Selasa, 20 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 05 Agu 2019, 15:00:08 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Samad Khawatir Pimpinan KPK Diisi Para Pensiunan yang Butuh Kerjaan - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Panitia seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mengumumkan kandidat yang lulus tes psikologi pada sore ini, Senin (5/8). Hal ini pun mendapat respon dari mantan ketua KPK Abraham Samad.

Menurut Samad, Pansel KPK harus benar-benar jujur dan obyektif dalam meloloskan kandidat Capim KPK dari hasil psikotes. Sebab pada tahapan ini, pansel sebetulnya sudah dapat menilai kandidat mana yang memenuhi standar karakter yang tepat untuk menjadi pimpinan KPK.



“Karena dari hasil psikotes ini dapat menggambarkan tentang karakter seseorang atau integritas seseorang,” kata Abraham Samad saat dikonfirmasi, Senin (5/8).

Mantan Ketua KPK periode 2011-2015 menyebut, integritas Capim KPK menjadi penting untuk disikapi secara serius. Karena jangan sampai Pansel KPK salah meloloskan orang. Samad khawatir kandidat yang diloloskan adalah orang-orang yang tidak mempunyai integritas kuat untuk memimpin lembaga antirasuah.

Terlebih, lanjut Samad, mereka adalah orang-orang yang sebenarnya masuk dalam kategori sebagai pencari kerja saja, yaitu para pensiunan yang sudah selesai pekerjaannya sebagai aparatur negara.

“Sehingga kalau ini terjadi, yang diloloskan adalah orang-orang seperti yang disebutkan diatas maka ini menjadi ancaman serius terhadap perjuangan pemberantasan korupsi. Pada akhirnya dapat melemahkan dan merontokkan KPK itu sendiri,” tegas Samad.

Senada juga disampaikan mantan pimpinan KPK lainnya, Busyro Muqoddas menilai, kandidt Capim KPK harus memiliki moralitas tinggi dengan bukti track record praktek di lingkungan kerja dan kesehariannya. Bahkan, mereka harus dari aktivis penggiat antikorupsi.

“Kompetensi akademis dengan kemampuan pengalaman matang terkait penegakan hukum pemberantasan korupsi, dan berwatak independen tidak afiliatif dengan parpol dan bisnis,” ucap Busyro.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah ini juga menyebut, kandidat pimpinan KPK pun harus mempunyai loyalitas tinggi pada para pegawai KPK. Hal ini penting karena belakangan terjadi peristiwa terhadap sejumlah pegawai dan pimpinan KPK.

“Kemampuan loyalitas tinggi pada corporate value KPK dan integratif dengan pegawai KPK dan elemen masyarakat sipil,” pungkasnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



PDIP Baru Putuskan Ketua DPRD Surabaya pada Akhir Bulan - Gudang Berita Viral PDIP Baru Putuskan Ketua DPRD Surabaya pada Akhir Bulan
Selasa, 20 Agu 2019, 21:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Situasi Papua Mulai Kondusif, Polri Tetap Tambah Personel Pengamanan - Gudang Berita Viral Situasi Papua Mulai Kondusif, Polri Tetap Tambah Personel Pengamanan
Selasa, 20 Agu 2019, 21:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Begini Kronologi OTT Jaksa Terkait Suap Proyek Dinas PU Jogjakarta - Gudang Berita Viral Begini Kronologi OTT Jaksa Terkait Suap Proyek Dinas PU Jogjakarta
Selasa, 20 Agu 2019, 21:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print