan Luar Biasa Bawa Greysia/Apriyani Dipastikan Meraih Medali
Jumat, 23 Agu 2019, 23:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print